Page 52 - Majalah Berita Indonesia Edisi 76
P. 52


                                    52 BERITAINDONESIA, Mei 2010BERITA MANCANEGARAfoto: reproSemburan abu vulkanik dari gunung berapi di Islandiamelumpuhkan lalu lintas udara Eropa selama sepekan.Eropa menuai kerugian material dan dampakpsikologis yang cukup besar.aratan Eropa yang relatif tenangbisa dibuat guncang oleh letusangunung api di Islandia meletus.Gunung api yang berada di bawah permukaan gletser Eyjafjallajokull,Islandia, meletus pada Rabu (14/4) pagi.Gunung yang terakhir meletus pada tahun1823 itu melontarkan abu vulkanis hinggaketinggian 10 kilometer. Awan abu yangbisa membahayakan mesin jet tinggal diketinggain 8 hingga 9 kilometer yang biasadilewati jalur penerbangan sipil.Selain menyemburkan abu tebal keudara, panas letusan juga melelehkanlapisan es tebal di atasnya, memicu banjirserta naiknya permukaan air laut dansungai setinggi tiga meter. Lebih dariseribu orang diungsikan.Awan debu vulkanik dari Islandiakemudian menyebar ke separuh lebihwilayah Eropa. Awalnya, hanya Skotlandia yang menutup wilayah udaranya,disusul kemudian Inggris. Tak lamakemudian, jalur penerbangan sipil sebagian besar wilayah Eropa ditutup selamahampir sepekan. Di Asia dan AmerikaSerikat ratusan jadwal penerbanganmenuju Eropa per hari juga ditunda.Jutaan orang terdampar di bandaraseluruh dunia.Gangguan di dunia penerbangan inimerupakan petaka terbesar sesudahperistiwa penyerangan teroris terhadapmenara kembar World Trade Center, NewYork, Amerika Serikat, 11 September2001. Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menjelaskan, setelahpenerbangan sempat terhenti selamasepekan, total ada 95.000 penerbanganditunda di seluruh Eropa dan perlubeberapa pekan untuk bisa mengangkutseluruh penumpang yang terlantar. IATAmemperkirakan kerugian akibat pembatalan layanan terbang ini sebesar $1,7miliar atau sekitar Rp 15,3 triliun. Denganperkiraan kerugian sekitar US$ 200 jutaper hari.Enam hari pembatalan terbang menyebabkan jutaan penumpang batal berangkatserta kargo yang berisi makanan dansayuran membusuk di gudang. Para penumpang tidur dengan alas seadanya, mencari makanan dan minuman untuk bertahan hidup dengan keuangan yang terbatas, tidak dapat segera bertemu dengankeluarga, mengalami sakit dan kehabisanpersediaan obat selama terjebak di bandara, tidak dapat bekerja atau sekolah.Sampai hari ketiga meletusnya GunungEyjafjallajokull pada 14 April lalu, maskapai penerbangan masih bisa bersabar.Namun Sabtu (17/4), kesabaran merekahabis. Berbagai cara ditempuh agarmereka bisa terbang.Maskapai KLM-Air France, melakukanpenerbangan uji coba dengan pesawatkosong di ketinggian 10 sampai 13 kilometer meskipun langit Eropa Barat danUtara masih berstatus bahaya. Uji cobaserupa juga dilakukan oleh Lufthansa danAir Berlin dengan ketinggian bervariasidari 3 hingga 8 kilometer. Mereka tidakmenemukan kondisi yang membahayakanmesin jet pesawat. KLM-Air Francemengklaim jalur udara Eropa aman.Baru pada pada Senin (19/4) sejumlahpenerbangan mulai beroperasi. Itupunmengabaikan perintah otoritas keselamatan transportasi udara negara-negaraEropa yang masih kukuh memberlakukanlarangan terbang.Wakil Kepala Operasi Eurocontrol,badan yang mengatur lalu lintas udaranegara anggota Uni Eropa, Brian Flynnmengatakan, hanya empat ribu dari 20ribu jadwal penerbangan normal di udara.Bandara-bandara di Amsterdam, Frankfurt, dan Munich kembali beroperasi,diikuti bandara di London dan kota-kotadi Inggris lainnya pada Selasa (20/4).Jalur penerbangan baru dinyatakan amanpada 25 April, saat murka Eyjafjallajokullsudah reda.Pasca musibah ini, perusahaan asuransidi Amerika Serikat dikabarkan diserbupara nasabah yang mengklaim kerugianatas batalnya perjalanan mereka. Sepertidilaporkan New York Times, perusahaanperusahaan yang kebanjiran klaim adalahyang memasukkan unsur cuaca dalampolis mereka. Untuk kerugian jenis ini,penumpang pesawat terbang yang membeli polis mereka akan mendapat penggantian antara 150 hingga 250 dolar ASperhari hingga maksimal 1.500 dolar AS.Di AS, sekitar 30 persen pelancongmembeli polis asuransi, baik untuk perjalanan laut, udara, penundaan, atau pembatalan perjalanan yang disebabkan olehfaktor cuaca atau bencana. Menurutlaporan NYT, dalam kondisi normal,perusahaan asuransi di seluruh AS membayar klaim sekitar 1,6 miliar dolar ASuntuk polis premium tiap tahun.Kerugian juga dialami para wisatawanyang tertahan di Bali, Indonesia. Berdasarkan data PT Angkasa Pura I BandarUdara Ngurah Rai, tercatat sekitar 2.500wisatawan Eropa tidak dapat pulang kenegara asalnya (21/4). Ribuan wisatawanini berasal dari kawasan Eropa sepertiInggris, Jerman, Belanda, Italia, dannegara Eropa lainnya. Mereka memperpanjang masa tinggal dengan biaya ditanggung maskapai. Namun ada pula yangtinggal dengan biaya sendiri.Setelah minggu pertama Mei, abuvulkanik gunung Eyjafjallajokull diperkirakan tidak lagi mengganggu jalur penerbangan di sebagian besar wilayahEropa. Eurocontrol mengatakan, semuapenerbangan antara negara Eropa sudahbisa dilaksanakan. Namun untuk penerbangan dari Eropa menuju negara tujuanyang melintasi Samudra Atlantik diperkirakan akan sedikit terganggu. Hal inidikarenakan abu gunung Eyjafjallajokullkini bergerak ke arah selatan mendekatiwilayah udara Spanyol. Hingga kiniaktivitas Gunung Eyjafjallajokull masihterjadi. „ CIDApril Kelabudi EropaApril Kelabudi EropaD
                                
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56