Page 38 - Majalah Berita Indonesia Edisi 22
P. 38


                                    38 BERITAINDONESIA, 5 Oktober 2006BERITA KHUSUSPT Angkasa Pura II terus mengupayakan peningkatankenyamanan dan keselamatan pengguna jasa Bandara.Meningkatkan kemampuan untuk melayani konsumenyang semakin banyak dan bervariasi.amanan yang optimal bagi seluruh pengguna jasa Bandara.Prestasi ditahun yang sama (2005), PTAP II membukukan perolehan laba sebelum pajak sebesar Rp. 668,875 miliar,jumlah ini lebih tinggi dari target RencanaKerja dan Anggaran (RKA) Rp. 656,956miliar, merupakan peningkatan 10% darilaba sebelum pajak tahun 2004 sebesarRp. 606, 898 miliar.Di 10 Bandara yang dikelola PT AP II,aktivitas angkutan udara pada tahun2005 menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya, di mana pergerakan pesawat tercatat naik 8,71%, penumpang naik 7,25% dan kargo naik6,07%. Dengan kondisi tersebut, kualitaspelayanan terhadap penumpang di semuaBandara menunjukkankinerja yang optimal, sebagaimana terlihatdari pencapaiantingkat pelayanan melalui total waktupelayanan, sesuai dengan tolak ukur yangberlaku.Prestasi lain AP II di tahun 2006, diantaranya BUMN & CEO BUMN Award2006-The Best I, Good Corporate Governance 2006, disusul The Best In, Logistic& Tourism sector yang diraih PT AP IIsecara berturut-turut 2004, 2005, 2006.Lebih membanggakan bagi jajaran PTAngkasa Pura II, selama dua tahun berturut-turut dan beberapa kali berhasilmeraih tingkat kesehatan perusahaandengan kategori “Sehat AAA” meliputiaspek keuangan, operasi dan administrasi. Peningkatan jumlah prestasi AP II yangdiraih tahun 2006 kemungkinan bisabertambah, masih terbukanya waktu dantopik penilaian berbeda, sebagaimanapengalaman sebelumnya.Menurut Edie Haryoto, Dirut PT Angkasa Pura II mengatakan, ini keberhasilandalam menjalankan berbagai upayapenyempurnaan pelayanan secara konsisten, baik menyangkut peningkatandari aspek fasilitas sumber daya manusia maupun sistem dan prosedurpelayanan di Bandara.Maka, tuturnya, terbukanya persaingan antar Bandara, baik regional maupun internasional merupakan tantangan di masa mendatang, untuk menghadapi persaingan tersebut telah dilakukanupaya pengembanghan bisnis intisecara bertahap serta pengem38 BERITAINDONESIA, 5 Oktober 2006Mutu PelayananMengoptimalkanrus globalisasi yang ditandaimakin meningkatnya persaingan ekonomi, khususnyaperdagangan antar bangsadan perusahaan berlangsung dalamtempo tinggi, kompetisi semakin cepatdan luas tanpa mengenal batas wilayahdan area.Abad ke 21 merupakan era global danpasar bebas yang ditandai tingginyatingkat kompetisi, maka mengoptimalkankeunggulan produksi dan berlomba memanfaatkan potensi pasar dengan mengandalkan kemampuan untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa yang tepatsesuai kebutuhan.Sebagai BUMN papan atas, PT AngkasaPura II (AP II) menunjukkan prestasi dansiap memasuki era global, berbagaiindikator keberhasilan diraih, di antaranya, tahun 2005 mampu meningkatkankinerja dengan baik, peningkatan kinerjayang diukur melalui Key PerformanceIndikator (KPI) tahun 2005 dapat dicapaisesuai target.Di tahun 2005 itu, penerapan SafetyManagement System (SMS) yang dibakukan dalam buku Safety Manual PT AP IIsebagai panduan dasar bagi implementasiSMS secara terarah dan konsisten dalamrangka memberikan rasa aman dan terciptanya tingkat kenyamanandan keEdie Haryoto: Menuju perusahaan berdaya saing global.ABandara Soekarno-Hatta: Konfigurasi pelayanan
                                
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42