Page 30 - Majalah Tokoh Indonesia Edisi 22
P. 30
30 Q TokohINDONESIA 22 THE EXCELLENT BIOGRAPHYterbesar persentase nilai pesertadidik pada tingkat Tsanawiyahyang berjumlah 1.110 orangmenyebar di antara nilai 6hingga 9 untuk tiga bidang studiyang diujikan. Pada bidang studiBahasa Indonesia, sekitar 60orang (5,41%) mendapat nilaiantara 9-10, sebanyak 293orang (26,40%) peserta didikmendapat nilai antara 8-9, dan40,63% (451 orang) mendapatnilai antara 7-8,diikuti 25,50%(283 orang)mendapat nilaiantara 6-7. Padaposisi nilaiterendah,persentasenya cukupkecil, dan 23 orang(2,07%) mendapatnilai antara 5-6.Pada bidangstudi BahasaInggris, nilai pesertadidik juga tidakmengecewakan.Sebanyak 93 orang(8,38%) mendapatnilai antara 9-10;sebanyak 19,73%(219 orang)mendapat nilaiMemuaskan, UN diMa’had Al-ZaytunHasil Ujian Nasional 2005 diMa’had Al-Zaytun, terbilangsangat memuaskan, jauh di atasrata-rata nasional. Sekitar 30persen memperoleh nilai 8-10.E nam tahun yang lalu,tepatnya 27 Agustus 1999,Ma’had Al-Zaytun masih‘bayi kemerah-merahan’yang baru lahir. Namun, 2005ini, sang bayi itu cepat besar dansudah bisa membuktikan dengannyata prestasinya. Tahun ini,untuk pertama kalinya, parapeserta didik tingkat Aliyahmengikuti Ujian Nasional 2005.Pada tingkat Tsanawiyah,hanya 5 orang dari 1.110 pesertadidik yang tidak lulus (0,45%)dengan rincian, satu orang tidaklulus pada mata pelajaranBahasa Inggris dan empat orangtidak lulus pada mata pelajaranMatematika. Sedangkan padamata pelajaran BahasaIndonesia, semua peserta didikdinyatakan lulus.Pada tingkat Aliyah baikprogram studi IPA maupunprogram studi IPS, jugamenunjukkan hasil yang sangatmemuaskan. Hanya satu orangdari 1.251 peserta didik(0,079%) yang tidak lulus.Peserta didik yang tidak lulus iniberasal dari program studi IPApada bidang studi BahasaIndonesia.Dari segi nilai rata-rata, porsiantara 8-9 dan 30,99% (344orang) mendapat nilai antara 7-8, serta 37,66% (418 orang)mendapat nilai antara 6-7.Sedangkan sisanya, 34 orang(3,06%) mendapat nilai antara5-6, 1 orang (0,09%) mendapatnilai antara 4,26-5, dan satuorang (0,09%) dinyatakan tidaklulus.Khusus bidang studimatematika, tidak seperti bidangstudi Bahasa Indonesia danBahasa Inggris, jumlah pesertadidik yang mendapat nilaiantara 5-6, lebih besar yaitu 70orang (6,31%). Namun di sisilain, peserta didik yangmendapat nilai antara 9-10justru lebih banyak biladibandingkan dengan bidangstudi Bahasa Indonesia. Tercatat,68 orang (6,13%) mendapatnilai antara 9-10 sedangkanpada bidang studi BahasaIndonesia tercatat 60 orang.Jumlah peserta didik yang tidaklulus sebanyak 4 orang (1 rizaldan 3 nissa).Bahkan pada bidang studimatematika ini, terdapat 63orang mendapat nilai 10,sedangkan dua bidang studilainnya nihil. Boleh jadi, bidangstudi matematika seperti dua sisikoin, di satu sisi, memilikijumlah terbesar peserta didikyang tidak lulus, namun di sisilain, mempunyai jumlah terbesarpeserta didik yang berhasilmendapat nilai 10, meskipunsudah dibandingkan dengantingkat Aliyah sekalipun.Pada tingkat Aliyah, yangdibagi menjadi dua yaituprogram studi IPA dan programNilaiA = 10B = 9 <= N < 10C = 8 <= N < 9D = 7 <= N < 8E = 6 <= N < 7F = 5 <= N < 6G = 4,26 <= N < 5H = N < 4,26