Page 59 - Majalah Berita Indonesia Edisi 41
P. 59
BERITAINDONESIA, 05 Juli 2007 59BERITA PUBLIKu KemajuanSRRTS dan SMADi Jakarta, KA komuter dikenal sebagai KA Jabotabek(Jakarta, Bogor, Tangerangdan Bekasi). Baru-baru ini PT.INKA bersama konsorsiumBombardir telah memperolehLetter of Award dari pemerintah untuk memasok 10 set KRLsenilai 33 juta euro dari danaKfW (Jerman). Surabaya seDemi mewujudkan konsepitu, Pemda Surabaya bekerjasama dengan perusahaan terkemuka dari Perancis SNCFyang merupakan operator(KA) dan TGV di Perancis.Untuk memenuhi kebutuhansarana itu, kata Roos, “desainKRD baru sedang dibuat di PT.INKA dengan keunggulan power big engine dan hidrolik,”baya menyambut baik adanyaSRRTS dan SMA karena peranKA semakin berkembang. Disisi lain, keberadaan KA akanmengurangi tingkat kepadatanjalan raya, khususnya di Surabaya. KA dijadikan saranatransportasi pendukung bagimasyarakat urban dan sub urban. Mereka yang bekerja diSurabaya tapi berdomisili diluar Kota Surabaya, sangatmerasakan manfaatnya. Apalagi KRD yang nantinya digunakan memiliki keunggulanpower big engine dan sistemhidrolik.Bambang juga menyadarimeski angkutan KA merupakan PSO (Publik Service Obligation), masalah SDM sertapendapatan PT. KA perlu diperhitungkan dengan jelas.“Pengembangan KA memerlukan sarana stasiun dan petugas. Ini butuh perhatian secara seksama,” kata Bambang.Target dan SasaranSelain Surabaya, Aceh sudahmemesan KA komuter sebanyak satu set (2 gerbong). Sedangkan untuk kebutuhanKota Palembang, sesuai permintaan Pemda setempat, dipersiapkan Rail Bus atau busberjalan di atas rel. Semua pesanan itu siap diluncurkantahun 2008.Di samping itu, Roos mengatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah Mardyanto ketikaberkunjung ke PT. INKA Madiun, berhasrat melakukanpengembangan perkeretaapian di Jawa Tengah, antara Semarang-Tegal, Semarang-Solo. Untuk mewujudkan obsesinya itu sedang diusahakanmencari investor.Di sektor angkutan barang,PT. INKA sedang membangunkemitraan/aliansi dengan perusahaan asing yang memilikipendanaan, diantaranya Amerika Serikat dan Australia.Perusahaan asing tersebutingin mengenal lebih jauh berbagai produk INKA, termasukkemampuan INKA untukmembuat gerbong batubaraberkapasitas angkut 50 ton.“PT. INKA sedang mempersiapkan diri secara komprehensif,” kata Roos mantap.Bicara tentang obsesi ke depan, PT. INKA ingin keluardari kemelut dimana selamatiga tahun terakhir PT. INKAmengalami kerugian yang cukup besar. Orang pertama diPT. INKA ini memasang targetpendapatan sekitar Rp. 500milyar tahun 2009. Untuk itu,PT. INKA harus memiliki dana/modal kerja sekitar Rp 140miliar. Sumber dana yang laindiupayakan dari sindikasi perbankan. Tahun 2006 PT. INKAmelalui skema Penyertaan Modal Negara (PMN), mendapatmodal dari pemerintah melaluiAPBN-P sebesar Rp. 40 miliardan tahun 2007 melalui APBNdiusahakan mendapat tambahan dana sebesar Rp. 100miliar. Sesuai harapan DirjenPerkeretaapian, tahun 2010merupakan tahun titik balikkemajuan PT. INKA. “Makasebelum memasuki tahun2010, target PT. INKA tahun2009 dari sisi keuntunganmaupun lalu lintas produksi,baik konsumen lokal maupunpesanan luar negeri diharapkan semakin bagus,” kata Roosoptimis. RI, MLPbagai kota terbesar keduasetelah Jakarta, juga tidak mauketinggalan. Propinsi JawaTimur dan Pemda Surabayameluncurkan konsep bernamaSurabaya Regional Rail Transport System (SRRTS) dan SMA(Surabaya Metropolitan Area).ungkap alumni ITB itu. KAsebanyak satu set (4 gerbong),diharapkan tahun 2008 siapdioperasikan.Buktinya, kata Roos, peresmian KA Susi (Surabaya-Sidoarjo) tahun 2002 oleh Presiden Megawati Soekarno Putri,tidak lepas dari kerja samadengan Provinsi Jatim, khususnya Kota Surabaya dalamSRRTS, diakronimkan menjadi,Safety, Realiabity, Rapidity,Technology dan Sustanaibility.Prototipe dan desain KRDyang dikerjakan oleh putraputra bangsa Indonesia itu,tidak kalah dengan produkdari luar negeri, baik interiormaupun eksterior. Diperkirakan dengan rute SidoarjoPasarturi-Sidotopo (PP) sepanjang 42 Km ditambah ruteMojokerto-Tarik, KA ini mampu mengangkut 50 ribu penumpang/perhari.Secara terpisah, BambangSuhendrio, Kepala DaerahOperasi (Kadaop) VIII Sura- sistem hidrolik yang akan digunakan tahunStandar interior KRD.Prototipe KRD yang dipersiapkan untuk Aceh.