Page 43 - Majalah Berita Indonesia Edisi 68
P. 43


                                    BERITAINDONESIA, 16 Juni - 20 Juli 2009 43LENTERAbaik, maka pelajaran bahasa yanglainnya pun akan menjadi baik. Jadikalau bahasa bangsa itu tidak dikuasaioleh bangsanya, dia dianggap tidakmenguasai dengan baik bahasa lainnya.Maka nanti, mempelajari bahasa Inggris maupun bahasa-bahasa lainnya, ituakan baik kalau sudah kembali kepadabahasa Indonesia yang baik.\ bahasa Indonesia kita denganbahasa yang baik,\pa? Karena itulah ciri sebuah kampus,satu di antaranya adalah bagaimanamenggunakan bahasa yang baik untukberinteraksi.Kursus Bahasa IbraniAda ide selain bahasa-bahasa yang telahditampilkan di dalam kurikulum, nantiada kursus-kursus bahasa yang mudahmudahan ada manfaatnya, yaitu bahasaIbrani. Mengapa bahasa Ibrani? Karenaada sangkut paut dengan Arab, dan adasangkut paut dengan ajaran Ilahi secaramurni. Itu adalah bahasa Ibrani.Lalu, karena yang menguasai bahasaIbrani di lingkungan Indonesia initerbatas, biasanya adalah pastor danpendeta, bahkan di dalam organisasikepastoran itu sendiri juga belumbanyak yang menguasai bahasa Ibrani.Namun, setelah dicari dan insyallahada. Untuk tahap awal telah dijajakidengan Pdt. Dr. S.M. Siahaan, mantanRektor Sekolah Tinggi Theologia HKBPNommensen, Pematang Siantar, untukmengajar. Rencananya, akan diikuti 10-20 orang.Materi LainnyaKomisi III yang membahas mengenaiektrakurikuler membaginya dalambeberapa item antara lain mengenaikepanduan atau kepramukaan, olahraga dan kesenian, serta kursus-kursus.Litbang mengkaji kurikulum kepramukaan harus ditegaskan secara gamblang, sehingga bisa dievaluasi. Seberapa jauh kurikulum kepanduan yangbisa dikuasai oleh anak-anak. Jangansampai kepanduan ini dijadikan arenauntuk permainan saja yang tidak adamanfaatnya. Tapi jadikanlah kepanduan ini sebagai satu medan untukmendidik anak-anak bisa mencintaikampusnya, bisa mencintai negaranya,bisa mencintai bangsanya, bisa berkomunikasi dengan lingkungannya maupun lingkungan antarbangsa.Kepanduan itu bertugas is'aaf. Is'aafitu adalah memberi bantuan, dimintaatau tidak diminta. Jadi, dibahas dalamsidang tahunan Litbang bagaimanakurikulum untuk menciptakan is'aafLembagaPenelitian AlZaytun (LPAZ)dan LembagaArsip AlZaytun (LAAZ)bertekadterusmembenahicara kerjamerekasehinggadokumentasiyang merekabuat bisadibagikankepadamasyarakatuntuk seluruh umat manusia, bukan untukgolongan tertentu.Kurikulum kepanduan dan kepramukaandiperjelas. Evaluasinya juga diperjelas. Timkepramukaan, dan tim kepanduan harusdibentuk secara jelas, termasukpengorganisasiannya. Kemudian, interaksidengan pramuka atau kepanduan di lingkunganjuga harus dibuat.Begitu pula tentang evaluasi program dibidang olahraga dan kesenian, ditinjau dandibaca kembali. Apa yang telah dilakukandengan program keolahragaan. Dengandibentuknya KOSMAZ dan lain sebagainyauntuk melindungi keolahragaan dan kesenian,dikaji kembali. Sampai di mana tugas-tugasuntuk melindungi yang juga diartikan untukmengembangkan olahraga dan kesenian.Kemudian mengenai kursus-kursus yang adaselama ini seperti kursus tanaman hias dan lainsebagainya, dikaji untuk semakin ditingkatkan.Begitu pula kursus bahasa dan sebagainya. Jugadikaji oleh Komisi IV, mengenai perawatangedung.Sedangkan Komisi V membahas manajemenasrama. Di antaranya tentang pertimbanganmenetapkan kepemimpinan atau kepengurusan atau manajemen asrama. Juga dikaji olehKomisi VI tentang menu makanan dan sistemmenu makanan. Ditelaah, masih bisa dipertahankankah sistem pemakanan atau penyampaian makanan yang di dalam kelas denganjam-jam yang telah ditetapkan? \dipertahankan atau kembali kepada yang lama?Namun dari kajian Litbang, apa yang kita lakukan ini masih baik tapi tinggal caranya yangperlu diperbaiki,\Yang terakhir, mengenai penataan administrasi dan dokumentasi-penelitian pembahasannya ditangani komisi VII. Dikaji seluruhkegiatan yang sifatnya untuk mendapatkansesuatu yang lebih baik dari yang telah ada.Bagaimana pendukungnya, baik itu administrasinya maupun penanggungjawabnya maupun pergudangan atau penyimpanannya.Semua dikaji, karena dalam sepuluh tahunini sesungguhnya telah banyak atau telah adayang dilakukan, tapi mungkin belum terkoordinir, tersimpan dengan baik karena belum adalembaga yang mendokumentasikan hasilpenelitian itu. Umpamanya, penelitian tentangpertanian, penelitian tentang pembangunan.Al-Zaytun pernah punya hasil penelitian yangdibuat oleh tim pembangunan, juga penelitianbibit-bibit, meneliti pembibitan ternak-ternak,baik itu melalui uji juriat maupun persilangan,yang seharus tersimpan (terdokumentasi)dengan baik. Maka diperlukan adanya lembagayang khusus menangani hal itu sehingga nantisemuanya terdokumentasikan dan bisa dibagikan, ataupun kekayaan penelitian yang bisadijadikan juga sebagai sumbangsih kepadamasyarakat. (Bersambung Edisi depan)„ BI/marjuka-hotsan-crs
                                
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47