Page 23 - Majalah Berita Indonesia Edisi 58
P. 23


                                    BERITAINDONESIA, 20 Juli 2008 23BERITA MANCANEGARAObamanya, ia tanggapi dengan tenang. Obamajuga bukan tipe politisi yang 'bermulutbesar'. Ia sulit berbohong atau memanipulasi informasi demi kepentingannya.Para pemilih menyadari hal ini. Jadimeskipun para pendukungnya berpikir iaterlalu banyak bicara, setidaknya Obamatidak berbohong kepada mereka. Bagipolitisi, hal ini menjadi kekuatan.Pesan 'perubahan' (change) yang dibawa Obama juga lebih unggul dibandingkan pesan 'pengalaman' (experience) yanglebih mengedepankan kompetensi danpengalaman Hillary saat di Gedung Putih.Saat sebagian rakyat Amerika menyebutbahwa negaranya sedang berjalan dalamjalur yang salah, pemilihan presiden diAmerika kali ini merupakan pemilihanuntuk 'perubahan'. Berkat kombinasipidato yang menggugah di awal 2007 dansitus yang dibuat sedemikian rupa untukmenyuarakan pesannya, Obama memperkuat tema 'perubahan' tersebut. KalauHillary menawarkan rencana untuk membuat Amerika lebih baik, Obama menawarkan rencana untuk membuat orangAmerika lebih baik.Nilai-nilai yang ditunjukkan Obama juga menjadi satu kekuatan dalam timkampanyenya. Betsy Myers, direktur operasional kampanye Obama, mengatakanada tiga hal yang membuat tim kampanyemereka solid. Tiga hal yang diutarakanObama Januari tahun lalu, dua minggusebelum Obama menyatakan siap majusebagai calon presiden adalah jalankankampanye dengan penuh hormat, bangundari bawah, dan tidak pakai sandiwara.Dengan memanfaatkan internet sedemikian rupa untuk menggalang kekuatan,puluhan ribu sukarelawan bergabung danterlibat dalam kampanye Obama. Sebagian besar pemilihnya adalah kalanganbelia, dengan usia 18 sampai 29 tahun.Nama-nama kelompok pendukung Obama bermunculan. Ada NYC4Obamadan The Audacity of Park Slope. Inipelesetan dari judul buku biografi Obama,The Audacity of Hope. Setiap bulan, parasukarelawan berkumpul bersama sebelummengetuk satu per satu pintu rumah orangdemi mencari dukungan. Mereka ramaibertepuk tangan saat wajah Obama muncul di layar televisi yang memutar rekaman biografinya. Sebagian menggunakankomputer dan laptopnya untuk membangun situs sendiri, mendesain logo, serta berbagi info dalam jaringan pertemanan Facebook dan Myspace.Situs-situs pendukung bermunculansalah satunya www.mybarackobama.comyang membantu sukarelawan menampilkan profil mereka dan berhubungan satusama lain, menemukan dan membentukkelompok pendukung, membuat situsdonasi pribadi untuk Obama. Juga menemukan acara atau membuat sendiri acaralokal dan menuliskan pengalaman kampanye mereka dalam blog atau situs pribadi.Bahkan dengan kekuatan jaringan pertemanan dan pertukaran video, pernahsuatu kali Obama berhasil mengumpulkandana US$ 1 juta (setara dengan Rp 9,3miliar lebih) hanya dalam satu jam melaluiklik Internet.Tim kampanye berkembang pesat berkat nilai 'Tidak Ada Sandiwara' sudah ditekankan sejak awal. Para pendukungnyayang datang dari berbagai latar belakangharus bisa menahan diri meski berbedapendapat atau mereka keluar dari tim. Hanya dua tiga orang staf-nya yang dipaksakeluar, jumlah yang sangat sedikit dalamsuatu kampanye. Posisinya yang kurang'diminati' dibanding Hillary membuatObama yakin, bahwa para pendukungnyaadalah orang-orang yang benar-benartulus dan mempercayai tujuan dari kampanye sehingga mereka mau bersusahpayah mendukung Obama.Obama juga menyadari bahwa pemilihnya tidak ingin dikecewakan dan menilaisetiap keputusannya atas isu-isu yangmuncul. Sebagai bukti ia menghargai parapemilihnya, Obama langsung menggelarkonferensi pers agar suasana tidak semakin keruh pasca pernyataan pendetanya yang dinilai rasis. Bahkan setelahmendengar komentar Pendeta Wrightyang semakin 'gila' saat National PressClub, Obama langsung mengecam pernyataan sang pendeta dan menyatakan hubungan mereka mulai rusak secara permanen. Obama menunjukkan sikap tegasdan cepat bertindak.Untuk menjawab berbagai pertanyaanpara pemilihnya, Obama yang ingin menjalankan kampanyenya seperti bisnis,membuka 'pusat pelayanan konsumen'.Siapapun yang menelepon, pada jam berapa saja, pagi atau malam, akan mendengar suara manusia yang menjawab.Obama memperlakukan pemilihnya sebagai raja.Pengusaha Atlanta Kirk Dornbush yangmenjadi motor pengumpul dana bagikampanye Obama mengatakan bahwaObama membawa perubahan mendasardalam dunia politik. Perubahan itu terlihat dari tim kampanye yang dibangun daribawah ke atas. Bahkan pengumpulan dana, yang tadinya milik para orang kaya,menjadi alat untuk mengumpulkan masyarakat akar rumput. Dalam setiap acara,tim kampanye Obama mencatat namanama 'rakyat kecil' yang menyumbangdengan membeli pin, topi atau kaus. Disinilah, Obama menyusun daftar pekerja,pendukung dan alamat e-mail mereka.Inovasi yang lain dilakukan Obamadalam pengumpulan dana. Biasanya,hanya penyumbang terbesar yang mendapat waktu untuk bertemu dengankandidat. Namun Obama mendedikasikan banyak waktunya untuk acara-acarakecil, yang mengumpulkan dana tidakterlalu besar. Misalnya, di Kentucky, sebulan setelah ia mengumumkan ikut dalam bursa bakal kandidat presiden PartaiDemokrat, upaya pengumpulan danadilakukan dengan menjual 3.200 tiketseharga 25 dollar dan sekaligus membentuk organisasi kampanye tingkat lokal.Upaya merangkul masyarakat akarrumput, tidak lepas dari pengalaman Obama sebagai communty organizer di Chicago tahun 80-an. Obama mengenang,\ pengalaman saya, kalau Anda mengajak orang untuk bergabung bukan dengan cara seorang penjual namundengan mengatakan, 'Ini kampanye Anda,Anda memilikinya dan menjalankannyasendiri,' orang itu akan merespon dan kitabisa membangun peta kekuatan yangbaru.\KAMPANYE BERSAMA: Barack Obama danHillary Rodham Clinton dalam ‘joint rally’ yangpertama di New Hampshire (27/6)
                                
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27