Page 11 - Majalah Berita Indonesia Edisi 31
P. 11
BERITAINDONESIA, 15 Februari 2007 11HIGHLIGHT BERITA 13 - 27 JANUARI 2006hal itu akan dikoordinasikan denganpihak National Transport Safety Board(NTSB) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). KetuaKNKT Setio Rahardjo mengatakan,penemuan kotak hitam tersebut akanmenyingkap penyebab kecelakaan pesawat AdamAir. Masalahnya, untuk mengangkat kotak hitam dari dasar lautdengan kedalaman 2.000 meter sangatsulit dilakukan dan dibutuhkan biayayang sangat mahal.26/01/2007Michel Platini presiden UEFAMichel Platini terpilih menjadi presidenPresiden Asosiasi Sepak Bola Eropa(UEFA) yang baru, Jumat (26/1). Iamengakhiri kepemimpinan selama 17tahun Lennart Johansson pada badansepakbola Eropa itu dengan selisih hanyaempat suara, 27-23. Platini, yang menjadipresiden keempat dalam sejarah UEFAdan presiden pertama yang lahir setelahUEFA didirikan pada 1954, dengan segeramenyatakan Johansson akan menjadipresiden kehormatan UEFA. TerpilihnyaPlatini sebagai Presiden Asosiasi SepakBola Eropa memunculkan harapan barutentang kemurnian sepak bola. Platini yangmengobarkan kampanye dengan semboyan \sebagai olahraga ketimbang uang danbisnis\sepak bola akan dikembalikan ke jalur yangbenar. Selama 17 tahun kepemimpinanLennart Johansson, sepak bola Eropamemang telah berubah menjadi industriraksasa. Sejak musim 1992-1993, bisnissepak bola telah menghasilkan tak kurangdari 5 miliar euro. Dari jumlah itu, 635 jutaeuro di antaranya dinikmati oleh federasisepak bola negara anggota dan liga-liga dibawahnya. Akan tetapi, adanya pembagiankelas dalam beberapa kompetisi membuataliran dana lebih banyak mengalir kenegara- negara kuat, seperti Inggris,Spanyol, dan Italia. Faktor inilah yangdiduga membuat Platini mencanangkangagasan menciptakan keseimbangan yanglebih baik. Platini juga dianggap figur yangpas untuk lebih membela kepentinganpemain, yang selama ini banyak dikorbankan dengan terlalu banyaknya kompetisi dan pertandingan. \pemain, dia tahu apa yang dikeluhkanpemain,\Wenger.27/01/2007Busway Jakarta: Koridor IV-VIIDiresmikanGubernur DKI Jakarta Sutiyoso meresmikan jalur bus khusus Koridor IV, V, VI,dan VII. Peresmian dilakukan di halteTaman Impian Jaya Ancol atau TIJA.Koridor busway IV melayani rute PuloGadung-Dukuh Atas, Koridor V melayanirute Kampung Melayu-Ancol, Koridor VImelayani Ragunan-Kuningan, dan Koridor VII melayani Kampung MelayuKampung Rambutan. Dalam peresmian,Sutiyoso mencoba Koridor V dari Ancol(Jakarta Utara) menuju Kampung Melayu (Jakarta Timur), dan kemudian dilanjutkan menuju halte Pusat Grosir Cililitan.Uji coba ini juga membawa para wali kotadan bupati di beberapa kota di Indonesia, para pengusaha, dan beberapa artis.Untuk sementara bus yang beroperasimasih terbatas, yaitu total 32 unit. DiKoridor IV ada 8 bus warna kuning, diKoridor V ada 8 bus warna abu-abu,Koridor VI ada 8 warna biru, dan KoridorVII 8 bus warna merah. Rencananya busyang dioperasikan di Koridor IV, V, VI,dan VII akan mencapai 216 unit. Untukkemudahan berpindah ke koridor laintelah disediakan enam halte sebagai titiktransfer antarkoridor, yaitu Halte Harmoni Central Busway (untuk transferKoridor I, II, dan III), Halte Dukuh Atas(untuk transfer Koridor I dan IV), HalteHalimun (untuk transfer koridor IV danVI), Halte Central Senen (untuk transferKoridor II dan V), Halte Matraman(untuk transfer Koridor IV dan V), HalteKampung Melayu (untuk transfer Koridor V dan VII). Dengan model transportasi transjakarta yang tidak memungut biaya per rute, maka wargasiapa pun bisa berpindah antarkoridorsecara gratis dan bisa berkeliling keJakarta hanya dengan Rp 3.500 selamatidak keluar dari halte. Sampai saat iniharga tiket masih menggunakan tariflama, yaitu Rp 2.000 pada pukul 05.00-07.00 dan Rp 3.500 untuk pukul 07.00-22.00. Dari tahun ke tahun peminatbusway bertambah. Tahun 2004 mampu mengangkut 15,9 juta penumpang,2005 mengangkut 20,8 juta penumpang, dan 2006 meningkat menjadi38,8 juta penumpang.