Page 36 - Majalah Berita Indonesia Edisi 10
P. 36


                                    LENTERA36 BERITAINDONESIA, 6 April 2006sekolah-sekolah (sekalipun hal ini belum menjadiumum di Indonesia). Kita berada di dalamrevolusi tersebut, tentunya akan mengubah carakita belajar dan cara kita mengajar, dalamdasawarsa mendatang. Dan revolusi ini akanmengubah ekonomi pendidikan, dari yang hariini kita lakukan, yang keadaannya hampir totalpadat karya, pendidikan (sekolah) akan menjadipadat modal.Lembaga pendidikan selama ini selalu memberikan perhatian penuh kepada anak-anak mudayang belum dianggap sebagai warga negarapenuh, karena belum mempunyai tanggungjawab dan belum memasuki angkatan kerja.Namun dalam masyarakat berpengetahuan,lembaga pendidikan merupakan lembaga orangPenghasilan Negara Bruto (PNB)-nya untukproduksi dan distribusi pengetahuan. Pembentukan pengetahuan dengan demikian sudahmerupakan investasi terbesar di setiap negaramaju.Karenanya hasil yang didapat oleh sebuahnegara atau sebuah institusi dari pengetahuantentunya semakin menjadi faktor penentu padadaya saingnya. Makin hari, produktivitas pengetahuan akan semakin menentukan sosialekonominya.Kelemahan produktivitas pengetahuan suatunegara (institusi) lebih dari apapun yang lain,merupakan pangkal dari kelambanan, erosi, dankrisis yang tak berkesudahan pada sosial ekonominegara. Kita di Indonesia jelas pengeluaran untukproduktivitas pengetahuan jauh lebih rendah daripengeluaran lain-lainnya.Karenanya, dalam segala bidang produktivitaspengetahuan di Indonesia jauh tertinggal darinegara-negara manapun. Bangsa kita juga belummampu masuk ke dalam produktivitas pengetahuan baru, bahkan gagal sekalipun hanya untukmengubah pengetahuan yang telah ada menjadiinovasi yang berhasil, pengetahuan yang adatetap merupakan informasi dan bukannyamenjadi pengetahuan yang produktif.Pendidikan yang Bertanggung JawabTerjadinya revolusi informasi teknologi kinikomputer meja dan pengiriman data melaluisatelit langsung ke ruang kelas sedang melandaLembaga pendidikan hanya menekankan disiplinSPIRIT AL-ZAYTUN: Sikap mandiri yang kuat, cinta ilmu, dan semangat belajar yang tetap tinggi.
                                
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40