Page 33 - Majalah Tokoh Indonesia Edisi 34
P. 33


                                    THE EXCELLENT BIOGRAPHY 34 TokohINDONESIA Q 33cendekiawan. Pokoknyamanusia karya.Saya mengajak (Almarhum) Sukamto Sayidiman,tidak mau, ya sudah sayajalan sendiri. Akhirnya sayamenjadi ketua pembina.Terus, waktu Mubes diPalembang, di sana sampaijam tiga malam memikirkanapa kelanjutan organisasiini? Saya tugaskan duaorang, sekarang masihhidup tapi sakit-sakitan,Adolf Rahman dan Suwignyo(alm) dari Perkaten,Perkebunan. Tapi macet.MTI: Akhirnya Andasendiri yang merumuskan?SHD: Tadi ‘kan sayabilang, inspirasi saya lebihtajam daripada otak saya.Ya, sudah SOKSI saja. ApaSOKSI itu? Pada waktu ituSentral OrganisasiKaryawan SosialisIndonesia. Tapi sosialisPancasila, bukan sosialisPSI. Mula-mula begitu. Jadi,di dalam SOKSI yangterpenting adalah kader,pengkaderan. Keliling kedaerah-daerah untukpengkaderan pemimpinbangsa, bukan kaderSOKSI. Walau oleh SOKSItapi ini untuk bangsa.Karena itulah, sampaibebe-rapa angkatan kaderkader SOKSI banyak yangmenjadi kader bangsa.MTI: Sepe-ninggal Anda,pamor SOKSI agak tenggelam. Kenapa?SHD: SOKSI ‘kan sudah30 tahun. Lalu sayawariskan ke OetojoOesman, waktu itu MenteriKehakiman. Mengapa? Salahsatu pertimbangan sayabukan karena otaknya, tapikarena leadership-nya. Diapunya duit, ya MenteriKehakiman. Sebab ketuaatau pimpinan tanpa duittidak baik karena akankurang berwibawa. Sebabkalau kader datang mintabantuan harus ada duit.Kalau tidak ada duit,janganlah. Tapi Oetojo tidakpernah melakukanpendidikan kader bangsa.Tidak pernah bikin kejutankejutan. Lalu anak sayaBobby yang di DPR,mengerti pikiran saya,ganti. Anak saya itu nalurinya tinggi. Intisarinya, kalauganti, penggantinya SyamsulMuarif. Ya, sudah, serahkan saja sama yang muda.MTI: Dalam DeklarasiPolitik SOKSI baru-baruini disebut-sebut perlunyareformasi jilid kedua. Bisadijelaskan?SHD: Jadi begini.Reformasi ‘kan sudah 8tahun. Tapi, apa hasilnya?Begini-begini saja. Kenapademikian? Reformasipertama yang saya katakanjilid satu adalah reformasi dibidang politik. Tapi ternyatasalah kaprah. Akhirnyajustru menimbulkan krisis,13 krisis. Krisis di bidangpolitik, sosial, ekonomi,hukum dan lainnya. Nah, inibundar, yang ke-13 itu ditengah yaitu budaya.Bundarannya adalah krisisbudaya. Budaya kita adalahbudaya tahu diri, tapi kitanggak tahu diri. Budaya kitaadalah budaya tahu malutapi kita nggak tahu malu.Korupsi, semuanya nggakmau tahu, tidak tahu malu.Budaya kita adalah budayanrimo, nrimo yang santuntapi serakah. Budaya kitahidup serasi, selaras,seimbang, tapi selalukonflik. Jadi reformasinyaharus ditingkatkan menjadireformasi budaya.Transformasi danreformasi budaya yangpernah tahun 1988 itu telahsaya lontarkan. Sekarangharus ada reformasibudaya, mental bangsa. Inikan sakit mental, sekarangkorupsi besar-besaran.MTI: Menurut Anda,situasi politik tahun depanseperti apa?SHD: Sekarang initantangan berat terjadi diberbagai bidang kehidupan:ekonomi, sosial, budaya,hukum, dan seterusnya.Keadaaannya sedemikianrupa, bencana alam punterus mendera. Terakhir iniada lumpur panas Lapindo,lalu asap. Ini sebenarnyagejolak alam. Jadi sulitpemilikan pribadi atas sarana produksi menghalangikemajuan manusia dan keadilan. Menurut mereka, masalahini harus diatasi dengan mengubah sistem kepemilikanbersama.Menurut Green, di dalam diri manusia pada hakekatnyaterdapat dorongan-dorongan sosial, dan bahwa seharusnyaada hubungan timbal balik antara individu dan komunitasnya.Suatu masyarakat liberal, menurut Green, mengakui adanyadorongan-dorongan sosial tersebut dan seharusnyamenciptakan kondisi-kondisi yang memungkinkanrealisasinya. Pendekar utama sosialime adalah Karl Marx, denganbukunya yang terkenal itu “Das Kapital” dan “ManifestoKomunis”. Teori mengenai perkembangan masyarakat danpandangan sosialisnya mendapat pengaruh dari filsafatdialektika George Wilhelm Friedrich Hegel. Menurut Hegel,kebenaran yang sempurna dari semua hal dapat ditangkapoleh pikiran manusia dengan cara dialektika. Yakni prosesberpikir dari tesis melalui antitesis menuju sintesis.Suatu tesis yang diajukan mengenai suatu hal tertentu pastibersifat tidak sempurna akibat ketidaksempurnaan manusia.Dan tesis juga terbatas oleh perspektif sejarah masanya.Karena ketidaksempurnaan itu, timbullah kritik-kritikterhadapnya dan pengeritiknya berusaha memperbaikikesalahannya dengan mengajukan tesis yang berlawanansebagai tesis kedua yang disebut dengan antitesis. Tapikarena antitesis ini juga tidak sempurna kebenarannya, makatimbul tesis ketiga yang disebut: sintesis, yang mengandungunsur-unsur kebenaran dari tesis pertama dan kedua.Tetapi dalam perkembangannya ternyata sintesis ini puntidak sempurna kebenarannya, sehingga proses dialektikapun mulai lagi dengan munculnya antithesis lainnya. Marxmengambil dialektika Hegel dan mengubahnya menjadi,“dialektika materialisme’ yang berasumsi bahwa kenyataanasasi merupakan persoalan yang selalu bergerak.Kenyataan selalu berada dalam suatu keadaan yang terusmenerus berubah, dan kemungkinan sangat dipengaruhioleh hukum gerak perubahan itu.Menurut Marx, proses dialektika tidak hanya terjadidalam ide, melainkan juga dalam masyarakat dan dalamW A W A N C A R A QSUHARDIMAN DIAPIT TIGA WARTAWAN TOKOH INDONESIA Q mti/wilsonTHE EXCELLENT BIOGRAPHY 34 TokohINDONESIA Q 33
                                
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37