Page 59 - Majalah Berita Indonesia Edisi 72
P. 59
BERITAINDONESIA, November 2009 59BERITA PUBLIKfoto: dok. samsuriMenuju HikkapiProfesionalProfesionalitas merupakan obsesi dan spirit yangdibangun oleh kontraktor perkeretaapian Indonesia.Berbagai kiat sedang dirumuskan, termasuk dukunganpenuh terhadap berbagai program pemerintah.embangunan perkeretaapian semakin mendapat perhatian seriusdari pemerintah, baik prasaranayang menyangkut single track,double track (jalur ganda), maupunmodernisasi peralatan, seperti elektrifikasi otomatis produk LEN.Tujuan yang ingin dicapai adalah transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau. Untuk mewujudkan itu, pekerjaan bukan hanya di pundak pemerintah, seperti regulator dan operator.Peran serta dan dukungan masyarakatjuga turut menentukan keberhasilan.Di antara pendukung itu, lahir organisasi bernama Hikkapi (Himpunan Kontraktor Perkeretaapian Indonesia). Kelahiran himpunan ini dianggap pada saatyang tepat, sebab lahir pada saat geliatpembangunan perkeretaapian semakinberkembang, baik di Jawa, Sumatera, danterus menggeliat ke berbagai provinsiyang selama ini belum tersentuh armadadi atas bantalan baja itu. Dengan adanyaUU 23/2007, memberi peluang kepadasektor swasta dan Pemda untuk turutberperan membangun perkeretaapian.Meningkatkan keselamatan, pembangunan infrastruktur perkeretaapian,berpengaruh kepada keselamatan perjalanan kereta api. Untuk itu, terbentuknya HIKKAPI yang berdiri pertengahantahun 2009 lalu, ini akan menjadi bagianyang strategis.Dirjen Perkeretaapian DepartemenPerhubungan, Tunjung Inderawan mengatakan, sangat respek dan mendukungterbentuknya lembaga tersebut (Hikkapi).Sebab, pertama, dengan adanya Hikkapiini, pekerjaan yang dihasilkan harus jauhlebih baik dan profesional. Untuk meningkatkan keselamatan perkeretaapiansebagai penerapan UU no. 23/2007,diperlukan kelaikan prasarana dan sarana. Sehubungan dengan itu, wadah inidiharapkan dapat memberi kontribusi,baik yang menyangkut faktor keselamatanmaupun keamanan dalam penyediaanprasarana, sarana, persinyalan, danlainnya.Kedua, asosiasi ini dia harapkan bisamenjadi wadah berinteraksi untuk meningkatkan kemampuan masing-masing,baik kualitas maupun sumber daya manusia dan modernisasi alat-alat yangsesuai dengan tuntutan dan tantanganyang ada, di samping aspek lain, sepertietika berkompetisi.“Kita selalu membuka diri terhadapberbagai masukan, termasuk dari Hikkapi, dengan tujuan meningkatkan pembangunan perkeretaapian sebagai salahsatu moda trasnportasi massal yangaman,” kata Tunjung. Di sisi lain, turutmendukung secara maksimal lalu lintasperekonomian masyarakat agar semakinsejahtera, antar daerah dalam satu provinsi maupun antar provinsi.ProfesionalSementara itu, Ketua Umum HikkapiAbraham Mose mengatakan, Hikkapibertujuan agar pembangunan prasaranaperkeretaapian di Indonesia lebih memadai dan dapat dipertanggungjawabkan,baik secara teknis maupun profesionalitas. “Dengan terbentuknya lembagaini, akan terbangun pula iklim persainganyang sehat, sehingga setiap kontraktorlebih fokus dan profesional dalam menjalankan pekerjaannya,” kata Abaraham.Organisasi ini, ungkapnya, secarasistem maupun kelembagaan selalu berusaha secara maksimal, agar semuaanggota dapat menghasilkan kinerja jauhlebih baik dan mendorong setiap kontraktor untuk meningkatkan kualitas.Menurutnya, itulah di antaranya salahsatu tujuan menjadikan organisasi profesional ini.Setelah Pengurus Pusat Hikkapi terbentuk, rencananya, sebelum akhir tahun2009 telah berdiri 7 pengurus daerah(Pengda), baik di Jawa, Sumatera danberkembang ke provinsi yang belummemiliki lintas kereta, tapi memilikiprospek dan memiliki rencana pembangunan perkeretaapian. “Kita siapkanpembentukan Pengda ke arah itu, sepertidi Sulawesi maupun Kalimantan,” ujarnya.Anggota Hikkapi di mana pun berada,agar selalu beradaptasi dengan kebijakanpemerintah dan turut menyukseskan program pemerintah serta UU No.23/2007dengan mensinergikan sesama anggota,sehingga satu sama lain bekerja samademi menyukseskan berbagai kebijakanitu.Sementara sasaran dan target yangingin dicapai, menurut Abraham, jangkapendek, menengah dan panjang adalahmenjadikan Hikkapi sejajar denganasosiasi-asosiasi yang lain dan diakuisecara nasional. RI/DENPBersama: Dirjen Perkeretaapian Tunjung Inderawan (kesembilan dari kiri) didampingiAbraham Mose dan pengurus Hikkapi Pusat.