Page 34 - Majalah Tokoh Indonesia Edisi 34
P. 34
34 Q TokohINDONESIA 34 THE EXCELLENT BIOGRAPHYETIditanggulangi. Artinya,memang harus kita lalui,suatu proses yang harusdijalani oleh bangsa ini,ujian. Mudah-mudahan sayasalah, tahun 2007 nantiakan banyak orang teriakteriak dan turun ke jalan,akhirnya pemerintah jatuh.Karena periodenya belumhabis, maka bisa dibentukpemerintahan sementara,presidium. Nah, daripresidium itulah nanti akanmuncul orang yang tidakdiduga-duga. Tidakdisangka-sangka munculsebagai pemimpin yangdiridhoi oleh Tuhan YangMaha Esa. Mula-mula sihbodoh, tapi diridhoi. Iniyang dinamakan SatrioPiningit.MTI: Bukankah SBYSatrio Piningit yangdimaksud?SHD: Bukan… bukan!MTI: Jadi Andamemperkirakan tahun2007 akan terjadiperistiwa dramatis?SHD: Mudah-mudahansaya salah. Ujian terberat dibulan Desember 2006 ini.Alam mengganggu, ekonomibegini, asap, penganggurandan sebagainya. Kalau SBYtidak bisa mengatasi, 2007nanti masyarakat akanturun ke jalan. Nggak bisadibendung dan saat itumuncullah Satrio Piningit.dunia kebendaan. Dasar pemikiran dari teori Marx yangdisebut materialisme dialektika, adalah bahwa segalasesuatu akan menimbulkan hal-hal yang berlawanan,bertentangan dan konflik satu sama lain. Hal-hal yangpada mulanya bersifat kontradiktif ini akhirnya timbulsemacam keseimbangan. Teori ini dipakai oleh Marx untukmenganalisa masyarakat. Menurut Marx, pada awalnyamasyarakat tidak mengenal milik pribadi dan tidakmengenal kelas; masyarakat seperti ini disebut komuniprimitif.Dalam perkembangan selanjutnya, masyarakat mulaimengenal dunia milik pribadi dan pembagian kerja, dankarena itu mengenal pula pembagian kelas-kelas sosial dalammasyarakat. Jadi masyarakat yang semula membentukkomuni primitif, pada suatu ketika menjadi masya-rakatberkelas, dan pada saat itulah gerak dialektis dimulai.Marx percaya bahwa sejarah dari semua masyarakatmanusia merupakan sejarah perjuangan kelas. Kapitalismetumbuh dari feodalisme. Dengan penemuan benua Amerikadan pembukaan pasar-pasar baru di seluruh dunia sebagaiakibat kemajuan pelayaran, industri dan perdagangan, makatatanan feodal lama mengalami kehancuran.Perkembangan kapitalisme mengakibatkan revolusi industriyang menimbulkan suatu kelas buruh industri modern, yangdisebutnya kaum proletar. Di bawah kapitalisme, tenaga kerjamenjadi komoditi yang diperjualbelikan, dan penerima upahmenjadi seorang budak perahan karena upah itu semakinlama semakin merosot. Jika dalam masyarakat feodalpertentangan terjadi antara kelas pemilik tanah dengan kelaspenggarap tanah atau antarkelas pemilik dengan kelas budak,maka dalam masyarakat kapitalis pertentangan terjadi antarkelas majikan dengan kelas buruh. Kalau dalam masyarakatfeodal pertentangan itu dimenangkan oleh kelas borjuis, yangkemudian membentuk masyarakat kapitalis, maka dalammasyarakat kapitalis pertentangan akan dimenangkan olehkaum proletar yang kemudian menciptakan masyarakat tanpakelas.Demikianlah pemikiran-pemikiran Karl Marx yangkemudian dikembangkan lebih lanjut para