Page 59 - Majalah Berita Indonesia Edisi 90
P. 59
BERITAINDONESIA, September 2013 59YBERITA BUKUBerbisnislah Sedari MudaSukses berbisnis tidak harus menunggu usia tua.Lakukan dengan passion, jangan takut gagal, bangkitbila jatuh, bergeraklah untuk mengundangkeberuntungan hadir di bisnis kita.uku 101 Young CEO yang ditulisoleh Ilman Akbar ini menggalirahasia sukses pebisnis muda Indonesia di bawah usia 30 tahun. Bukusetebal 350 halaman ini berisi profil dantips singkat (quick tips) dari masingmasing entrepreneur muda dalam menjalankan bisnisnya masing-masing.Pada prolog, penulis memaparkan trenanak muda yang memiliki bisnis sendiri.Media cetak dan elektronik sering membahas isu-isu tentang kewirausahaan, jugarutin menampilkan profil wirausahawanmuda sukses. Ditambah lagi denganmunculnya berbagai lembaga pendidikandan pelatihan wirausaha seperti YouthStartup Icon dari Marketeers, Shell LiveWire, dan Sparxup. Perkembangan teknologi informasi juga memudahkan orangmemulai bisnis dengan sedikit ataubahkan tanpa modal.Masuk bab satu, penulis memaparkanbagaimana ide bisnis lahir dan berkembang. Bisnis dapat dimulai dari keahlianatau kemampuan diri. Bila kita memilikikemampuan untuk memproduksi sesuatuyang dapat dijual, kita dapat berbisnis.Atau kita lihat peluang, kebutuhan, ataumasalah di masyarakat yang nantinyaakan jadi pasar kita. Dengan menganalisapasar, baru diciptakan produk atau jasayang akan dijual. Mulailah bisnis denganberdagang. Ide bisnis paling sederhana inimerupakan dasar ilmu dari semua bisnis.Dan mulailah bisnis di usia semudamungkin karena risiko bisnis masih kecildan waktu luang masih banyak. Apabilabisnis sukses, maka tidak perlu lagimelamar pekerjaan setelah lulus kuliah.Bab dua berisi profil 101 pengusaha muda yang sukses di bidangnya. Penulismengumpulkan data sekunder dari buku,media online maupun cetak yang telahmemuat profil mereka. Ke-101 profil inidibagi beberapa kategori seperti pengusaha desain, fesyen, film, internet, jasa, kerajinan, kuliner, musik, dan properti. Tiapprofil disertai dengan tips bisnis mereka.Salah satu profilnya, Yohanes Auri. Pendiri sekaligus pemilik PT Flux Asia Solusindo, perusahaan agensi desain inimemulai usahanya dari kamar tidur hingga berkembang menjadi salah satu agensiterkemuka di Jakarta, yang menanganilebih dari 200 klien di tahun 2012.Yohanes berbagi tips bahwa menjalankanbisnis harus didukung oleh doa, kerjakeras dan melatih kemampuan menjual.Di bidang kuliner, ada profil HendySetiono, pionir kebab di Indonesia yangterkenal dengan brand Baba Rafi. Saat initotal outlet Kebab Turki Baba Rafi lebihdari 1.000 buah. Pria yang drop out kuliahini pun mengembangkan bisnis lainnyaseperti Piramizza, Ayam Bakar MasMono, dan Bebek Garang. Hendy berprinsip bahwa niat sungguh harus ditunjang dengan kerja keras dan perlunyamentor untuk membantu berkembang.Hal-hal yang perlu dimiliki dalamberbisnis dibahas tuntas pada bab tigabuku bercover merah ini. Penulis memaparkan ada 4 modal bisnis yaitu modalkarakter, modal ilmu, modal sosial, danmodal finansial. Memiliki passion yangmenggelora terhadap bidang bisnis yangdijalankan memacu seseorang bekerjakeras dan pantang menyerah. Ulet, konsisten, berani mengambil risiko, sigapmengambil keputusan, dan mampu menjual adalah karakter entrepreneur sejati.Dalam berbisnis, perlu ilmu membuatrencana bisnis seperti memetakan pasar,menentukan produk yang dijual besertamanfaatnya, menjalin mitra dalam mendistribusikan produk, bagaimana agarmendapat laba dan melipatgandakanbisnis. Selain ilmu tersebut, pengusahamutlak perlu tahu ilmu spesifik tentangbisnis yang digeluti. Misal pengusahasepatu sebaiknya mengerti proses pembuatan sepatu, bahan dan cara hinggaproses distribusinya. Juga dasar-dasarilmu tentang keuangan karena bisnisberhubungan dengan uang.Modal sosial atau modal network yangluas menunjang potensi bisnis kita agarberkembang cepat. Beberapa tips membangun modal sosial seperti mengikutikegiatan komunitas, bekerja sama denganorang lain, hadir dalam seminar maupunworkshop, dan berguru lewat mediasosial. Modal terakhir yang juga pentingadalah modal finansial. Uang dapatberasal dari tabungan, pinjaman, investor, kredit bank, dan patungan.Bab terakhir lebih berisi ajakan untukmemulai bisnis sedini mungkin. Janganmenanti keberuntungan datang, tapimenciptakan keberuntungan sendiri. Milikilah motivasi yang benar dalam bisnis.Bukan untuk semata kekayaan, tapi supaya dapat memberi manfaat dan peluangbagi orang di sekitar kita. Lakukan denganpassion, jangan takut gagal, bangkit bilajatuh, bergeraklah untuk mengundangkeberuntungan hadir di bisnis kita.Meski mengupas tentang orang-orangmuda yang berbisnis, buku 101 YoungCEO keluaran Penerbit Tiga Serangkai iniberguna untuk semua kalangan dariberbagai usia. Buku ini juga bisa menjadimasukan berharga bagi mereka yangsedang mencari ide untuk membuat bisnissendiri. dgr, redBJudul: 101 Young CEOPenulis: Ilman AkbarPenerbit: Tiga SerangkaiJenis Cover: Soft CoverTebal: 350 HalamanISBN: 978-602-9212-81-5