Page 69 - Majalah Berita Indonesia Edisi Khusus ASSA
P. 69


                                    BERITAINDONESIA, Edisi Khusus 69E-09 | PANARUKAN - BANYUWANGILetkol Infantri Ashari, S.Pd mengangkat bendera pertanda start dimulai, melepas Goweser ASSA menuju Banyuwangi. Jarak yang ditempuh pada Etape 09 ini mencapai 137.87 km. Saat berangkat, para peserta mengira tanjakan Alas Roban adalah tanjakan yang paling tajam dan telah mampu dilewati dengan baik. Hampir seluruh peserta berpikir tidak akan ada lagi tanjakan setajam Alas Roban.Ternyata, di luar perkiraan pegowes, jalan menuju Banyuwangi ini cukup mengundang adrenalin (reaksi terhadap efek lingkungan serta tekanan dan kecepatan gerak tubuh) para pesepeda. Para pegowes yang rata-rata berusia 40 tahun ke atas harus melewati Alas Baluran, tanjakan berkelok sejauh 23 km di mana sering kali truk terpaksa berhenti di tengah jalan karena tidak kuat mendaki. Bahkan ada truk yang E-09 | PANARUKAN - BANYUWANGIsasisnya patah. Di samping itu, aksi kejahatan sering terjadi di jalur Pantura, kawasan Hutan Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo ini. Beberapa kali truk yang bermuatan berat harus berjalan lambat menaiki tanjakan menjadi sasaran kawanan bajing loncat.Meski demikian, para alumnus jelajah Alas Roban dan Bukit Paiton yang sudah teruji adrenalinnya, dapat melewati tanjakan berkelok Alas Baluran dengan baik dan selamat.Setelah menaklukkan tanjakan Alas Baluran, para Goweser ASSA memasuki turunan Bajul Mati sepanjang 25 km. Ini merupakan bonus buat para goweser, setelah sebelumnya harus memforsir tenaga mendaki tanjakan Alas Baluran. Namun, saat menikmati turunan Bajul Mati ini, goweser tidak boleh lengah. Ngantuk menjadi sebuah ancaman. Maka para goweser pun harus selalu siaga dan waspada. Tidak Taklukkan Tanjakan Alas BaluranNikmati turunan Bajul Mati
                                
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73