Page 17 - Majalah Berita Indonesia Edisi 82
P. 17
BERITAINDONESIA, Februari 2011 17BERITA UTAMATsugaru yang menghubungkan provinsiAomori di pulau Honshu dan pulauHokkaido dan merupakan bagian dariKaikyo Line of Hokkaido Railway Company.Demikian pula pembangunan terowongan lintas KA Selat Sunda dan SelatBali. Terowongan KA Selat Sunda akanterintegrasi dengan Tirta Sangga Jaya(TSJ) - kanal air penyangga Jakarta Raya,yang multi fungsi, dan terintegrasi puladengan pengembangan Ibukota JakartaRaya. Kanal Tirta Sangga Jaya itu berbentuk huruf U membentang sepanjang240 km (60 + 60 + 60 + 60 km) dan lebar100 meter dengan titik sentral di kawasanCibinong, mengalir ke Barat, sampai diCikupa dan Mauk (Tanjung Kait), serta ketimur sampai Tanjung Jaya, Karawang.Semua kawasan yang dihubungkan olehkanal TSJ yang berbentuk huruf U itudiintegasikan menjadi Ibukota Raya(Jakarta Raya).Pada sisi kiri-kanan kanal TSJ itudibangun jalan tol dan rel lintas keretaapi. Lintasan kereta api tersebut terusberlanjut masuk terowongan bawah lautSelat Sunda dari Mauk, Tanjung Kait,Banten sampai ke Ketapang, Lampung.Kemudian dari Ketapang terus memanjang sampai Banda Aceh. Demikian pula,dari Mauk Banten terus memanjanghingga Ketapang, Banyuwangi, JawaTimur, lalu masuk terowongan bawah lautSelat Sunda sampai Cilimanuk, Bali.Kemudian dari Cilimanuk dilanjutkansampai Denpasar.Gagasan Syaykh al-Zaytun ini sekaligusmendukung rencana pemerintah membangun jalur ganda Kereta Api TransSumatera (Trans Sumatera Railway) danpembangunan jalur ganda Lintas Utaradan Selatan Jawa. Menurut MenteriPerhubungan Freddy Numberi pembangunan jalur kereta api Trans Sumateraakan dilakukan dengan sistem dua arah(double track) dan disandingkan denganpelabuhan-pelabuhan maka percepatanpembangunan di Sumatera akan semakinberkembang pesat.Total panjang rel Trans Sumatera Railway mencapai 2.747 kilometer. Saat ini,railways yang masih existing hanya 596kilometer, yakni Besitang- Rantau Prapat(Sumatera Utara) sepanjang 196 km danPalembang-Lampung sepanjang 400 km.Selebihnya yang akan dibangun sepanjang 2.151 km meliputi Banda AcehBesitang sepanjang 484 kilometer, Rantau Parapat-Duri-Dumai (246 km), DuriPekanbaru-Teluk Kuantan-Muaro (397km), Teluk Kuantan-Muara Bungo-Jambi(370 km), Jambi-Bengkulu-PalembangTanjung Api-api (340 km), KilometerTiga-Bakauhuni (70 km) dan TebingTinggi-Bengkulu sepanjang 244 kilometer. Dengan perkiraan dana mencapaiUS$ 7,092 miliar.Pemerintah merencanakan pembangunan railways dari Palembang, Jambi,Muaro, Pekan Baru, Duri hingga RantauPrapat sepanjang 1.353 km dengan alokasi dana sebesar Rp57,3 triliun yangakan dimulai tahun 2012. Kemudiandilanjutkan rel lintas Besitang-BandaAceh sepanjang 484 kilometer denganalokasi dana sebesar Rp.5 triliun yangdiperkirakan selesai pada 2019.Demikian pula pembangunan (peningkatan) Jalur Ganda Lintas Utara danSelatan Jawa akan terus dilanjutkan,terutama mulai tahun 2012. Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan,Tundjung Inderawan mengatakan dibutuhkan biaya Rp.9 triliun untuk menuntaskan pembangunan jalur ganda (doubletrack) rel kereta api lintas utara dariJakarta hingga Surabaya. Dana itu sudahtermasuk untuk revitalisasi jalur-jalurkereta, penggantian bantalan rel, perbaikan lengkungan rel, dan lainnya.Saat ini jalur kereta api yang sudahberjalur ganda adalah Jakarta-Cirebon,Yogyakarta-Solo, sebagian jalur gandaTegal-Pekalongan, dan PurwokertoPrupuk. Menurut Tunjung, saat ini jalurkereta api yang harus dibangun rel gandasepanjang 400 kilometer.Ada tiga segmen jalur ganda dari Cirebon hingga Kroya. Segmen pertamaCirebon (Jawa Barat)-Prupuk (JawaTengah) sepanjang 74 kilometer. Segmenkedua Prupuk- Purwokerto sepanjang 56kilometer dan segmen ketiga Purwokera-Bali RailwaysMaket Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakartafoto-foto: repro