Page 54 - Majalah Berita Indonesia Edisi 94
P. 54


                                    54 BERITAINDONESIA, April 2015BERITA BUKU ZJudul: WWW.HM: Defining YourDigital StrategyPenulis: Tuhu NugrahaKategori: MarketingPenerbit: Upnormals Publishing(November 2014)ISBN: 978-6027127401Jenis Cover: Soft CoverJumlah halaman: 269 halMemahami Digital MarketingPerkembangan dunia digital membuka banyak peluangbaru bagi dunia pemasaran.uku yang mengulas tentangpemasaran di dunia internet/digital (digital marketing)cukup banyak kita jumpai diantara buku-buku terbitan luarnegeri. Namun di Indonesia, bukubertema serupa belum banyak. Olehsebab itu, kehadiran buku berjudulWWW.HM: Defining Your DigitalStrategy karya Tuhu Nugraha inipantas diapresiasi dan dibaca olehpeminat buku serta praktisi danpemikir di dunia marketing. Apalagibuku ini terbilang asyik untuk 'dikunyah' karena bahasanya ringan,disertai dengan gambar-gambar kartun menarik dan gambar berwarna.Penulis juga memberikan banyakcontoh dari konsep-konsep yang adadi buku ini. Orang yang buta samasekali dengan digital marketing tidakakan kikuk memahami apa yangdisajikan dalam buku ini.Mengapa kita harus berbisnis didunia digital? Sebab era sudah berubah. Kini adalah era digital, sebuahperiode dalam sejarah manusia yangditandai oleh perubahan dari industritradisional yang dibawa oleh revolusiindustri menjadi industri yang basisnya ekonomi dan informasi.Pengguna internet jumlahnya sekitar 3 miliar atau setara dengan 45%populasi di dunia. Ternyata 48% darijumlah tersebut adalah pendudukAsia. Para pengguna internet inibiasanya menjadi penghuni jejaringsosial (facebook, path, instagram,flickr, dll). Itulah yang menyebabkanperkembangan media sosial menjadipesat sekali dan tidak perlu diragukan.Di era digital, ada dua jenis makhluk yang menjadi penghuni. Yangpertama bernama digital native consumer, yang satu lagi bernama digitalimmigrant consumer. Apakah bedanyadigital native dan digital immigrant?Digital immigrant adalah orang-orang yang terlahir sebelum era digital, tetapi mereka juga tertarik danberusaha untuk menerima teknologiyang memiliki manfaat bagi dirinya.Sehari-harinya, mereka melakukankegiatan tahap demi tahap dan hanyamelakukan satu pekerjaan dalam satuwaktu. Singkatnya mereka tidak multitasking.Sedangkan digital native adalah orang-orang yang lahir di tengahperkembangan teknologi yang luarbiasa. Teknologi canggih merupakanhal yang biasa bagi generasi ini.Selain itu, mereka juga menyukaiinformasi secara real time dan cepat.Berbeda dengan digital immigrant,mereka ini sudah terbiasa denganproses multi-tasking.Perkembangan dunia digital tentunya memiliki konsekuensi bagi duniapemasaran. Pemasaran digital benarbenar membuka saluran baru untukberkomunikasi, yang memberikanpemasar kesempatan untuk bersentuhan dengan konsumennya,serta mengenalnya secara langsung.Di era digital, pelanggan adalah thereal game changer. Seorang konsumenyang aktif di dunia digital bisa mencari informasi tentang suatu produkdan juga menjadi \bagi suatu brand. Mereka akan membicarakan brand itu dan mempengaruhi teman-temannya untukmengikuti. Oleh karena itu, pemasarharus merubah cara memasarkanproduk mereka. Kalau dulu pemasarberusaha membuat pelanggan tahuapa produknya dan apa benefit dariproduk itu, di era digital, pemasarharus berusaha membuat pelangganmenjadi terhubung (engage) danmerasa terbantu dengan produk yangmereka tawarkan.Komunikasi antara pelanggan danpemasar di era digital sudah menjadikomunikasi horizontal, bukan lagivertikal. Ini membuat terdapat duapilihan bagi pemasar: join the communication atau fail to communicate.Buku ini menjelaskan sebuah Digital Strategy Framework guna menciptakan Digital Experience kepadakonsumen, dimulai dengan menentukan 5 unsur utama yang dirumuskan menjadi www.hm yaitu what,who, where, how, dan measurement.Kelima unsur ini harus selalu adadalam setiap proses pengalamanpelanggan, yaitu Outbound, Inbound,dan CR2M.Outbound: pada tahapan ini andamengindentifikasi audiens anda danmedia apa yang mereka konsumsi.Inbound: pada tahapan ini andamelihat siapa yang menjadi pelanggan anda dan menentukan kontenapa yang mereka sukai. CR2M: padatahapan ini anda mengelola pelanggan anda agar menjadi pelangganloyal maka karena itu anda harusrajin memperbaharui data pelanggandan mengkategorikan mereka berdasarkan demografi, geografi, sosiologi, gaya hidup dan lainnya.Jadi kalau anda pelaku bisnis yangtidak hanya ingin survive di era digital, tapi juga ingin memenangkannya, bacalah buku ini. „ adiB
                                
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58