Page 30 - Majalah Tokoh Indonesia Edisi 20
P. 30
30 Q TokohINDONESIA 20 THE EXCELLENT BIOGRAPHYperkilometer, namun padaKoridor-1 Blok M-Kota,kreasinya hanyamembutuhkan biaya 1,50-1,75 juta dolar AS perkilometer.“Nah, maka diputuskanbusway itulah untuk basisangkutan jalan,” ujar Rustamlebih menjelaskan apa yangdikemukakan Sutiyoso,untuk menyakinkan bahwapilihan itu tak salah.Pengembangan angkutanumum massal berbasis relterdiri light rail transit (LRT)yang ringan, dan heavy railyang berat berupa subway.LRT yang disebut pulamonorel, akan operasionalpertamakali tahun 2007.Terdiri dua jalur yaitu greenline yang bergerak memutardi sepanjang lingkaran dalamkota dan blue line jurusanKampung Melayu-TamanAnggrek.Sedangkan MRT yang barubisa terealisasi tahun 2010,itu bermula dari LebakBulus-Fatmawati-Blok Mterus langsung ke Kota.Dari Lebak Bulus hinggaRatu Plaza MRT masihbersifat elevated, barulahsejak dari Ratu Plazaberubah menjadi subway,bergerak masuk bawahtanah menembus JalanSudirman hingga di Harmonimuncul kembali kepermukaan. Dari HarmoniMRT kembali memanfaatkanjalur elevated.Sekaligus AtasiBanjirPengembangan angkutanumum massal berbasis airatau Waterways Transport,akan memanfaatkan sungaisungai yang sudah ada. DiJakarta terdapat minimal 13aliran air memiliki lebarantara 100-300 meter yangdapat dimanfaatkan menjadiwaterways transport,sekaligus menjadi angkutanwisata dan waterfront city.Sungai-sungai itu sepertiBanjir Kanal Timur (KBT)mengaliri Cipinang-Lautsejauh 23,6 kilometer, BanjirKanal Barat (BKB) mengaliriPetamburan-Kapuk Muara9,2 kilometer, Banjir KanalSelatan (BKS) mengaliri KaretTengsin-Cipinang Cempedak9,6 kilometer, SodetanCiiwung-BKT mengaliriBidara Cina-Cipinang BesarSelatan 2,4 kilometer,Buaran mengaliri CakungBarat-Duren Sawit 4,3kilometer, atau CakungDrain mengaliri CakungVarat-Laut 11,9 kilometer.Ada manfaat lain yangingin dikejar ketika diamemasukkan fisik sungaisebagai basis ketigaangkutan umum massal.Yaitu, keseluruhan sungaimenjadi terpelihara lebar dantingginya. Rakyat tak lagiberkesempatan membangunrumah macam-macam,seperti wc terbang, atau‘hotel perosotan’ di sepanjangbantaran kali. Warga jugatak sembarangan lagimembuang sampah,termasuk buang hajat kesungai. Demikian pulapengurukan sungaidiharapkan tidak terjadi lagi.Sungai yang akanmemberikan fungsi utamamenanggulangi banjir, jugaberfungsi sebagai alattransportasi. Fungsitransportasi justrudimanfaatkan untukmengontrol pemeliharaansungai.Fungsi ekonomis lainadalah pariwisata, yaknidengan memanfaatkan jalursungai untuk berkelilingmenyaksikan Kota Jakarta,atau citytour dari atas kapalsebagaimana masyarakatbiasa telah memanfaatkanbusway pada hari SabtuMinggu untuk mutar-mutarmelihat Jakarta denganbermodalkan ongkos Rp2.500 saja.Terintegrasi diDukuh AtasKawasan Dukuh Atas,Jalan Sudirman, JakartaSelatan, akan menjadi simbolintegrasi perlintasan tigabasis angkutan umummassal yang aplikasinyamenghasilkan lima moda.Yakni moda kereta api,subway, monorel, waterway,dan busway.Kekuatiran yang timbul,Dukuh Atas akan menjadisangat ramai hinggasemrawut. Namun, Rustammemastikan hal itu tak akanterjadi sebab semua modaberada lalu lalang dalamsuatu kurungan, dalam satushelter sehingga kegiatanmanusia apapun tak akankeluar dari kurungan itu.