Page 48 - Majalah Berita Indonesia Edisi 77
P. 48
48 BERITAINDONESIA, Juni 2010BERITA PUBLIKMenuju BandaraBerkelas DuniaSatu lagi akses internasional akan terbuka dari pintu gerbangwilayah barat dengan adanya pembangunan Bandara KualaNamu, Medan, Sumatera Utara. Kondisi saat ini sudahmencapai 50 persen. Direktur Operasional dan Teknik PTAngkasa Pura II, Tulus Pranowo, mengatakan, Bandaraberstandar dunia ini akan mengakomodasi kebutuhantransportasi udara di masa datang.embangunan bandara tidak lepasdari kebersaman yang Sinergiākomplementer dan ini akan memiliki prospektif multifungsi dankearifan living culture yang menggambarkan aspek strategis dan dinamika sosialekonomi yang berkembang cepat, bersatunya potensi dan kompetensi memberiwarna dalam perekonomian nasional danglobal.Bangunan yang memiliki ciri khas keanekaragam dalam simbol budaya daerahyang diaplikasi dalam keberagamanbudaya yang berseni cita rasa tinggi,semisal desain dan konstruksi sepertiyang dibangun di Bandara Kuala Namu,menunjukkan ragam khas daerah yangterkenal dengan perkebunan sawit yangdiaktualisasi ke dalam ornamen bangunandan menjadikan sebuah inspirasi dankhayal dari makna dan nilai keberadaanpohon sawit.Nuansa modern dan klasik seakan menyatu dengan alam, baik interior dan eksterior apalagi bahan yang digunakanmemiliki kualitas yang tinggi. Saat masukdi area bandara, gambaran sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia semakinjelas. Kesibukan di setiap sudut parakoreografi dan pekerja saling bekerjasama membangun. Sementara di sudutlain, berdiri bangunan kargo yang selesaidibangun. Bandara juga memberi keakrabankultural terhadap masyarakat lingkungannya, dimana budaya yang dimiliki menjadipesona bagi turis mancanegara untukdatang ke Indonesia, maka tidak berlebihan wajah bandara merupakan cerminawal perhatian internasional ke Indonesia.Peran bandara bukan saja dilihat dalamperspektif lalu lintas jasa, tapi wajah sebuah negara yang maju dan berbudaya tercermin saat berada di bandara. Selainaspek ekonomi yang mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah,antar daerah dan nasional. Untuk mendukung itu, rasa aman dan nyaman bagipengguna jasa penerbangan telah menjadiobsesi Angkasa Pura (AP) II.Bila bersaing di tingkat global, pembangunan Bandara Kuala Namu, di antarayang siap memasuki era kompetisi itu.Lokasi Bandara yang strategis dan dimungkinkan sebagai tempat hub internasionalbersaing dengan Bangkok, Kuala Lumpurdan Singapura. Bandara ini juga menjaditempat penyebaran pengguna jasa penerbangan ke berbagai kota tujuan di Indonesia.Salah satunya sebagai pendukungsektor pariwisata untuk Indonesia bagianutara maupun berbagai kepentinganbisnis ke berbagai daerah dan ke mancanegara.Bandara yang baru ini pembangunannya didanai oleh sumber daya lokalāPKondisi Bandara Kuala Namu, Medan, saat ini TAHAPAN PENGEMBANGAN Stage 1 Stage 2I. Landas Pacu (Runway) 3.000 x 60 m 3.750 x 60 m 3.750 x 60 m 3.750 x 60 mPesawat Terbesar B 747 - 400 A 380 A 380 A 380Pergerakan Pesawat 113.709/th 113.709/th 170.364/th 255.617/thII. Terminal Penumpang 90.000 m2 125.000 m2 170.000 m2 225.000 m2Kapasitas 8 juta/th 10 juta/th 15 juta/th 22 juta/thIII. Terminal Kargo 13.000 m2 13.000 m2 18.000 m2 27.000 m2Kapasitas 65.000 ton/th 65.000 ton/th 90.000 ton/th 115.000 ton/thIV. Area Parkir 20.000 m2 90.000 m2 140.000 m2 140.000 m2TAHAP I TAHAP II TAHAP III/ULTIMATERENCANA PEMBANGUNAN BANDARA KUALA NAMUSumber: Satker AP II Bandara Kuala Namu