Page 47 - Majalah Berita Indonesia Edisi 77
P. 47


                                    BERITAINDONESIA, Juni 2010 47BERITA PUBLIKfoto-foto: istHikkapi Siap Kembangkan PerkeretaapianPara pelaksana pembangunan perkeretaapian dituntutuntuk meningkatkan kemampuan penguasaan prasaranakereta terkini sesuai dinamika yang terus berkembang.enilaian cukup optimis mengenaiHimpunan Kontraktor Perkeretaapian Indonesia (Hikkapi) datangdari Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan, Tunjung Inderawan.Dia memandang asosiasi tersebut sebagaiwadah yang akan lebih fokus dan lebihmudah berkomunikasi untuk meningkatkan profesionalitas di bidangnya.Sebab menurut Tunjung, angkutankereta api (KA) memerlukan kecermatandan keamanan, baik dalam penempatanrel (track) maupun bantalannya (rollingstone), sehingga mau tidak mau parapelaksana konstruksi dituntut untuk bisabekerja secara profesional.Wadah inilah satu-satunya yang bisamemberikan fasilitasi bagi seluruh anggota Hikkapi. Profesional di dalam melaksanakan tugasnya, dalam pengerjaaninfrastruktur dan bantalan. Dia mengharapkan peningkatan kemampuan (capacity building) asosiasi tersebut karenateknologi KA selalu berkembang. Sedangkan bidang persinyalan semakin dinamissesuai dinamika teknologi yang berkembang.Tunjung tidak melihat banyak perubahan di dalam pembangunan prasarana lintasan KA (infrastructure). Boleh dikatakan sama. Tetapi pada segmen tertentu,misalnya jembatan KA mengalami sedikitperubahan paradigma yang mengarahdari pemeliharaan dengan semprotan antikarat (maintenance spray). Jika memungkinkan, diubah dari sambunganbaja bercelah menjadi jembatan pres jadi.Targetnya harus mengarah ke sana, kataTunjung. Ibaratnya, dari bintang kecilmenjadi bintang besar. Untuk kemajuanpembangunan prasarana, dia mengharapkan kerjasama yang lebih padu sesamaanggota Hikkapi.Sementara itu, Agus Gurlaya Kartasasminta, Dewan Pembina Hikkapi mengharapkan, asosiasi ini lebih fokus padabidang perkeretaapian. Menurut Agus,asosiasi tersebut patut mendapatkanapresiasi publik lantaran kemampuanpara anggotanya. Dan pada saatnya nanti,Hikkapi akan menjadi sebuah asosiai yangterkenal. Kantor sekretariatnya yangcukup representatif, kata Agus, membuktikan keseriusan para anggotanya untuk membesarkan nama asosiasi tersebut.Para anggota yang tadinya bergabungdi Gapensi, sekarang lebih fokus padaHikkapi. Keanggotaan di Gapensi punyacakupan yang cukup luas, tetapi di Hikkapi lebih kosentrasi di bidang pembangunan perkeretaapian sehingga asosiasiini akan mendapatkan apresiasi masyarakat.Ketua umum Hikkapi Abraham Mosemengatakan tujuan pembentukan Hikkapi agar pembangunan prasarana perkeretaapian di Indonesia semakin optimaldan dapat dipertanggungjawabkan baiksecara teknis maupun profesional. Dengan terbentuknya lembaga ini akanterbangun iklim persaingan yang sehatsehingga setiap kontraktor lebih fokus danprofesional dalam menjalankan pekerjaannya.Apalagi dengan diresmikannya kantorsekretariat Hikkapi, yang dilukiskannyasebagai komitmen asosiasi tersebut untukmeningkatkan peran anggotanya sehinggakemampuan membangun prasarana perkeretaapian semakin maju. Secara sistemmaupun kelembagaan, Hikkapi selaluberusaha maksimal agar semua anggotatanggap terhadap perkembangan, yaknipenguasaan teknologi yang semakinberkembang dan secara bertahap disesuaikan dengan perkembangan di negaramaju.Keberadaan Hikkapi, menurut Abraham, mendorong semua anggotanya agarmenghasilkan kinerja yang jauh lebih baikdan setiap kontraktor meningkatkankualitasnya. “Jika ada kontraktor bergerak di sektor perkeretaapian dan jikabelum menjadi anggota, kita terbukamenerima mereka menjadi anggota,”katanya.Selain pengurus pusat, Hikkapi didukung oleh 7 pengurus daerah (Pengda) diJawa dan Sumatera. Hikkapi mungkinberkembang ke provinsi-provinsi lainyang belum memiliki lintas kereta tetapipunya prospek pengembangan lintas KA,baik oleh pemerintah maupun swasta.“Kami siapkan pembentukan Pengda,seperti di Sulawesi dan Kalimantan,” kataAbraham.Dia menghimbau para anggota Hikkapidi mana pun agar beradaptasi dan mendukung kebijakan pemerintah dan turutmenyukseskan UU 23/2007. Dia jugamenghimbau sosialisasi, tidak hanyakepada anggota tetapi juga masyarakat,terutama yang bermukim berdekatandengan lintas kereta. Sasaran yang ingindicapai adalah Hikkapi sejajar denganasosiasi-asosiasi lain dan diakui secaranasional. „ RIPPERESMIAN: Dirjen Perkeretaapian Tunjung Inderawan (memotong tumpeng) didampingiAbraham Mose saat peresmian kantor Hikkapi.
                                
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51