Page 33 - Majalah Berita Indonesia Edisi 68
P. 33


                                    BERITAINDONESIA, 16 Juni - 20 Juli 2009 33BERITA EKONOMIOpsi chapter 11 juga berarti semua asettetap dimiliki GM dan tidak boleh disitaatas alasan apapun, karena semua aset itutelah diproteksi oleh Pemerintah AS.Garansi pembelian tetap berlaku, semuapelanggan tetap dapat menikmati layanandealer, baik dari segi penjualan, layananperawatan, dan penyediaan suku cadang.Jadi kebangkrutan GM ini bukanlahbangkrut dalam pemahaman masyarakatIndonesia. Istilah bangkrut di Indonesialebih merujuk pada opsi chapter 7 di ASdimana perusahaan tutup, tidak beroperasi, semua layanan tidak berlaku,penyediaan suku cadang terhenti, danseluruh aset disita pengadilan.Dengan terlibatnya pemerintah ASmenalangi GM, komposisi kepemilikansedikit dan biaya operasi yang lebihrendah dibandingkan yang dimiliki GMsebelumnya.Lewat restrukturisasi, New GM diharapkan menjadi pemimpin global era efisiensi bahan bakar dan teknologi canggihramah lingkungan, serta kualitas dan dayatahan tinggi. Selain itu, New GM menawarkan desain yang atraktif, pelayananpelanggan yang lebih prima, dan yangpaling utama harga produk yang bersaing.GM juga menegaskan, di bawah bendera baru, tidak ada operasi GM di luarAS yang termasuk dan masuk ke dalamdaftar pengadilan AS atau masuk ke dalamproses yang diawasi pengadilan. GMmeyakinkan bahwa seluruh operasi bisnistetap berjalan tanpa mengalami gangguan, termasuk operasi di kawasan AsiaTenggara yang di dalamnya terdapat GMtelah menghapus empat merek lainnya.Akibatnya, 21 ribu karyawan di-PHK atausekitar 34 persen dari total pekerja, danmemangkas jumlah dealer menjadi 2.600serta 11 pabrik ditutup.Penyelamatan lain yang dilakukan GMagar manajemen tetap berjalan adalahmenjual beberapa merek. Sejauh ini, GMtelah mencapai kesepakatan untuk menjual merek Saturn kepada Roger Penske,mantan pembalap yang memiliki jaringandealer mobil terbesar kedua di AS ; merekOpel, Hummer dan Vauxhall masih dalamtahap negosiasi.Bila proses restrukturisasi yang direncanakan selama 60 hari berjalan lancar,New GM diperkirakan dapat kembalimembukukan keuntungan tahunan sebelum 2011. Penasihat keuangan produsenotomotif Amerika Serikat, Evercore Partsaham pun berubah. Pemerintah AS(Departemen Keuangan) kini menguasaisaham terbesar sebanyak 72,5 persen.Sedangkan sisanya dikuasai oleh SerikatPekerja Otomotif (United AutomobileWorkers/UAW) dan Pemerintah Kanada.Sebagai pemilik saham (pemegangsaham pasif), Pemerintahan PresidenObama akan menyuntikkan dana (danapembayar pajak) sebesar 30 miliar dollar bagi restrukturisasi GM yang kinimenjadi perusahaan baru, New GM.Perusahaan yang berada di bawahnaungan Departemen Keuangan AS iniakan dibangun dengan utang yang lebihIndonesia. Dealer GM akan terus melakukan aktivitas pelayanan terhadap kendaraan GM dan menerima garansi yangdiberikan GM. Pemerintah AS pun menjamin pertanggungan garansi kendaraanGM.Sebagai tahap awal restrukturisasi, GMmenjual semua asetnya kepada New GM.Penjualan seluruh aset GM kepada NewGM diselesaikan melalui proses yangdiawasi oleh pengadilan di bawah Chapter 11 dari US Bankruptcy Code.New GM akan mengandalkan produksihanya pada empat merek utama, yaituChevrolet, Cadillac, Buick dan GMC, seChrysler Juga BerbenahSelain GM, pabrikan otomotif AS, Chryslerjuga ikut dalam perlindungan kepailitan yangdijalaninya sejak 30 April lalu. Dalam prosesrestrukturisasi, pabrikan otomotif Italia, Fiat,mencapai kesepakatan untuk menjalin aliansidengan Chrysler. Dalam perusahaan yang baruini, Fiat memiliki saham 20 persen tanpamengeluarkan dana investasi, Serikat PekerjaOtomotif AS (UAW) memiliki saham 55 persen,sedangkan pemerintah AS dan Kanada masingmasing memperoleh bagian saham delapan dandua persen. Perusahaan Chrysler yang barumasih berkantor pusat di negara bagian Michigan, AS, dan memproduksi merek Chrysler, Jeepdan Dodge. “Kegiatan Chrysler dalam bentukperusahaan baru akan segera berjalan. Saat inisedang dilakukan upaya pengembanganlingkungan yang bersahabat, penghematan danmenciptakan kendaraan bermutu yang dapatmembuat Chrysler menjadi terdepan dalamindustri,” kata Sergio Marchionne, CEO Fiat. „ners memperkirakan bahwa New GMakan menderita kerugian US$ 17,5 miliartahun ini. Selanjutnya pada 2011, perusahaan ini diperkirakan membukukanlaba sebesar US$ 3 miliar dan US$ 7,8miliar pada 2014, keduanya sebelumpajak.Perkiraan ini didasarkan pada asumsibahwa penjualan mobil AS akan kembalimeningkat (rebound) menjadi 16 juta unitper tahun dari tingkat penjualan tahun iniyang kurang dari 10 juta. Produksi mobilglobal GM akan meningkat dari 3,8 jutaunit pada 2009 menjadi enam juta unitpada 2014. „ PANCEO GM, Fritz Henderson Seorang karyawan sedang memeriksa mobil Saturn Aura di pabrik perakitan di Kansas City
                                
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37