Page 15 - Majalah Berita Indonesia Edisi 80
P. 15
BERITAINDONESIA, November 2010 15BERITA UTAMAjalan. Dipersiapkan sebanyak 15 corridorbus priority (busway). Sembilan koridordi antaranya bisa langsung siap diaplikasikan menjadi busway. Enam sisanya masihharus melalui modifikasi, seperti memperlebar jalan yang sempit dengan membebaskan tanah warga, atau mengambilsisi-sisi sungai kalau memang ada sungaiyang bisa dimanfaatkan. Atau, bila perludinaikkan ke atas menjadi elevated road.Namun, elevated road sangat berbiayamahal.Busway Koridor-1 mulai beroperasisejak 1 Februari 2004, mengambil jurusanBlok M-Kota. Di tahun 2005 tambah lagiberoperasi dua koridor yakni Koridor-2Pulogadung-Harmoni dan Koridor-3Kalideres-Harmoni. Kemudian hinggatahun 2007 telah dioperasikan tujuhkoridor. Semula direncanakan semuakoridor (15 koridor) sudah beroperasipada tahun 2010.Pengembangan angkutan umum massalberbasis rel terdiri light rail transit (LRT)yang ringan, dan heavy rail yang beratberupa subway. LRT yang disebut pulamonorel, semula direncanakan beroperasitahun 2007-2010. Terdiri dua jalur yaitugreen line yang bergerak memutar disepanjang lingkaran dalam kota dan blueline jurusan Kampung Melayu-TamanAnggrek.Sedangkan MRT yang tadinya diharapkan bisa terealisasi tahun 2010, itu bermula dari Lebak Bulus-Fatmawati-Blok Mterus langsung ke Kota. Dari Lebak Bulushingga Ratu Plaza MRT masih bersifat elevated, barulah sejak dari Ratu Plazaberubah menjadi subway, bergerak masukbawah tanah menembus Jalan Sudirmanhingga di Harmoni muncul kembali kepermukaan. Dari Harmoni MRT kembalimemanfaatkan jalur elevated.Kemudian, pengembangan angkutanumum massal berbasis air atau Waterways Transport, direncanakan memanfaatkan sungai-sungai yang sudah ada. DiJakarta terdapat minimal 13 aliran airmemiliki lebar antara 100-300 meter yangdapat dimanfaatkan menjadi waterwaystransport, sekaligus menjadi angkutanwisata dan waterfront city.Sungai-sungai itu seperti Banjir KanalTimur (BKT) mengaliri Cipinang-Lautsejauh 23,6 kilometer, Banjir Kanal Barat(BKB) mengaliri Petamburan-KapukMuara 9,2 kilometer, Banjir Kanal Selatan(BKS) mengaliri Karet Tengsin-CipinangCempedak 9,6 kilometer, Sodetan Ciliwung-BKT mengaliri Bidara Cina-Cipinang Besar Selatan 2,4 kilometer, Buaranmengaliri Cakung Barat-Duren Sawit 4,3kilometer, atau Cakung Drain mengaliriCakung Barat-Laut 11,9 kilometer.Ada manfaat lain yang ingin dikejarketika dia memasukkan fisik sungaisebagai basis ketiga angkutan umummassal. Yaitu, keseluruhan sungai menjadi terpelihara lebar dan tingginya.Rakyat tak lagi berkesempatan membangun rumah macam-macam, seperti wcterbang, atau ‘hotel perosotan’ di sepanjang bantaran kali. Warga juga tak sembarangan lagi membuang sampah termasukbuang hajat ke sungai. Demikian pulapengurukan sungai diharapkan tidakterjadi lagi.Sungai yang akan memberikan fungsiutama menanggulangi banjir, juga berfungsi sebagai alat transportasi. Fungsitransportasi justru dimanfaatkan untukmengontrol pemeliharaan sungai. Fungsiekonomis lain adalah pariwisata, yaknidengan memanfaatkan jalur sungai untukberkeliling menyaksikan Kota Jakarta,atau citytour dari atas kapal.Kawasan Dukuh Atas, Jalan Sudirman,Jakarta Selatan, akan menjadi simbol integrasi perlintasan tiga basis angkutanumum massal yang aplikasinya menghasilkan lima moda. Yakni moda kereta api,subway, monorel, waterway, dan busway.Untuk melengkapinya, dibangun berbagai sarana dan prasarana. Seperti, dipinggir-pinggir Kota Jakarta akan didirikan parking right. Dengan parking rightberbiaya terjangkau, pemilik kendaraanBodetabek tak perlu membawa kendaraannya memasuki Kota Jakarta. Cukupdiparkirkan di parking right, lalu soreatau malamnya diambil lagi. Dari parking right warga Bodetabek diskenariokanakan meneruskan perjalanan menaikikereta api, busway, monorel, subway atauwaterway menuju pusat kota.Di dalam kota sendiri sebagian besar onstreet parking akan dihapus, digantikanoff street parking atau building parkbertarif mahal. Hal ini untuk mengurangijumlah kendaraan pribadi berada didalam Kota.Lalu, setelah ketiga basis angkutanumum disediakan berikut sarana danprasarana fisik, kemudian akan adaaturan pembatasan lalu lintas atau traffic restraints. Traffic restraints dimaksudkan untuk mendukung penuh keberhasilan sistem bus priority (busway), LRT,MRT dan waterway.Di samping itu, terminal tak luput darirencana PTM Jakarta. Terminal, khususnya yang berfungsi ganda untuk dalamkota dan luar kota, seperti Pulo Gadungdipindah ke Pulo Gebang. Terminal inidikondisikan menjadi lebih menyerupaiplaza tempat untuk berbelanja atau shopping. Sehingga, siapa pun yang datang kesana akan serasa bukan mau masuk keterminal tetapi masuk ke plaza untukbelanja atau shopping pakaian dan segalamacam. Tetapi siapa pun yang mau pergike luar kota maka akan ada kendaraan keluar kota, demikian pula untuk yangdalam kota. Berdasarkan skenario angkutan umum massal Pola TransportasiMakro Jakarta itu, Sutiyoso berkeyakinankemacetan lalulintas Jakarta akan teratasi. BI/tslun tidak diimbangi dengan pertumbuhan ruas jalan, 2014 Jakarta macet total.