Page 56 - Majalah Berita Indonesia Edisi 49
P. 56
56 BERITAINDONESIA, 08 November 2007BERITA IPTEKCara Bekerja Mobiyota 1/X calon pengganti Priusyang dibuat lebih ringandengan menggunakan bahanplastik dan diperkuat carbonfiber. Bobotnya hanya sepertiga Prius dengan mesin 500 cchibrida. Mobil ini bisa diisilewat sambungan listrik dirumah atau dengan bensin danetanol. Toyota mengklaim mobil ini bisa menempuh 38 kmhanya dengan satu liter bensin.Keberhasilan Prius dan obsesi Toyota yang tiada hentimengembangkan mobil hibrida membuat GM yang berbasisdi Detroit, Amerika, memilihmakin serius untuk mengembangkan kendaraan hibrida.GM akan meluncurkankendaraan jenisSUV hibrida akhirtahun ini.\mencuripeluangdengan teknologi dan pemasaran yang bagus, namun saya pikir GMakan merebutnya kembali,\kata Philip Gott, direktur konsultan otomotif dari Global Insight. Apa yang disampaikanoleh Philip itu besar kemungkinan akan terjadi. Meski didera berbagai kesulitan, GMselalu menjadi pemimpin dalam pengembangan dan risetdengan menghabiskan danahingga 6,6 miliar dolar AStahun 2006. Inovasi GM dalam mobil-mobil non bahanbakar minyak sebenarnya sudah sangat dikenal. Akhir tahun 80-an, GM membuat sebuah mobil konsep 'Sunracer',yang memanfaatkan tenagamatahari.Meski terbilang'lambat' daKebanyakan mobil hibrida saatini merupakan mobil bermotorlistrik (electric motor) yangdilengkapi dengan mesin bensin(gasoline engine). Desain mobilhibrida berbeda dengan desainmobil konvensional, karena sistemelektrik (electric & electronic unit)dan sistem kendali (control unit)lebih rumit. Mesin pada mobilhibrida juga lebih kecil daripadamobil konvensional, lebih iritbahan bakar dan sedikit emisi gasbuang yang berbahaya. Meskimemiliki sejumlah keunggulan,mobil hibrida juga mempunyaikekurangan. Mobil hibridamenggunakan komponenelektronik yang sangat sensitifsehingga bila tidak dirawatdengan baik akan cepat rusak.Mobil hibrida juga tidakbersahabat dengan air sehinggatidak cocok digunakan di kawasanyang rawan banjir. Selain itu,harga mobil hibrida terbilangmasih mahal. Mobil untuk sekelascity car seperti Toyota Prius dijualdi Indonesia hingga 450 juta, duakali lipat harga jual yang ada diluar negeri. Padahal, Toyota Vios -berada di kelas yang sama -hanya dibanderol sekitar Rp 150juta. Belum lagi biayaperawatannya yang lebih mahal,lebih kompleks dan rumit darikendaraan konvensional.MOBIL MULAI BERJALANPada saat mobil mulai berjalandari posisi berhenti (start-off) dansaat mobil melaju dengankecepatan rendah, hanya motorlistrik yang berfungsi sehinggamobil meluncur dengan hening,nyaris tanpa suara. Padakendaraan konvensional, saatroda tidak bergerak/merayapmaka konsumsi BBM meningkatdrastis hingga 1:1 (1 liter 1 KM).Dengan mobil hibrida, BBM bisadihemat hingga 200-300%.Sebagai perbandingan, padaToyota Yaris konsumsi BBMnormal mencapai 1:12 sedangkanpada Toyota Prius konsumsi BBMnormal bisa mencapai 1:25.lam persaingan produksi kendaraan hibrida, GM diamdiam sudah menanamkan banyak investasi 'hijau'. Perusahaan ini mulai memproduksibus hibrida tahun 2004. GMjuga sudah menaruh mesinhibrida pertamanya bukanpada kendaraan jenis sedanseperti Toyota Prius namunpada kendaraan besar SUV,GMC Yukon dan ChevroletTahoe. Kendaraan seberat 2,3ton itu akan berjalan dengansistem two mode hybrid jenisbaru yang dikembangkan GMbersama Chrysler dan BMW.GM sudah mempresentasikanChevrolet Volt - kendaraanplug-in hibrida yang bisa berjalan dengan tenaga baterai,biodiesel atau bensin sebagaimobil konsep 2007. Plug-in disini artinya baterai listrikmobil bisa di-charge denganmencolokkan alat khusus kesambungan listrik di rumah.Perusahaan ini juga akan meluncurkan Project Driveway,sebuah uji coba yang melibatkan konsumen dengan mengendarai lebih dari 100 mobil bertenaga hidrogen yangemisi gas buangnya hanyaberupa airmurni. MLPGMC YukonGMEV1 SeriesHybrid ○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○○○○○