Page 33 - Majalah Berita Indonesia Edisi 14
P. 33


                                    BERITAINDONESIA, 1 Juni 2006 33yang mendapat nilai antara 9–10, 219orang siswa (19,73 persen) mendapat nilai8–9, 344 orang siswa (30,99 persen)mendapat nilai 7–8, serta 418 orang siswa(37,66 persen) mendapat nilai antara 6–7.Sisanya, sebanyak 34 orang siswa (3,06persen) mendapat nilai antara 5-6, satuorang siswa (0,09 persen) dinyatakantidak lulus.Khusus mata pelajaran Matematika,tidak seperti mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, jumlah siswayang mendapat nilai antara 5-6 lebih besaryakni 70 orang (6,31 persen).Lepas dari realitas itu, peserta didik AlZaytun yang mendapatkan nilai antara 9–10 untuk mata pelajaran Matematikajustru lebih banyak bila dibandingkandengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.Tercatat 68 orang siswa (6,13 persen)yang mendapatkan nilai antara 9–10.Bahkan, dari jumlah itu, 63 siswa mendapatkan nilai 10. Sedangkan untuk matapelajaran Bahasa Indonesia tercatat 60orang siswa. Ada empat siswa yang tidaklulus.Gambaran yang tak jauh berbeda jugadiperlihatkan oleh hasil yang dicapaipeserta didik Al-Zaytun pada tingkatMadrasah Aliyah/MA (setingkat SMA),baik program studi IPA maupun IPS.Prestasi mereka sangat memuaskan.Dari 1.251 peserta didik (program studiIPA 626 siswa dan IPS 625 siswa), hanyasatu orang (0,079 persen) yang tidak lulus.Peserta yang tidak lulus ini berasal dariprogram studi IPA, itu pun untuk matapelajaran Bahasa Indonesia.Pada tingkat Aliyah ini, ada 22 orangsiswa Al-Zaytun dari program studi IPAyang mendapatkan nilai 10 untuk UN matapelajaran Matematika. Hanya satu orangpeserta didik program IPA yang tidak lulusdan itu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.Patut dipaparkan pula, untuk matapelajaran Bahasa Indonesia ada 351 siswa(56,07 persen) dari program studi IPA dan315 siswa (50,40 persen) dari programstudi IPS yang mendapatkan nilai antara7-8.Yang memperoleh nilai antara 8-9: 103siswa (16,45 persen) dari program studiIPA dan 12 siswa (1,92 persen) dari program studi IPS.Kemudian, untuk mata pelajaran BahasaInggris, ada 252 siswa (40,26 persen) dariprogram studi IPA dan 142 siswa (22,72persen) dari program studi IPS.Selanjutnya, ada 440 siswa (70,40persen) dari program studi IPS dan 241siswa (38,50 persen) dari program studiIPA yang mendapatkan nilai 6-7.Dari hasil Rekapitulasi Nilai UjianNasional 2005 Peserta Didik Al-Zaytunbisa dipetik kesimpulan: persentasepeserta didik yang tidak lulus untuktingkat Tsanawiyah dan Aliyah sangat kecilyakni di bawah 0,005 persen.Keberhasilan Al-Zaytun membinainsan-insan berkualitas juga ditandai olehkesuksesan enam siswa lulusan Aliyahyang mampu masuk dalam 10 besarterbaik lulusan Ujian Nasional 2005 seJawa Barat.Ini adalah prestasi gemilang yang mengagumkan, dan paparan fakta di atasmenyuratkan satu hal yang sulit dibantahbahwa Al-Zaytun memang menjadi pusatpembinaan insan-insan cemerlang.Dewasa ini, jumlah siswa MadrasahTsanawiyah Al-Zaytun dari kelas satusampai kelas tiga sebanyak 2.007 orang(1.134 siswa putra dan 873 siswa putri).Sedangkan, jumlah siswa Madrasah Aliyah(bidang studi IPA dan IPS) dari kelas satusampai kelas tiga sebanyak 3.956 orangsiswa (2.312 siswa putra dan 1.644 siswaputri).Pada Mei 2006 ini, akan diselenggarakan Ujian Nasional untuk TahunPelajaran 2005/2006. Merujuk padaPeraturan Menteri Pendidikan Nasional(Permendiknas) No. 20 tahun 2005 tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran2005/2006, nilai standar kelulusan yangditetapkan pemerintah adalah di atas 4,25.Ketentuan tentang standar kelulusan initersurat dalam Pasal 18 Permendiknas 20/2005, yang ditetapkan pada 13 Oktober2005: “Peserta didik dinyatakan lulusujian nasional apabila memiliki nilai lebihbesar dari 4,25 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan dengan rata-rata nilaiujian nasional lebih besar dari 4,50.”Akankah Al-Zaytun kembali suksesmembuktikan prestasi dan kualitas peserta didiknya pada UN tahun 2006 ini,seperti yang pernah dicapai pada UNtahun 2005? ■ AF, TISantri MI sedang berolahragaLaboratorium komputer
                                
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37