Page 53 - Majalah Berita Indonesia Edisi 60
P. 53


                                    BERITAINDONESIA, 26 September 2008 53Lingkaran Bisnis dan Pelayanan KAPerkembangan perkeretaapian di belahan dunia, baik dinegara maju, termasuk negara berkembang seperti Indonesia, memiliki satu persamaan yakni mengoptimalkanoperasional dan mengembangkan aset perusahaan.dipersiapkan divisi property menjadi anakperusahaan. Menyusul, Reska dan Jabotabek yang lebih dulu menjadi anak perusahaan.Seperti di Jabotabek, mengantisipasijumlah penumpang yang semakin berkembang, dari 500 ribu orang sampai 700ribu orang per hari, dimana 2-3 tahun kedepan diperkirakan mencapai angka 2,1juta penumpang per hari.peningkatan pelayanan kereta apiselama ini?Peningkatan pelayanan KA sebenarnyalebih maju, tapi orang mengatakan KAselalu kumuh dan KA sering terlambat,tapi tidak melihat KA yang tepat berangkat dan sampai tujuan sesuai jadwal.Memang diakui di era globalisasi sepertisekarang ini, kita belum mampu mendorongdengan kuat sesuai harapan. Melalui berbagaipeningkatan pelayanan diharapkan padatahun 2009 meningkat maju.Apa strategi meningkatkan okupansi angkutan penumpang danbarang?Bisa dijelaskan pola penentuan tarifkereta api pada angkutan lebarantahun ini?Penggunaan tarif atas dan bawah, dimanapada hari-hari biasa, sesuai mekanismepasar, seperti jurusan Jakarta-Surabayamenggunakan jasa penerbangan Garuda,tarif mencapai Rp 1 juta lebih, sementaraKA berkisar Rp 200 ribuan sampai Rp300 ribuan atau seperempat dari hargatiket Garuda. Untuk tarif angkutan lebaran, dengan rute yang sama, Garudaberkisar Rp 2 juta, sementara KA tetapberkisar seperempat dari tarif itu. Tarif KAekonomi tetap mengacu kepada ketentuanpemerintah. Kondisi pasar yang semakinkondusif ini bisa dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan pelayanan.Sejauhmana tolok ukur dan artiMeningkatkan okupansi penumpang danbarang, harus ada aturan yang jelas.Misalnya, kendaraan dengan tonasesekian ton dilarang menggunakan jalanraya dan diarahkan alternatif lain sepertimenggunakan KA sebagai alat angkutatau moda angkutan lain.Apa penyebab anjlokan KA yangmasih terjadi belakangan ini?Banyak faktor, dari prasarana, saranamaupun human error. Tapi semua inisedang kita lakukan langkah-langkahantisipasi, agar selama Lebaran ini tidakterjadi hal-hal yang tidak kita inginkanbersama, seperti adanya anjlokan. Semuakita koordinasikan sebaik mungkin. Padaangkutan lebaran tahun ini, penggunajasa KA dapat terangkut dengan baik dansemoga selamat sampai tujuan. „ RIal tersebut tidak lepas dari fungsiperkeretaapian itu sendiri. Dibanding usaha lain, perusahaanyang bergerak di atas bantalanbaja ini memiliki ruang bisnis multifungsi. Di antaranya jalur KA, perawatan,operasional KA sampai menjual tiket dilakukan secara sendiri. Berikut penjelasanDirut PTKA, Ronny Wahyudi kepadaSamsuri dari Berita Indonesia.Bagaimana Anda melihat kereta apidari sisi kompetitif?Isu mutakhir yang berkaitan dengantatanan transportasi nasional adalahkemacetan serta tingginya tingkat kerusakan jalan raya di berbagai daerah danditambah isu semakin menipisnya cadangan minyak bumi.Dalam skala global, isu pemanasan globalyang diikuti ketidakpastian perubahaniklim semakin mendorong untuk mencarialternatif moda angkutan hemat energidan tingkat polusi yang rendah.Semua itu semakin menempatkan posisikereta api sebagai moda angkutan dambaan masa depan. Dan kereta api merupakan moda angkutan yang memilikikeunggulan dan bisa mencapai berbagaitujuan dari pinggir hingga ke pusat kota,serta adaptif terhadap perkembanganteknologi. Dan sekarang pensiunan pegawai KA bisa menikmati dana pensiunnya.Apa makna UU 23/2007 bagi PTKA?Lewat UU 23/2007, pemerintah memberikan waktu ke PTKA selama 3 tahun,tepatnya tahun 2010 agar PTKA semakinsehat. Adanya revitalisasi, PTKA akanmendapat bantuan Rp 6 triliun dalambentuk pembangunan perkeretaapianmelalui Departemen Perhubungan, totalkeseluruhan mencapai Rp 19 triliun.Melalui UU itu diharapkan dapat merangsang minat swasta maupun pemerintahdaerah masuk dalam bisnis perkeretaapian. Artinya, menghadapi berbagaiperubahan dan kondisi apapun, baikekonomi maupun politik tetap optimis,serta cerdas mencari berbagai peluangbisnis, bagaimana angkutan penumpangdan barang untuk Jawa dan Sumaterasemakin berkembang.Sejauhmana pengembangan bisnis?Di samping bisnis inti dari pendapatanoperasional kereta api dan bisnis pendukungdengan mengoptimalkan aset-aset milikperusahaan, maka untuk itu, kini sedangHPERESMIAN: Presiden SBY didampingi Ronny Wahyudi, Dirut PT.KA pada saat peresmianjalur ganda di Serpong beberapa waktu lalu.foto: ist
                                
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57