Page 24 - Majalah Berita Indonesia Edisi 73
P. 24
24 BERITAINDONESIA, Januari 2010BERITA UTAMAfoto: vivanews.comyang dilakukan setelah pengambilalihanbank ini oleh pemerintah. Berawal dariperubahan manajemen, dilanjutkan pencanangan spirit metamorfosa, perubahanvisi-misi, perubahan corporate culture,pencanangan business plan dan strategibaru. “Semuanya itu merupakan upayauntuk pemulihan dan penyehatan Mutiara Bank,” jelas Maryono.Di bawah kendali manajemen baru,Mutiara Bank (d/h CenturyBank) mencoba memantapkan visi “Menjadi BankFokus Terbaik Pilihan Masyarakat.” Sebuah bank yang kegiatan usahanya fokuspada segmen retail tanpa mengabaikansegmen lainnya. Berobsesi menjadi bankterbaik yang mampu memberikan standarpelayanan yang berkualitas dan mampumemberikan jasa perbankan yang menguntungkan. Sehingga diharapkan bankini menjadi pilihan masyarakat karenadapat menjadi tempat berinvestasi yangaman dan terpercaya bagi nasabah daninvestor. Serta menjadi pilihan tempatkerja yang terbaik bagi karyawan untukberkarya.“Ke depannya berbagai strategi dan program telah disiapkan oleh manajemenbaru untuk dapat menjadikan MutiaraBank (d/h CenturyBank) sebagai bankfokus terbaik pilihan masyarakat danmenjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia yang aman, terpercaya memilikilayanan istimewa, menghasilkan produkproduk berkualitas, investasi yang berharga dengan performa terpercaya, bersihdan kuat sesuai dengan filosofi mutiara,”jelas Maryono.Seiring dengan perubahan nama menjadi Mutiara Bank, selain pemantapan visidan misi, telah dilakukan pula perubahanfisik yang kasat mata seperti seragamkaryawan, hingga perubahan layananseperti: perubahan proses pemberiankredit, pengembangan teknologi IT,inovasi berbagai produk baru perbankanserta service excellent untuk nasabahseperti: call center, fasilitas ATM Bersamayang memiliki 17.000 anjungan, dansebagainya.Dalam tata kelola perusahaan, manajemen berusaha melakukan perubahankewenangan, pengelolaan bank denganprinsip Good Corporate Governance(GCG), penerapan manajemen risiko yangbaik, dan sebagainya. Berbagai peningkatan infrastruktur, program dan produktersebut akan dilakukan untuk mewujudkan visi menjadi bank terbaik pilihanmasyarakat.Pembaruan yang dilakukan mencakupberbagai aspek, antara lain aspek identitaskorporasi, strategi komunikasi, arahandan pelaksanaan bisnis, budaya perusahaan, corporate personality, karakterbisnis, pendekatan pasar dan nasabah,pengembangan strategis, sistem, businesschannel, solusi korporasi dan bisnis,produk kompetitif, dan relationship.Berkaitan dengan pembaruan misi,MutiaraBank memberikan yang terbaikdengan mengutamakan pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan nasabah secara optimal, serta akan menjadi bank fokusterdepan dengan SPIRIT sebagai corevaluenya. SPIRIT merupakan perwujudandari Service Excellence, Professionalism,Integrity, Relationship, Innovative, danTrust.Mutiara Bank akan fokus pada empatsegmentasi bisnis. Untuk segmen Treasury & Government Funding, dimanaMutiara Bank akan menjadi bank yangdapat menyediakan kebutuhan produktreasury utama dan lengkap yang mendukung pengembangan bisnis nasabahutama dan menjadi salah satu bankpenyedia layanan transaksi bagi institusipemeritahan. Sementara untuk segmenSmall & Medium Enterprise, MutiaraBank akan menjadi bank utama di segmenSME dengan fokus pada wilayah dimanacabang berada dan etnis tertentu, jugaakan menjadi transaction bank untuknasabah segmen SME.Untuk segmen Consumer, MutiaraBank akan menjadi bank pilihan dalamlayanan pembiayaan segmen konsumtifdengan penawaran produk yang menarikdan kompetitif, serta sebagai mitra utamapilihan pembiayaan kredit konsumtif olehperusahaan keuangan di Indonesia.Sedangkan pada Retail Funding, MutiaraBank akan menjadi pilihan dalam memenuhi layanan kebutuhan transaksiuntuk mass affluent serta menjadi bankpenyedia jasa layanan prima khususnyakepada kelompok nasabah utama.Saat ini Mutiara Bank telah memiliki 56kantor dengan 26 Kantor cabang, 25kantor cabang pembantu, 5 kantor kasdan 54 ATM yang tersebar diberbagaidaerah. Total karyawannya berjumlahlebih dari 1.480 orang.Direktur Utama Bank Mutiara Maryono, saat jumpa pers, di Jakarta, Kamis(26/11/2009) mengatakan, kantor cabangbaru itu nantinya akan dibuka di sejumlahkota di Pulau Jawa dan Kalimantan yaknidi Semarang, Bandung, dan Jakarta sertaBalikpapan dan Pontianak. Sementaraproduk-produk yang menjadi unggulanperseroan masih tetap pada produktabungan, giro dan deposito. “Deposito divalas atau bank note itu jadi unggulan,karena dari situ kita hasilkan fee based income yang besar yaitu Rp1 miliar perbulan dari bank note,” jelasnya.Kembalikan Rp 6,7 TriliunSetelah diambilalih pemerintah melaluiLPS dengan mengucurkan dana talangansebesar Rp.6,7 triliun, Bank Mutiara harusdapat bangkit menjadi bank terpercaya.Direksi baru dituntut harus berkemamDireksi Bank Mutiara secara simbolis menyerahkan buku tabungan kepada nasabah utama