“Jadi, mereka beli karcisdi dalam. Tidak ada kakilima. Mereka tidak sempatlagi berdiri berlama-lama,karena setiap perjalanankelima moda itu selaluberjalan dengan baik,” kataRustam yakin.Untuk melengkapinya,dibangun berbagai saranadan prasarana. Seperti, dipinggir-pinggir Kota Jakartaakan didirikan parking right.Dengan parking rightberbiaya terjangkau, pemilikkendaraan Bodetabek takperlu membawakendaraannya memasukiKota Jakarta. Cukupdiparkirkan di parking right,lalu sore atau malamnyadiambil lagi. Dari parkingright warga Bodetabekdiskenariokan akanmeneruskan perjalananmenaiki kereta api, busway,monorel, subway atauwaterway.Di dalam kota sendirisebagian besar on streetparking akan dihapus,digantikan off street parkingatau building park bertarifmahal. Hal ini untukmengurangi jumlahkendaraan pribadi berada didalam Kota.TrafficRestraintsSetelah ketiga basisangkutan umum disediakanberikut sarana danprasarana fisik, sesuaiskenario tibalah saatnyagiliran Pemda DKI Jakartamembenahi PolaTransportasi Makro dari sisipiranti lunak. Yaknimendayagunakan sejumlahperaturan daerahpembatasan lalu lintas atautraffic restraints. Trafficrestraints dimaksudkanuntuk mendukung penuhkeberhasilan sistem buspriority, LRT, MRT danwaterway.Payung hukumpembatasan lalu lintasdituangkan dalam Perda No.12 Tahun 2003 tentang LaluLintas dan Angkutan Jalan,Kereta Api, Sungai Danau,serta Penyeberangan diProvinsi DKI Jakarta, sertaSK Gubernur DKI JakartaNo. 84 Tahun 2004 tentangPenetapan Pola TransportasiMakro di Provinsi DaerahKhusus Ibukota Jakarta.Traffic Restraintsdibutuhkan sebab ada titiktitik tertentu di pusat KotaJakarta tempat dimana orangtumpah ruah dalam ruangdan waktu yang bersamaan.Misalnya di sepanjang jalanSudirman-Thamrin-Kota,atau di sejumlah pusatperdagangan, keramaian dansebagainya.Rustam memastikanbeberapa pembatasan yangsegera bisa diterapkanadalah sistem 3 in 1, sistemstiker, sistem ganjil-genap,area licensing system, roadpricing dan lain-lain.Sistem 3 in 1 akanditerapkan satu hari penuh.Di samping itu, adapenerapan sistem ganjilgenap. Sebagai misal, jikapada hari Senin kendaraanyang boleh lewat di jalurpembatasan lalu lintasadalah yang berpelat nomorpolisi akhir ganjil, maka padahari itu yang berakhirangenap tak boleh lewat.Demikian seterusnya, padahari Selasa kendaraan yangboleh lewat adalah yangberakhiran genap sedangkanyang ganjil dilarang.“Kalau peraturan itu kitaterapkan, keberhasilannya40% mengurangi banyaknyakendaraan pribadi lalu lalangdi sepanjang itu,” kataRustam merujuk contoh padajalur padat SudirmanThamrin.Road pricing bisa jugaditerapkan di sepanjang jalanSudirman-Thamrin,sebagaimana Orchad Road diSingapura. Di pagi harisetiap kendaraan yang lewatjalur road pricing harusbayar dahulu baru bolehlewat.Pembatasan lain adalah