Page 15 - Majalah Berita Indonesia Edisi 60
P. 15
BERITAINDONESIA, 26 September 2008 15BERITA UTAMAtebaran lubang dan aspal bergelombang.Tentu ini bisa mengganggu kelancaranarus lalulintas. Ruas Brebes-Tegal masihseperti wajahnya 15 tahun lalu. Hanyaruas Tegal-Pemalang dan Pemalang-Pekalongan pekerjaan peningkatan jalandilakukan secara maraton.Alas Roban yang jadi biang kemacetandi masa lalu lantaran jalannya mendaki,sudah memiliki tiga jalan tembus. Kendaraan pribadi sebaiknya mengambil ruasutara. Sebab ruas tengah dan selatan dipadati truk dan bus. Dari Semarang kearah timur, ruas Pati-Yuwana masihmemberi kemungkinan macet, karenaruas itu hancur diterpa banjir awal tahun2008. Pekerjaan pembetonan masihdilakukan terhadap jalan sepanjang 2 Km.Ruas Semarang-Bawen sepanjang 35 Km,sudah 4 lajur. Namun ke arah Yogyakarta,ruas Bawen-Ambarawa-Muntilan masihdua lajur. Sedangkan ke arah Solo, darijembatan Tuntang-Salatiga dan SalatigaBoyolali masih dua lajur.Memasuki Jawa Timur, ruas RembangBulu, Tuban, Lamongan di jalur utarasampai ke Gresik, lebar jalan tujuh meter.Jalur alternatif bisa melalui Tuban ke arahselatan lalu ke barat, terus ke timurmelintasi Lamongan. Jalan Babat-Lamongan-Gresik lebarnya 14 meter. DariGresik, pemudik yang melanjutkan perjalanan ke arah timur bisa melewati jalantol Gresik-Surabaya, berlanjut ke daerah“tapal kuda” sampai ke Banyuwangi.Tetapi hati-hati melintasi jalan tol Surabaya-Gempol, karena terputus di Porong.Sedangkan dari Jakarta menuju Bandung timur pemudik bisa melintas lewatjalan tol Cileunyi-Cicalengka. Titik kemacetan masih di Desa Ciherang, Nagreg. Tetapi menjelang lebaran ini, kemacetan dipertigaan Cagak-Nagrek akan berkurang.Ruas Nagreg-Rajapolah-Ciamis lebarjalan hanya 7 meter. Namun melintasi Sungai Citanduy (batas Jabar-Jateng) jalanrusak ringan. Sedangkan ruas WangonPurworejo-Yogyakarta, kondisinya baik.Arah SumateraPuncak arus mudik via pelabuhan Merakdiperkirakan terjadi pada H-2 lebaran.Sumber ASDP (Angkutan Sungai Daratdan Penyeberangan) mengungkapkanbahwa jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan dari Merak,Banten, ke Bakauheni, Lampung, diperkirakan meningkat 20 persen. Pemudikbersepeda motor yang menyeberang lewatMerak diperkirakan mencapai 15.191 unit,naik dari 12.659 unit, tahun lalu. Armadabus akan meningkat dari 668 unit menjadi701 unit dan armada truk bertambah dari205 unit menjadi 215 unit.Meski tidak seheboh arus mudik diJawa, pemerintah telah menyiapkan jalurmudik ke Sumatera. Tiga proyek utama dijalur lintas timur Lampung lewat tanjakanTarahan (Sukamaju-Kalianda) di ruasBujung Tenuk-Simpang Pematang sepanjang 61,60 Km diperlebar menjadi 7meter. Tahun ini para pemudik yang melewati lintas timur, dari Bakahueni dapatmelintas kewat Sukadana keluar di Menggala. Para pemudik bisa menghindarikepadatan lalulintas di kota Bandar Lampung.Di Sumatera Selatan, jalan yang melintasi ruas Pematang-Panggang-KayuAgung-Simpang-Indralaya-Palembangdan Palembang-Betung-ke batas Jambi,sedang diaspal. Perbaikan juga dilakukandi Sugih Warah-Muara Enim, LahatTebing Tinggi dan Bitung-Sekayu. Pelebaran jalan dilakukan di Jambi pada ruasMeriung-sampai ke batas Riau.Tentu yang perlu diwaspadai parapemudik yang melintas di jalan rayaadalah jalan berlubang dan tanah longsor,karena September ini hujan sudah mulaiturun. BI/SHAntre beli tiket mudik Lebaran jadi pandangan rutin tiap tahunGedung peninggalan jaman DaendelsJalan terhalang lumpur lapindo