Page 65 - Majalah Berita Indonesia Edisi 33
P. 65


                                    BERITAINDONESIA, 15 Maret 2007 65BERITA MEDIAUbah Wajah, Kembangkan PelayananDetik TV Layanan Baru Detik.comPortal berita terbesar di tanah air—paling tidakhingga saat ini—Detik.com, mulai akhir Februarimemperluas pasarnya dengan menambahlayanan baru: Detik TV, yakni tayangan videolewat portal berita Detik (internet).Seperti dikatakan Pemimpin Redaksi Detik.comBudiono Darsono kepada Koran Tempo, denganlayanan ini pelanggan tidak hanya bisa mengaksesberita dalam bentuk tulisan dan foto seperti selamaini, tapi juga melalui tayangan videostreaming.Untuk mengaplikasi layanan ini, kapasitas jaringan(bandwith) Detik.com sudah ditambah menjadi 100megabyte per second per hari dari sebelumnya50 megabyte.Di lapangan, nantinya setiap reporter akandibekali dengan perangkat handycam.Menanggapi hal ini, pakar multimedia RoySuryo menilai bahwa infrastruktur internet belumsepenuhnya mendukung layanan ini. Menurutnya, penggunaan video streaming hanya akanefektif bila melalui koneksi jaringan internet. “Jikamasih menggunakan koneksi dial-up, layananvideo streaming tidak akan menghasilkan tampilan gambar yang maksimal,” ujar Roy. „ MS, SHBerbagai cara dilakukan industri mediamassa untuk mendekatkan diri ke hatipembaca. Ada yang ‘merias’ penampilan,ada juga yang mengubah jadwal terbit.ONTAN yanghampir sebelas tahun terbit mingguan dengan format tabloid, mulai 27 Februari2007, berubah menjadi suratkabar harian dengan namaHarian Bisnis dan InvestasiKONTAN. Harian ini akanterbit dalam format broadsheet sebagaimana harian lainnya di Indonesia. SedangkanMingguan KONTAN tetap dengan format tabloid, dan menjadi edisi Minggu HarianKONTAN.Dalam tulisannya di tajukKONTAN No.10, PemimpinRedaksi KONTAN Yopie Hidayat mengatakan, harian inimerupakan perwujudan citacita sejak awal terbitnya KONTAN, yaitu surat kabar yangmampu memberikan informasi yang benar-benar bermanfaat buat pembacanya, bukan sekadar memberitakan sebuah peristiwa. Dia juga inginagar informasi penting yangselama ini cuma menjadi previlege para analis, bankir, danpengusaha yang dekat denganpejabat pemerintah, bisa menjadi milik publik. Dengan demikian ada kesempatan yangsama bagi semua orang untukmemanfaatkannya. Sebab menurutnya, ketimpangan informasi adalah salah satu sumberrente ekonomi yang bisa menciptakan kolusi berkepanjangan.Sebagai media yang memfokuskan diri pada peliputaanbisnis dan investasi, HarianKONTAN juga beniat menyebarkan optimisme ke seluruhlapisan masyarakat. Bentuknyata optimisme itu adalah semangat wirausaha atau entrepreneurship.Menurut Yopie, semangatwirausaha merupakan salahsatu unsur penting yang harusada di tengah masyarakat jikaingin memperbaiki nasibnya.Tanpa semangat wirausaha,hanya akan didapati masyarakat yang loyo dan apatis setiap kali menghadapi masalah.Harian KONTAN yang dipasarkan seharga Rp3.500 pereksemplar ini, dimaksudkansebagai media yang bisa membantu pembaca menentukanpilihan, strategi perusahaan,mencari bisnis andalan, jugamembantu memahami kebijakan pemerintah serta menimbang tempat membiakkanuang.Edisi Minggu Bisnis IndonesiaBerbeda dengan KONTANyang berubah dari tabloidmingguan jadi surat kabarharian dan tabloidnya menjadiedisi minggu, harian BisnisIndonesia, sedari awal memang surat kabar harian, beberapa bulan terakhir mengembangkan pelayanan informasi dengan menerbitkanEdisi Minggu dalam formatberbeda.Edisi Minggu ini diterbitkandalam format tabloid dengankertas HVS setebal 36 halaman. Secara prinsip tidakbanyak yang berubah padaedisi minggu. Pengasuh danjuga harga penjualannya sama.Perbedaan hanya dari sisipenampilan dan beberapa bagian isi seperti rubrik dan carapenulisan. Rubrik edisi hariandiubah dengan nama rubriklain, seperti Topik, Fund, Investasi, Motivasi, Wirausaha,Strategi Markeing, Korporasi,Karier Eksekutif, Fiesta, Konsulatasi, Tren, Keluarga, SainsDesain, Driving, Modis, Resensi, Rendezvous, Pesiar,Health, dan Selebisnis. Sementara segi cara penulisan,informasi edisi minggu inidilengkapi dengan analisissebagaimana layaknya edisimingguan. „ MS, SHK
                                
   59   60   61   62   63   64   65   66   67