Page 39 - Majalah Berita Indonesia Edisi 68
P. 39


                                    BERITAINDONESIA, 16 Juni - 20 Juli 2009 39LENTERAberlangsung amat intens dan 'melelahkan' serta mebuahkan hal-hal pentingyang menentukan arah kemajuan AlZaytun ke depan sesuai visi dan misiyang sudah digariskan sejak awalpendiriannya.Visi dan misi Al-Zaytun menggariskan bahwa pendidikan merupakanlangkah yang harus ditempuh dalamupaya ikut mencerdaskan kehidupanumat dan bangsa. Komitmen inilahyang melatarbelakangi Al-Zaytun untukturut berperan dan berpartisipasi aktifmewujudkan cita-cita dan konsensusbersama masyarakat internasional didalam satu era millennium development melakukan pembangunan manusia yang holistik, mencakup semuakomponen pembangunan yang dihimpun dalam kependidikan. Hal ini dilakukan untuk mencapai sebuah tujuanmulia yakni kemajuan kemanusiaandan kesejahteraannya.Kesadaran akan pentingnya pendidikan dan urgensi peningkatan kualitasumat manusia inilah, maka Al-Zaytunmendesain pendidikannya dengantujuan: %untuk beraqidah yang kokoh kuatterhadap Allah dan syari'at-Nya, menyatu di dalam tauhid, berakhlak alkarimah, berilmu pengetahuan luas,berketrampilan tinggi yang tersimpuldalam basthatan fil `ilmi wai jismi (QS2:247) sehingga sanggup siap danmampu untuk hidup secara dinamis dilingkungan negara bangsanya danmasyarakat antar bangsa dengan penuhkesejahteraan dan kebahagiaan duniawimaupun ukhrawi.\Untuk mencapai tujuan itu, kurikulum pendidikan Al-Zaytun dirancangsedemikian rupa, baku namun tidakbeku, 'ashri, komprehensif dan dinamis.Sehingga dalam aplikasinya selaindapat menerima pembaruan dan dapatmenyesuaikan dengan tuntutan zaman.Apalagi tahun ini, Sidang Litbangdiwarnai refleksi sepuluh tahun sudahpendidikan Al-Zaytun berkiprah dengan berbagai dinamikanya hinggaberhasil mengimplementasikan citacita sistem pendidikan satu pipa (onepipe education system).Pada acara pembukaan Syaykh alZaytun Abdussalam Panji Gumilangmemberi arahan (tausiyah). Syaykh alZaytun memberi arahan tentang apamakna upaya pembaruan dan inovasikependidikan dan tentang pokok-pokokmateri sidang yang sudah diagendakandan dipersiapkan sebelumnya.Arahan itu mempertajam kemampuan dan cara pandang bagi pesertasidang. Sehingga para peserta memiliki kesamaanvisi dan misi dalam membahas setiap pokokbahasan dalam sidang. Tausiyah Syaykh alZaytun itu, kemudian dituangkan dalam Muqaddimah Hasil Sidang Tahunan Litbang Al-Zaytun.Setelah memaparkan visi-misi dan tujuanpendidikan di Al-Zaytun, seperti dikemukakan diatas, diamanatkan pula bahwa perkembanganpendidikan dan inovasinya terus berjalan seiringdengan rotasi waktu yang tiada henti. Kemajuansains dan teknologi serta perubahan environmentpendidikan secara umum yang berpengaruhterhadap kehidupan, menuntut langkahpenyesuaian yang harus ditempuh, sebagai faktoreksternal yang harus direspon dengan positif.Memandangkan perjalanan pendidikan AlZaytun satu dasawarsa, supaya terjadi perkembangan pendidikan yang berkelanjutan (sustainable development), maka perlu dilakukan pembaruan pelaksanaan pendidikan sebagai langkahkonkrit dari upaya pengembangan manusia yangberkesinambungan.Sehingga pendidikan Al-Zaytun dapat bergeraksecara leluasa sesuai dengan irama zaman dengantetap berpedoman pada visi-misi Al-Zaytun.Mengacu kepada Sisdiknas, maka bidang studiyang diujikan pada ujian nasional perlu mendapatkan perhatian yang seksama. Sehinggapeserta didik senantiasa siap menghadapinyatanpa mengalami beban dan tidak harus mengikuti bimbingan khusus di luar jam pembelajaran.Adapun bidang studi yang tidak termasuk dalamujian nasional tetap mendapatkan perhatiansama yang penyajiannya terintegrasi dengantakhshis kurikulum pendidikan Al-Zaytun.Selanjutnya bahasa sebagai jiwa bangsa harustertanam secara menyeluruh dalam setiap jiwapeserta didik maupun civitas akademika, sehingga bahasa ibu menjadi cerminan budaya dankepribadian bangsa. Selain itu penguasaanbahasa antarbangsa yang dominan, khususnyaArab dan Inggris haruslah menjadi komunikasiharian bagi sivitas akademika. Dengan begituterbentuklah language atmosphere di Al-Zaytun.Aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalahsistem pemakanan dan kegiatan olah raga-seniyang memadai untuk mencapai kesihatan jiwadan raga yang prima. Kegiatan olah raga dan seniyang pada hakikatnya bisa menyehatkan danmenghaluskan perangai dalam perannya membentuk karakter dan kepribadian harus diikutioleh peserta didik. Sehingga mereka dapatberkiprah dalam event yang lebih luas, nasionalmaupun internasional.Untuk menunjang kegiatan pembelajaran perludidukung oleh sarana prasarana yang memadai,seperti laboratorium sains, kimia, biologi, bahasa,matematika, dan lain-lain. Juga disediakantempat hunian yang sakinah bagi civitas akademika serta termenej dengan pola manajemen yangbaik. Sehingga para penghuni, khususnya pelajar,dapat berinteraksi dengan penuh toleran dandamai, merasa nyaman, dan betah sebagaipengganti rumah mereka sendiri, Dengan demiBahasasebagai jiwabangsa harustertanamsecara menyeluruh dalamsetiap jiwapeserta didikmaupun civitasakademika,sehinggabahasa ibumenjadicerminanbudaya dankepribadianbangsa.
                                
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43