Page 14 - Majalah Berita Indonesia Edisi 82
P. 14
14 BERITAINDONESIA, Februari 2011BERITA UTAMACikampek, Cirebon, Tegal, Semarang,Gambringan, Pandangan dan Surabaya)yang dapat ditempuh dalam tiga jamperjalanan. Juga KA cepat JakartaBandung dengan panjang lintas 172 Km(jalur ganda) menyinggahi tiga stasiun(Jakarta, Cikampek, Bandung) yangditempuh dalam satu jam perjalanan.Juga pembangunan lintas kereta api diSumatera sepanjang 5.459 km, Kalimantan sepanjang 3.556 Km, Sulawesi 2.684KM dan Papua yang menghubungkanSorong-Manokwari-Nabire-Timika danSorong-Manokwari-Nabire-Sarmi-Jayapura.Soemino, menjelaskan, pembangunanlintas kereta api di Sumatera meliputiprioritas tinggi dan prioritas sedang.Prioritas tinggi: (1) Besitang-Banda AcehUleeulee sepanjang 484 Km diperkirakanberbiaya 538 juta US dolar; (2) DuriPekanbaru- Muaro Bungo sepanjang 397Km berbiaya US$ 1.313; (3) Teluk Kuantan-Muaro Bungo sepanjang 370 Kmberbiaya US$ 914; (4) Betung-Simpang 65KM berbiaya US$ 175; (5) SimpangTanjung Api-Api 87 Km berbiaya US$515; (6) KM 3-Bakauheni 70 KM berbiayaUS$ 191; dan (7) Teluk Kuantan-MuaroBungo-Jambi 370 Km berbiaya US$ 910.Sedangkan rencana pembanguanan lintaskereta api prioritas sedang adalah (1)Rantauprapat-Duri-Dumai 246 km berbiaya US$ 1.257; dan (2) Jambi-Betung188 Km berbiaya US$ 556. (Perkiraanharga sesuai hasil Studi Sumatra RailwayDevelopment Project (ADB-1089 Jakarta).Begitu pula pembangunan lintas keretaapi di Kalimantan meliputi prioritastinggi, sedang dan rendah. Prioritas tinggimeliputi lintas: (1) Samarinda-Balikpapan 103,5 km berbiaya US$ 146,9; (2)Bontang-Samarinda 69 km berbiaya US$98; (3) Banjarmasin-Palangkaraya 138 kmberbiaya US$ 201,2; (4) SamarindaTenggarong-Kotabangun 78 km berbiayaUS$ 111,2; (5) Sambas-Kuching (Malaysia) berbiaya US$ 176,2; dan (6) Pontianak-Mempawah-Singkawang-Sambas175.5 berbiaya US$ 247,7.Pembangunan lintas kereta api prioritas tinggi di Sulawesi adalah ManadoBitung 48 km berbiaya US$ 104 danMakassar-Pare Pare 128 km berbiaya US$258.Pendapat senada juga dikemukakanSyaykh al-Zaytun AS Panji Gumilang.Bahkan, Panji Gumilang menambahkanprioritas tinggi adalah membuka lintaskereta api Sumatera-Jawa-Bali. MenurutPanji Gumilang, selain mengoptimalkanlintasan yang sudah ada dan menghidupkan lintasan yang sudah mati, perlupembangunan infrastruktur lintas baru.Terutama membangun terowongan lintaskereta api bawah laut Selat Sunda sepanjang kurang lebih 31 km. Terowongan KAbawah laut Selat Sunda itu dibangundouble track dengan teknologi high speedtrain dan automatic train stop.Menurut Syaykh al-Zaytun, revitalisasiperkeretaapian ini akan mengurangibeban jalan raya. Peran kereta api tidakhanya meningkat sebagai angkutan massa (penumpang) tetapi juga barang. Maka,menurut Panji Gumilang, perlu menghidupkan jalur-jalur menuju pelabuhan,dan menghubungkan jalur kereta api kepusat-pusat industri.Sementara Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, secara umumprogram revitalisasi perkeretaapianselama ini fokusnya pada pembangunanprasarana dan sarana baik di perkeretaapian Sumatera, Kereta Api (KA) Perkotaan Jabotabek maupun Perkeretaapian Jawa. Freddy mengungkapkandalam kurun 5 tahun ini perkeretaapiantumbuh 8-10 persen. Artinya, perhatianpemerintah terhadap layanan publikmakin baik. Indikatornya, antara lainbertambahnya jumlah kereta, sepertikereta ekonomi AC Bogowonto sertaberbagai jenis kereta api ekonomi, danpembangunan track yang tersebar diSumatera dan Jawa.Menurut Freddy Numberi, berbagaiterobosan telah dan akan dilakukanpemerintah. Sekarang ini, ungkapnya,Pemda sudah diperbolehkan memilikikereta api sendiri. Bahkan, menurutNumberi, kalau Pemda dan pengusahaingin punya kereta pribadi, seperti memiliki pesawat pribadi, sudah dibolehkan.Tapi, perlu dilihat jalur dimungkinkanuntuk itu. “Misal, jalur Bogor-CianjurSukabumi atau Wonogiri-Solo,” jelasFreddy Numberi.Sejalan dengan komitmen PresidenSusilo Bambang Yudhoyono, kata Numberi, dimana pada tahun 2014 Indonesiaharus mampu mengurangi emisi gasbuang 26 persen, sekarang harus dipikirkan usaha menyamakan persepsi untukmengalihkan transportasi dari jalan rayake KA.Sementara itu, Dirjen PerkeretaapianKementerian Perhubungan TunjungInderawan mengatakan, program utamaDitjen Perkeretaapian adalah mendorongperformance perkeretaapian Indonesiadan pelayanan KA semakin baik. KarenaKA merupakan moda transportasi yangmemiliki keunggulan dibanding modayang lain, seperti konsumsi bahan bakar,emisi dan kapasitas muat.Tunjung Inderawan berharap ke depankebijakan pemerintah dalam hal pendanaan akan lebih berpihak pada kereta api.Dia juga berharap agar kereta api menjadipilihan utama bukan sebagai alternatif.Dengan adanya penghentian subsidiBBM, dia berharap mendapat tambahandana, baik untuk revitalisasi, reaktivasimenuju percepatan pembangunan perkeretaapian.Menurut Tunjung, revitalisasi danreaktivasi menjadi program pemerintahsejak awal. “Pemerintah telah berupayamelakukan berbagai kebijakan dan strategi untuk meningkatkan performanceperkeretaapian, antara lain menerbitkanNorma Standar Prosedur (NSP), maintenance dan low performance dan setiapmasinis wajib memiliki sertifikat dalammenjalankan tugasnya.Pemerintah juga telah mengeluarkanPeraturan Pemerintah sebagai aplikasiUU 23/2007. Dengan demikian, saat iniera sudah berubah, baik yang menyangkut prasarana maupun sarana. BI/CRS-RIDirjen Perkeretaapian Tunjung InderawanPanji Gumilang mengat anji Gumilang mengatakan,perlu membangun infrastruktur lint tur linttur lintas baru. T as baru. Tas baru. Terutamamembangun Trans Sumat rans SumateraJawa-Bali Railways (TSJBRailways) yang dihubungkanterowongan KA bawah laut ah lautSelat Sunda sepanjangkurang lebih 31 km dan 1 km dan1 km danterowongan KA Selat Bali. ongan KA Selat Bali.Terowongan KA bawah laut ah lautitu dibangun itu dibangun double trackdengan t dengan tdengan teknologi eknologi eknologi high speed high speedhigh speedtrain dan automatic trainstop.foto: dok.berindo