Page 65 - Majalah Berita Indonesia Edisi 47
P. 65
BERITAINDONESIA, 04 Oktober 2007 65BERITA PUBLIKOptimalkan Peran Perkeretaapianari ulang tahunDepartemen Perhubungan ke-62pada 17 September 2007 yang lalu memilikimakna tersendiri, khususnyabagi Dirjen PerkeretaapianDepartemen Perhubungan. Dalam usianya yang menjelang tigatahun, Direktorat Jenderal Perkeretaapian memiliki anggaranterbesar dibanding sektor yanglain. Sementara itu, revisi UUTransportasi selesai lebih awal.Selain itu, pemerintah juga menerbitkan UU PerkeretaapianNo. 23/2007. Soemino EkoSaputro, Dirjen Perkeretaapian,menjelaskan makna ulang tahunDepartemen Perhubungan tahun ini kepada Samsuri dariBerita Indonesia. Berikut petikan wawancaranya:Apa makna HUT Perhubungan bagi jajaran Dirjen Perkeretaapian?Maknanya sangat mendalam,dan sebagai insan perhubungan,Dirjen Perkeretaapian selaludiingatkan untuk berkomitmenmemberikan pelayanan kepadapublik sebaik-baiknya.Sejauhmana aplikasiUU Nomor 23/2007?Respon swasta, pemerintahdaerah maupun perusahaanperusahaan BUMN yang akanmembangun Perkeretaapian sangat tinggi, diantaranya Banten,Bengkulu, Kalimantan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat,Sumatera Utara dan Aceh. Padatahap awal, Bengkulu, Kalimantan dan Sumatera Barat menyatakan kesiapannya. Contohnya pembangunan jalur keretaapi kota Padang-Padang Bay sepanjang 105 Km. Pembangunanitu di luar jalur kereta api yangada sekarang. Di Kalimantan,lima perusahaan menyatakankesiapannya, meliputi Kalimantan Timur, Tengah dan Selatan.Dengan adanya UU Nomor23/2007 ini PT Kereta Api Indonesia (PT KA) sebagai operator tunggal, harus siap memasuki era kompetisi. UU itumenjadi payung hukum pengembangan perkeretaapian diIndonesia.Bisa dijelaskan targetdan sasaran yang telahdan akan dicapai selamakurun 2 tahun terakhirini?Tujuan dan arah sudah jelas.Pengembangan perkeretaapian ke depan sudah tercoverdalam Blue Print DirektoratJenderal Perkeretaapian. Sebagai gambaran, pembangunan depo Depok sudah selesaitahun 2006. Double trackYogyakarta-Kutoarjo diresmikan akhir bulan ini, doubletrack Tanah Abang-Serponglebih dulu dioperasikan, jugakesiapan tenaga penguji prasarana KA yang memiliki sertifikasi. Semua target tercapaidan sesuai dengan program.Apa strategi yang dikembangkan untuk mencapai prestasi dalam relatif singkat?Keberhasilan pembangunandan pengembangan perkeretaapian di Indonesia tidak lepasdari kebijakan dan komitmenserta dukungan Menteri Perhubungan yang luar biasa. Disamping teamwork serta fokussatu arah dari seluruh jajaranDirektorat Jenderal Perkeretaapian untuk kemajuan perkeretaapian di Indonesia.Pembangunan prasarana melalui peningkatan kapasitasdan rehabilitasi track, bertujuan untuk meningkatkankeselamatan, pelayanan danaksebilitas.Termasuk aspek kecepatanKA pun mendapat perhatian.Bagaimana upaya supaya KAlebih cepat, lebih besar danbertenaga, antara lain lebar reltipe 1.067 diganti tipe 1.435.Seperti tipe rel yang akan dikembangkan di Aceh dan daerah lain, contohnya Bengkulu,Sumatera Barat maupun Kalimantan. Desain kecepatan KAminimum 165 Km/jam dengangardan 22 ton, untuk angkutanpenumpang maupun barang.Apa program dan target2007?Blue Print Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah selesai pada Juli 2007, sebelumnya UU No. 23/2007 telahdiundangkan. Untuk PP (peraturan pemerintah) dalamwaktu dekat sudah bisa diselesaikan. Sementara itu, tujuanmencapai zero accident sudahselesai. Meski hasilnya tidaklangsung dirasakan saat ini,tetapi secara bertahap sudahmulai tampak hasilnya. Perludiketahui, setiap pengalokasianggaran, diimbangi dengankinerja dan keterkaitan koridor dan komoditi.Bisa dijelaskan tujuandan hasil dari RakornisDirjen Perkeretaapian,beberapa hari lalu di Yogyakarta?Tujuan Rakornis adalah sebagai salah satu langkah sosialiasiUU Perkeretaapian No. 23/2007,juga sebagai aplikasi hasil RakerDepartemen Perhubungan danmerumuskan kebijakan sertaprogram tahun 2008, di sampingpematangan revitalisasi perkeretaapian Indonesia.UU Perkeretaapian yangbaru itu, bila dibanding UUyang lama Nomor 13/1992,mengalami perubahan besardan peningkatan yang sangatsignifikan dalam pembangunan perkeretaapian saat inimaupun dimasa mendatang.Rakornis yang mengambiltema “Dengan Komitmen yangTinggi Serta KebersamaanSeluruh Insan Perkeretaapian,Kita Tingkatkan KeselamatanKereta Api”, di antara tujuannya adalah menyamakan visi,misi dan konsep pengembangan perkeretaapian Indonesiake depan.Apa komentar Bapakterhadap MRT?Pembangunan MRT (massrapid transportation) yangakan dibangun dari LebakBulus sampai Dukuh Atas sepanjang 14,3 Km, merupakansalah satu solusi mengurangitingkat kemacetan di Jakarta.Pembangunan jalur KA bawahtanah itu tidak bisa dilepaskandari keberadaan DirektoratJenderal Perkerataapian.Sebagai regulator, apayang diharapkan?Kita harus tahu tujuan pembentukan Dirjen Perkeretaapian. Seperti di negara maju,contohnya Jepang, Inggris danPerancis, perkeretaapian telahmenjadi tulang punggungtransportasi nasional. Sebaliknya di Indonesia, peranan KAkurang berkembang. Untuk ituDirektorat Jenderal Perkeretaapian perlu berkomitmen agarpembangunan dan pengembangan transportasi KA semakin fokus dan meluas. Sehinggaperannya sebagai alat transportasi semakin maju. RIHSoemino Eko Saputro. foto: berindo wilson