Page 63 - Majalah Berita Indonesia Edisi 88
P. 63


                                    BERITAINDONESIA, Mei 2013 63YBERITA BUKUserta studi kasus yang ditulis oleh JackyMussry, Desy Handayani, dan para analisdari MarkPlus Institute of Marketing.Buku ini memuat 18 Prinsip Keberhasilan Membangun Merek yang Dicintaidan Dibela Pelanggan, yang diturunkandari Konsep Six Pillar Character dari Josephson Institute of Ethics. Di dunia yangmakin horizontal ini, para pemasar tidakbisa lagi berbohong atau berbuat curangkepada publik, khususnya kepada pelanggan. Meski kadangkala grey lie bisa dianggap sesuatu yang wajar, namun kejujuran adalah faktor utama dalam berbisnis. Sekali kita berbuat curang, berbohong dan ketahuan, maka nama kita akanrusak untuk selamanya. Nila setitik rusaksusu sebelanga.Hal itulah yang dialami koran News ofSelain Service With Character danBranding With Character, seri buku etikabisnis MarkPlus lainnya adalah SellingWith Character. Buku ini memuat 18prinsip keberhasilan dan cerita keberhasilan perusahaan dalam membangunbisnis dan menjalin hubungan denganpelanggan yang berkelanjutan. Di dalamnya para penulis berbagi konsep bagaimana karakter sales bisa membantu kesuksesan bisnis. Di dalamnya juga ada kisahsukses para pemasar berjiwa besar yangbisa menjadi inspirasi dalam berbisnis.Semakin ketatnya kompetisi, banyaknya varian produk dan jasa, perang penjualan di dalam teritori yang sama, dansemakin banyaknya perusahaan mengandalkan sales person sebagai bagian darisaluran distribusi yang efektif terkadangmembuat para sales melakukan kebohongan.Diperkirakan ada kurang lebih dua jutaorang di Indonesia yang berprofesi sebagai sales person di dalam berbagai industri. Peran dari banjirnya informasi dankolaborasi antar pelanggan menyebabkansemakin banyak berita tentang perilakusales person terhadap para calon pembeli.Perilaku sales person tidak bisa lagiditutup-tutupi. Semua berkat teknologikomunikasi seperti BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger, SMS, website,Facebook, Twitter yang semakin horizontal, semakin cepat menyebarkan informasi apapun mengenai dunia penjualan.Calon pembeli yang semakin terdidikakhirnya semakin mudah kecewa denganhal-hal yang bersifat membohongi tersebut. Sehingga muncullah gerakan swadaya masyarakat yang bertugas melindungikepentingan konsumen terhadap perilakutidak etis dari perusahaan-perusahaanmelalui sales person-nya.MarkPlus Institute melakukan berbagaipenelitian terhadap penjualan yangberetika yang disebut dengan Selling withCharacter. Sejak kemunculan konsepGrow with Character, dunia pemasaransedang memasuki era kepercayaan danera etika yang sangat menjunjung tinggikebenaran, etika, moral, dan nilai-nilaikejujuran yang mampu memberikankepuasan kepada pelanggan (beyond satisfaction).Akhir kata, ketiga buku terbitan Gramedia ini menekankan bahwa bisnis di masadepan menjadi tempat dimana kita bisasaling berbagi keteladanan. Kontribusipara perusahaan yang kisah suksesnyamasuk dalam ketiga buku ini diharapkanakan mendorong terwujudnya cita-citamulia tersebut. „ dgrsangat mahal dalam dunia bisnis. Sesuatuyang tak bisa dinilai dengan angka.Dibangun selama puluhan tahun melaluipembuktian yang panjang. Sayangnyabisa musnah dalam sehari bila tidakberhati-hati.Di bagian studi kasus, dibahas profilperusahaan dengan prinsip yang dijalankan sehingga merk yang dibangun menjadi kuat dan terpercaya. Contohnya,Taksi Blue Bird. Perusahaan yang bergerak di industri transportasi ini awalnyahanya memiliki 30 karyawan dan pengemudi, namun kini lebih dari 27.000pengemudi dan 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. Prestasi besar ini karenabudaya perusahaan yang mereka laksanakan yaitu kejujuran, disiplin, kerjakeras dan kekeluargaan.The World milik raksasa media NewsCorporation. Koran berusia 168 tahundengan 10 juta pelanggan itu harus gulungtikar bukan karena krisis ekonomi tetapikarena praktek penyadapan yang dilakukan wartawannya demi mendapatkanberita eksklusif. Nama baik dan reputasimereka yang selama ini kokoh akhirnyahancur.Reputasi adalah sebuah aset yangKetiga buku iniberisi kompilasiberbagai tulisandipadu denganstudi kasustentang beberapaperusahaan agarpembaca mudahmengerti dantidak bosan.ETIKADANMORALITAS
                                
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67