Page 37 - Majalah Tokoh Indonesia Edisi 20
P. 37


                                    THE EXCELLENT BIOGRAPHY TokohINDONESIA 20 Q 37pusat kota. Saya yakin bisa, karenabanyak peminat investasinya. Selain itu,pelabuhan yang modern juga akan kitabangun .Konkritnya, pada tahun 2007 sudahbagaimana wajah transportasi KotaJakarta?Dalam hal monorail ada green line danblue line. Tahun 2007 green linemonorail sudah beroperasi. Green linenya saya harapkan sudah jadi. Greenline itu adalah rute yang sibuk dariKampung Melayu-Tanah Abang-ManggaDua sampai Senayan.Jadi itu akan menusuk Timur-Barat.Maksudnya apa? Supaya tetangga kitakalau masuk Jakarta tidak lagi dengan600.000 unit lagi kendaraan. Merekalebih baik naik kendaraan umum itu.Stasiun besar di batas-batas kotaakan ada. Akhirnya orang akanmeninggalkan kendaraan pribadinya.Nanti kalau Sabtu-Minggu, holiday time,baru dia jalan-jalan menggunakan mobilpribadinya sehingga bisa lebih hematpengeluaran masyarakat itu.Pekerjaan Monorail sepertinya jugaada kendala yang Anda hadapi, ya?Ada, ya biasalah proyek besar kan. Dimana-mana membangun infrastrukturyang melibatkan investor asing selalumeminta jaminan pemerintah daerahmupun pusat di negeri itu. Saya sudahsurvey di Manila, di Bangkok, selaluada sharing pemerintah walaupun kecil.Nah, mereka minta itu, wajar saja.Apalagi setelah ada ledakan di Marriott,ada ledakan di Kedutaan Australia, ituwajar saja. Dan investasi itu tidakharus pemerintah daerah yangmembayar. Saya bisa menarik investordalam negeri untuk berpartisipasi.Monorail sudah dimulai. Teknologiyang dipakai adalah teknologi Jepang,Hitachi, itu ternyata sangat mahal.Memang, barang baik pasti mahal.Namun, saya mencari, mereviewteknologi alternatif di Korea. Saya keKorea dan Cina. Setelah kunjungan itusaya akan putuskan teknologi yangakan dipakai. Dan saya yakinkanmasyarakat Jakarta monorail akhirnyaakan jadi.Dalam penerapan monorailbagaimana ketersambungannya denganbusway?Semua integrated. Anda dari titikmana ke titik mana selalu akan ketemukendaraan umum, semua integrated.Seperti di Dukuh Atas, sebuah contoh,di situ akan ada persimpangan limaantarmoda stasiun subway, busway,monorail, angkutan air dan kereta apiluar kota. Semua di satu stasiun.Salah satu masalah krusial lain diJakarta adalah banjir. Rencana Andamengatasinya adalah membangunKanal Timur dan Kanal Barat yangsebenarnya sudah lama direncanakantapi selalu belum berhasil. Ada nggakterobosan Anda di situ?Jadi begini. Kita kenali dulu yangmenyebabkan Jakarta banjir itu apa.Yang pertama ancaman dari sungai. Ada13 sungai yang mengancam Jakartamengalir dari selatan. Karena itu sungaiharus dikendalikan. Sebenarnyapengendaliannya tidak cukup di Jakartadengan kanal tetapi harus dikendalikandari hulu.Dengan cara membangun situ-situraksasa, danau-danau raksasa sebagaikantong-kantong air. Jadi pada saathujan di mana debit air tinggi,disalurkan ke situ-situ atau waduk.Sehingga air yang masuk ke Jakartasudah berkurang dan langsungdisalurkan lewat kanal.Situ dan waduk itu nanti berfungsijuga untuk olahraga, rekreasi danirigasi.Sebenarnya, Kanal Barat sudahdisumbang Belanda 30 tahun lalu. Tapisejak Bang Ali sampai Bang Yos tidakpernah bisa membangun Kanal Timur.Nah, sayalah yang mulai sekarang.Selain karena melewati lebih duapropinsi yakni Jawa Barat, Banten danDKI Jakarta, juga biayanya besar,seharusnya menjadi tanggungjawabpemerintah pusat. Jadi harus dibiayaioleh pemerintah pusat. Tapi kalaumengandalkan itu, nggak akan pernahjadi.Maka waktu pemerintahan IbuMegawati sudah terjadi konsensus,biaya Rp 5 trilyun itu ditopang olehpemerintah pusat separuh dan dariPemprov DKI separuh. Saya bagianmembebaskan lahan 27 kilometer lebihuntuk pelebaran 100 meter,menghabiskan dana Rp 2,4 trilyun.Cilakanya, rakyat meminta ganti rugipembebasan lahan itu kadang-kadangnggak kira-kira. NJOP-nya Rp 300 ribuWAWANCARA QBANG YOS BICARA LEPAS DAN LUGAS SAAT WAWANCARA Q ti/ht
                                
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41