Page 45 - Majalah Berita Indonesia Edisi 20
P. 45


                                    BERITAINDONESIA, 7 September 2006 45BERITA EKONOMImenerima rincian jumlah pemakaianKartu Halo sebanyak Rp 80.883, belumtermasuk abonemen, PPn dan sebagainya.Lewat harian Indo Pos (12/8) diamengajukan pertanyaan kepada pihakTelkomsel, “Mengapa data di dalam ponsel tidak sama dengan data yang tercantum di dalam tagihan?” Memang jumlahnya tidak banyak, tetapi ada selisih.Annita penasaran, mencoba melakukankonfirmasi ke 111. Kemudian dia disarankan menghubungi gerai Halo terdekat.Tapi pihak gerai Halo pun tidak memberikan jawaban yang baik. Annita menganggap data tagihan dalam ponselnyapaling akurat. Yang dia inginkan daripihak Telkomsel, jujur kepada parapelanggan, terutama pelanggan KartuHalo. “Jangan ada kesan Telkomsel berbuat curang,” tulis Annita.Hardi, warga Kota Semarang, pelanggan kartu prabayar simPATI Telkomsel, tertarik dengan produk nada sambung pribadi (NSP) yang sedang gencardipromosikan oleh Telkomsel. Hardi(24/5) mengajukan permintaan NSP kekode 1210025 dan diteruskan ke nomor1212, sehingga pulsanya berkurang Rp9.900.Ternyata permintaan NSP-nya ditundaoleh Telkomsel. Kemudian dia mengajukan permintaan ganti rugi pulsa ke nomor116, biaya pulsa diganti. Dia kembalimeminta NSP (26/5), ternyata gagal,tetapi pulsanya diganti oleh Telkomsel.Karena penasaran, Hardi mengulangi lagipermintaan NSP (2/6). Dia gagal lagi.Tetapi pulsanya tidak diganti.Hardi mengadu ke harian Kompasbahwa dia merasa ditipu oleh Telkomsel.Dia berkali-kali menghubungi operatorTelkomsel (116) agar pulsanya diganti.Semula dijanjikan untuk diganti satu kali24 jam, kemudian dua kali 24 jam. Hariberikutnya dijanjikan tujuh kali 24 jam,dan akhirnya pulsa tersebut tidak diganti.Hardi menduga bukan dia saja yang tertipu, tetapi banyak orang lainnya. “Telkomsel tidak usah promosi NSP kalautidak mampu, dan hanya merugikan pelanggan,” tulis Hardi.Kecewa lantaran lambannya pelayananTelkomsel, seorang anggota DPR menulissurat pengaduan ke Media Indonesia (7/7). Awalnya, Ir. Wahyudin Munawirkehilangan sebuah pesawat telepon seluler beserta Kartu Halo-nya, Minggu (2/7), kemudian mengajukan permintaanblokir. Hari berikutnya (3/7), dia meminta kartu baru bernomor sama denganmembayar biaya Rp 25.000.Wahyudin, pelanggan Telkomsel sejak1998, mengajukan permintaan pengaktifan nomor, tetapi berlarut-larut.Selaku anggota DPR, dia merasa sangatterganggu dan kecewa dengan lambannyapelayanan Telkomsel. „ AM-SHSesuai kesepakatan negara anggota, Indonesiaditunjuk menjadi koordinator integrasi ekonomiAsean 2015 sektor otomotif, serta sektor industrikayu. Integrasi dipercepat dari kesepakatansebelumnya tahun 2020.ektor-sektor yang sudah disepakati untuk diintegrasikan ditahun 2015 adalah industriotomotif, produk berbasisagro, kayu, karet, elektronik, tekstil,kesehatan, teknologi informasi, perikanan, pariwisata, air travel, dansektor logistik.Edy Putra Irawady, Deputi MenkoPerekonomian Bidang Industri dan Perdagangan menyebutkan, sebagai koordinator Pemerintah sudah bertekadmenjadikan Indonesia sebagai basisproduksi sedan kecil dan serba guna(multipurpose vehicle/MPV) untukkawasan Asean.Kata Edy, pertumbuhan industri otomotif nasional akan difokuskan padadua jenis kendaraan ini. Fokus kebijakan akan diwujudkan melalui penguatan industri komponen nasional,memberikan insentif fiskal dan fasilitasperdagangan, mempercepat pembangunan pelabuhan khusus mobil (carport), serta memberikan berbagaiinsentif investasi.Hingga tahun 2009, Pemerintah akanberupaya meningkatkan kandunganlokal industri otomotif hingga mencapai80 persen. Tujuannya, supaya Indonesia bisa berkompetisi di kawasan perdagangan bebas Asean AFTA melalui kegiatan produksi penuh (full manufacturing). Saat ini kandungan lokal produksimobil dalam negeri baru 4-50 persen.Sebagai koordinator sektor industri berbasis kayu dan otomotif, pemerintahmelakukan pembenahan meliputi berbagaifasilitasi mulai logistic cost, jembatantimbang, angkutan, pelabuhan, prosesdokumen, national single window, sampaicar port.Pemerintah juga berencana menurunkan pajak penjualan barang mewah(PPnBM) sedan berkapasitas di bawah1.800 cc, rata-rata 20 persen, untukmemacu ekspor dan memicu pemulihanpenjualan mobil di pasar domestik. „Indonesia KoordinatorIntegrasi Otomotif ASEANIndonesia KoordinatorIntegrasi Otomotif ASEANSANGKA PENJUALANMOBIL NASIONALTahun JumlahUnit1997 387.0001998 58.3031999 93.8432000 300.9642001 299.6342002 317.7802003 354.3552004 483.2952005 530.0002006-S1 149.634Sumber: Investor DailyPENJUALAN MOBIL BERDASARKAN JENIS (UNIT)Jenis 2003 2004Low MPV 4x2 49.101 110.227Medium MPV 4x2 102.207 110.524High MPV 4x2 18.649 21.024Premium MPV 4x2 315 119Kendaraan 4x4 1.192 1.193Pickup 64.672 87.649Truk 2 Ton 48.388 58.796Truk 5 Ton 6.017 7.896Sedan 35.693 37.194
                                
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49