Page 54 - Majalah Berita Indonesia Edisi 06
P. 54
BERITA IPTEK54 BERITAINDONESIA, Desember 2005nya kepada orang lain di seluruh dunia melalui jaringaninternet.Tidak tanggung-tanggung,blogger bahkan ikut dianggapsebagai jurnalis oleh keputusanpengadilan tinggi Amerika Serikat. Mereka menggolongkanblogger, yakni orang yang walaupun hanya duduk berpakaian piama di depan komputerpribadinya mempunyai hakperlindungan yang sama dengan penulis di media cetakperiodik. Senior Editor OnlineJournalism Review, J.D Lasicapernah menulis bahwa blogmerupakan salah satu bentukjurnalisme dan bisa dijadikansumber untuk berita.Bila kita amati, siapa punsekarang beramai-ramai membuat blog misalnya saja pakarbisnis dan manajemen (TomPeters.comdan hermawan.typepad.com),DUNIA ALTERNATIFBERNAMA BLOGAda ribuanbahkanratusan ribusitus ‘serius’tumbuh didunia yang kita sebut internet. Namun, beberapatahun belakangan ini bermunculan situs-situs ‘setengah serius’ yang isinya lebihbanyak bercerita tentang pengalaman hidup pemiliknya. Adakehidupan dan nafas yang bisadirasakan oleh para pengunjungsitus-situs tersebut. Istilah yangsering digunakan untuk menggambarkan isi situs ini biasanyaadalah online diary atau onlinejournal yang populer dengansebutan blog. Pemilik blog itusendiri biasa disebut blogger.Dalam dunia blog, kita menemukan kebebasan untuk menulis apa saja, dimana saja dankapan saja. Anak SD bahkan nenek-nenek punbisa menulis sesukanya mencurahkan isi pikirannya. Adayang memilih menulis pengalaman hidup sehari-hari, menuliskan kata cinta kepada orang yang ditaksir, mencaci makiorang yang dibenci sesuka hati,bahkan kisah yang bikin oranggeleng-geleng kepala karenasaking edannya.Blog yang merupakan kependekan dari weblog ini dalamperjalanannya, akhirnya berkembang, tidak sekadar menumpahkan pengalamanpribadi, tetapi jugadimanfaatkan untuk menyuarakan keadilan, sarana promosidan informasi produk perusahaan, atau mendekatkan diripemimpin/pemikir besar/penulis kepada pengagumnya.Blogger bahkan sudah menjadi‘wartawan’ yang mencari, mengolah, menyajikan, dan mensharing informasi yang ia puperusahaaninternetGoogle(googleblog.blogspot.com), Microsoft(blogs.msdn.com), artis (BarbraStreisand.com), The Guardian, harian terkemuka di Inggris(blogs.guardian.co.uk), WiredMagazine (blog.wired.com),Menurut pengamatan search engine Technorati, setiap hari muncul sekitar 8.000 - 17.000 weblog baru di internet. Weblog Technorati, yang memiliki fasilitassearch engine tersebut, telah melacak lebih dari tiga juta weblog untuk mendapatkan hasil riset. Lahirnya blog baru mencapai angka terendah 8.000 per hari.Artinya, sebuah weblog baru muncul di internet setiap 5,8 detik. Dari weblog yang ada di internet saat ini, 36 persen diantaranya berasal dari pengguna internetpersonal atau rumahan. Sementara 12 persen lagi berasal dari kalangan pengacara yang menuliskan komentar-komentarnya melalui weblog mereka. Jumlahpercakapan di weblog juga meningkat secara signifikan mencapai lebih dari 275.000 posting secara individual per hari. Rata-rata lebih dari tiga blog di-updatesetiap detiknya.Sementara itu, menurut survei yang dilakukan MIT awal tahun 2004 yang lalu, kebanyakan blogger memberikan identitas mereka sebenarnya. Sebanyak 55persen responden menyebutkan nama asli mereka di weblog, sementara 20 persen menggunakan nama alias, nama depan saja, nama panggilan, atau singkatankata.Dari hasil riset juga muncul kecenderungan blogger untuk tidak memberikan link ke blog lain. Kebanyakan lebih memilih mengisi blog-nya dengan ceritapribadi atau komentar. Sebanyak 83 persen responden menggolongkan entri mereka sebagai gaya cerita personal yang tak teratur gaya bicaranya. Sementara 20persen masih mempublikasikan artikel yang berguna atau link yang menarik. Dari kesemuanya, persentase terbesar link mengarah ke grup konseling keluargaatau blog pengacara yang memiliki harga jasa murah. (Sumber: komputeraktif.com)Blog, halaman website pribadi yangawalnya dijadikan pemiliknya untukmemaparkan pengalaman pribadinya,mencatatkan apa yang ditemuinya,menginformasikan apa yangdiketahuinya baik itu dalam bentuktulisan, gambar atau foto, bahkanyang terkini dengan suara (audio)kini mulai dianggapsebagai media baru. Blog sudahmenjadi perwujudan daridesentralisasi informasi dimanamedia massa luruh ke tanganindividu, dan masingmasing individumenjadi medianyasendiri.SETIAP 5,8 DETIK MUNCUL BLOG BARU