pengikutnya.Lenin, misalnya, menganggap bahwa dalam masyarakatberkembang petani mempunyai peranan penting di dalamrevolusi. Kaum buruh di negara berkembang belum kuatMTI: Satrio Piningit itukira-kira siapa? Sosoknyaseperti apa, bisadigambarkan?SHD: Belum bisa. Sepertinamanya, ya masih dipingitoleh Tuhan.MTI: Kembali ke masalah ketatanegaraan. SOKSIjuga menyatakan perlunyaamandemen UUD 1945yang kelima. Untuk apa?SHD: Jadi begini,kepemimpinan reformasi itukan Amien Rais, antara lain.Amien Rais itu kan namaArab, dalam bahasa Jawasebetulnya amino ora iso.Artinya, akhirnya gagal.Empat kali amandemen.Sekarang simpel saja, UUD45 seratus persen dibuatnegarawan. Negarawansemuanya. Kalau negarawanitu kan memikirkankepentingan bangsa dannegara, dan ini yang diubaholeh Amien Rais. Itulahpolitikus-politikus. Yang diDPR-MPR itu politikussemua. Politikus itu ‘kanuntuk kepentingan golonganatau kelompok.UUD 45 disalahkan, perludiubah, terjadilahamandemen. Sebenarnyabukan UUD 45–nya, tapimanusianya yang salahmenjabarkan. Dalamdisertasi saya tahun 1971saya sebutkan, untukmewujudkan UUD 45 ituberapa lama agar menjadikenyataan. Dalam disertasiitu saya sebutkan, bangsakita dijajah tiga setengahabad maka perlu ditebusdalam satu abad. Contoh,Amerika Serikat, didirikanoleh para pemimpinnya duaabad yang lalu. Terusrevolusi industri, itu jugasatu setengah abad, diPerancis juga di Inggris.Restorasi Meiji di Jepangjuga satu abad. Jadi sayategaskan penjajahan diIndonesia harus ditebusdalam satu abad. Sementaraini, perjalanan kita barusetengahnya. Maka sayamerasa yakin, karenaprosesnya harus kembali keamandemen yang kelima,dekrit, seperti Bung Karnodengan dekritnya kembalike UUD 45. Sekarang,siapa pemimpin yang beranidekrit?MTI: Anda menilai Presiden SBY tidak berani?SHD: Saya nggak bilangdeh. SBY itu seorangpemikir. Tapi yangdibutuhkan dari seorangpemimpin yang lima itu.Dekrit itu kan butuhkeberanian. Jadi, justrudekrit itu dari presidium.Masalahnya padapelaksanaan UUD 45 yangterus berkembang, tiapabad, tiap 10 tahun,berkembang. Yangsebenarnya, tiap-tiap pasaltermasuk pembukaan,mestinya pakai adendum,bukan diubah, tapi diberipenjelasan, bukan diubahtotal.MTI: Termasuk soalpemilihan presiden, masajabatan presiden?SHD: Ya, itu juga yangperlu kita pertanyakan.Berdasarkan UUD 45,seluruh lembaga negara itudiperintah dan diaturmelalui UU. Tapi lembagakepresidenan tidak diatur.Nah mengapa? DalamUUD 45 itu, menurut saya,yang paling berkuasa adalahMPR. Jadi tergantung MPRsendiri. Bisa saja barusebulan atau dua bulansudah bisa diganti karenadinilai tidak becus.MTI: Sebagai pelakusejarah, bagaimana Andamelihat kurikulumsekarang ini?SHD: Ketika Gus Durmenjadi presiden, belumada sebulan, sudah maumengganti Tap MPRS No.25/1966. Tapi kan lebihbagus mengubahpenjelasannya sedemikianrupa sehingga kita tidakdendam kesumat sampaisekian abad terhadap PKI,terhadap komunis. Harusada batasnya.Mengenai kurikulum,mula-mula ada duapemikiran. Ini perlu kitaQ SUHARDIMAN34 Q TokohINDONESIA 34 THE EXCELLENT BIOGRAPHYETI