Page 16 - Majalah Berita Indonesia Edisi 82
P. 16
16 BERITAINDONESIA, Februari 2011BERITA UTAMAengan tetap mengapresiasirencana pembangunan jembatan Selat Sunda yang akanmenghubungkan antara pulauJawa dan Sumatera sepanjang 29 s/d 31km, serta jalan tol trans Sumatera danJawa, Syaykh memandang pemerintahperlu lebih memprioritaskan pembenahan infrastruktur transportasi massa,khususnya kereta api.Panji Gumilang memaparkan bahwapada masa penjajahan Belanda, sampai1939, panjang jalan KA di Indonesia telahmencapai 6.811 km. Tetapi, ironisnya saatini, setelah 66 tahun Indonesia merdeka,jaringan jalan rel yang beroperasi malahmerosot hanya 4.360 km.Dengan tidak perlu saling menyalahkan, apalagi menuding kebohongan,tentang kenapa hal ini terjadi, SyaykhPanji Gumilang mengajak seluruh lapisan masyarakat bergerak aktif membangun diri sendiri, membangkitkan karaktermembangun dan sekaligus membangunbangsa dan negara RI tercinta. “Maribersama-sama menggiatkan gerakanmasyarakat Indonesia membangun,”serunya dalam percakapan dengan BeritaIndonesia (Kamis, 20/1/2011).Dia menyerukan agar seluruh lapisanmasyarakat bersatu-padu dengan pemerintah untuk membangun negeri. Persatuan, menurutnya merupakan syaratutama untuk membangun bangsa ini.Salah satu prasarana untuk mendukungmakin tingginya rasa persatuan itu adalahdengan membangun akses komunikasidan transportasi antarpulau di seluruhNusantara.Salah satu yang harus menjadi prioritas tinggi, menurutnya, adalah pembangunan terowongan kereta api bawah lautSelat Sunda dan Selat Bali untuk menghubungkan Lintas Kereta Api SumateraJawa-Bali. Selain mengoptimalkan,menghidupkan kembali dan membangunlintas kereta api baru di seluruh pulaubesar dan sedang di Nusantara, jugaperlu menghubungkan antarpulau. Prioritas pertama, menurutnya, terowonganlintas KA bawah laut Selat Sunda, sepanjang kl 31 km dari Mauk, Banten (PulauJawa) atau Merak sampai ke Ketapang,Lampung (Pulau Sumatera) serta terowongan KA bawah laut Selat Bali sepanjang kurang lebih 2 km dari Ketapang,Banyuwangi sampai Cilimanuk, Bali.Syaykh Panji Gumilang memberi contoh Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan jalur rel kereta api sepanjang53,85 km di Jepang, dimana 23,3 kilometer berada sekitar 140 meter di dasar lautatau dengan kedalaman 240 meter (790kaki) di bawah permukaan laut. Terowongan Seikan ini berada di bawah SelatTrans Sumatera-JawaDisambung Terowongan KA Selat Sunda dan Selat BaliTerowongan Kereta ApiSyaykh Al-Zaytun Panji GumilangSyaykh Panji Gumilang yang pernah menyampaikangagasan pembangunan kanal Tirta Sangga Jaya (TSJ)atau Kanal Penyangga Jakarta Raya, untuk menguraidan menyelesaikan masalah Ibukota Negara secaraholistik, kali ini menetaskan gagasan pembangunanterowongan kereta api bawah laut Selat Sunda dan SelatBali untuk menghubungkan Lintas Kereta Api SumateraJawa-Bali atau Trans Sumatera-Jawa-Bali Railways,disingkat TSJB Railways.Dfoto-foto: dok