Page 54 - Majalah Berita Indonesia Edisi 64
P. 54


                                    54 BERITAINDONESIA, Februari 2009BERITA IPTEKBlackBerry Curve 8900 dan Pearl Flip 8220Demam BB Masih BerlanjutSukses dengan BlackBerry Bold,kini RIM meluncurkanBlackBerry Curve 8900 danPearl Flip 8220 di Indonesia.Produk ini masing-masing dibanderoldengan harga Rp 7,25 juta dan Rp 5,5 juta.“Produk terbaru ini dapat hadir berkatdukungan para pelanggan setia platformBlackBerry,” kata Direktur RIM untukkawasan Asia Pasific Adele Beachleydalam jumpa pers di Jakarta (20/1).Produk RIM ini hanya bisa diperolehdari tiga operator telekomunikasi yangmenjadi mitra RIM di Indonesia yakiniTelkomsel, Indosat dan ExcelcomindoPratama. BlackBerry Curve 8900 hampirsama dengan kebanyakan model ponselpintar keluaran vendor dari Kanada itu.Bedanya adalah lebih tipis. Curve 8900dilengkapi keyboard QWERTY, GPS danWiFi. Layarnya selebar 2,4 inchi HVGAberesolusi 480 x 360, prosesor 512 MHz,dan kamera 3,2 megapiksel (MP). Kapasitas memori bisa mendukung hingga kapasitas 16 GB micro SD/SDHC.Sedangkan Pearl Flip 8220 tampil dengan desain flip. Selain layar utama di balik flip, ada layar eksternal untuk melihatjadwal, email, SMS, dan menelepon secaracepat. Ponsel pintar ini disertai fiturkamera 2 megapiksel, stereo Bluetooth,slot memory card mendukung micro SD/SDHC hingga 16 GB, dan WiFi.Pada saat peluncuran dua produkBlackBerry (BB) terbaru ini, total pelanggan BB dari tiga operator itu sebanyak81,5 ribu. Indosat memiliki 32,5 ribu pelanggan, XL 27 ribu, dan Telkomsel 22ribu. Kini, total pelanggan BB di Indonesia dari tiga operator tersebut sudah mencapai 115 ribu. Indosat 45 ribu, Telkomsel40 ribu, dan XL 30 ribu. Total 115 ribu pelanggan BB. Akhir tahun ini, pelanggan BBdi Tanah Air bisa mencapai 300-400 ribu.Tiga operator itu menargetkan, pelangganBB masing-masing operator bisa mencapai 100 ribu pada akhir 2009.Khusus untuk Telkomsel sendiri, pertumbuhan pelanggan BB-nya merupakantertinggi di Asia Tenggara. Selama Desember 2008 ada 9.435 aktivasi baru. Hal initak lepas dari kepeloporan Telkomsel sebagai operator pertama di dunia yangmemperkenalkan metode aktivasi BB lewatpesan singkat (SMS). Telkomsel juga sebagai operator pertama di Asia Tenggarayang menyediakan layanan BB prabayar.Berlangganan BB dengan biaya Rp 150-180 ribu per bulan, pelanggan bisa sepuasnya mengakses internet lewat perangkatBB-nya, akses email hingga 10 accountsekaligus, chatting lewat Yahoo atau BB,atau meng-update Facebook. Sedangkanuntuk bertelepon atau mengirim SMS,pelanggan tetap dibebankan biaya sesuaitarif yang berlaku dari operator masingmasing.Oleh karena itu, ketiga operator itu menyediakan layanan prabayar. Bahkan Indosat menawarkan paket mingguan, dan XLmenyuguhkan paket harian. Indosat danXL pun berlomba menyediakan ragamaplikasi untuk para pelanggannya. „Microsoft Windows 7 Dirilis Akhir 2009Microsoft berencanameluncurkan seri terbaru piranti lunak Windows yaitu Windows 7pada akhir tahun 2009untuk pengguna korporasi dan awal 2010untuk pengguna ritel.Berita ini disampaikan oleh Windows Client ProductManager PT Microsoft Indonesia, Lukman Susetiodi sela-sela acara Media Outing Microsoft Indonesiadi Bandung, akhir Januari lalu. Untuk ujicoba,Microsoft telah mengumumkan Windows 7 versi Betabisa diunduh (download) sejak 7 Januari-10 Februari2009. Microsoft menjamin Windows 7 akan lebihmudah dan lebih cepat digunakan dibanding versisebelumnya dan dapat digunakan sesuai keinginanpengguna. Sedikitnya ada 50 fitur baru dari Windows 7dengan penggunaan energi batere yang lebih efisien. „Penjualan Komputer Asia Terendah dalam Sepuluh TahunPenjualan komputer di kawasan Asia Pasifik di luar Jepangjatuh untuk pertamakalinya dalam satu dekade ini di sepanjangkuartal empat 2008 akibat melesunya perekonomian global yangtelah memukul belanja konsumen. Gambaran awal menunjukkan17,2 juta komputer dan laptop terjual di akhir kuartal empatDesember lalu, atau turun 14 % dibanding kuartal sebelumnyadan 5 % dibanding setahun lalu. Hasil sebuah studi dari IDC,menunjukkan penurunan tahunan pertama sejak kuartal ketigatahun 1998 manakala kawasan ini harus bergulat dengan krisiskeuangan Asia. Selama 2008, raksasa komputer China yang sedang berjuang keras Lenovoadalah vendor nomor satu di Asia denganpangsa pasar 18,3 %, disusul rivalnya dari ASHewlett Packard dengan pangsa 14,1 % dan Dellyang mengambil pangsa pasar 9,1 %, demikianIDC. Perusahaan komputer Taiwan Acermenduduki pringkat empat dengan menguasai7,5 % pangsa pasar dan produsen ChinaFounder di urutan kelima dengan 4,0 %. „foto-foto: ist
                                
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58