Page 56 - Majalah Berita Indonesia Edisi 22
P. 56
56 BERITAINDONESIA, 5 Oktober 2006BERITA DAERAHIr. Indra SopnilManager APJ PLN (Persero) PurwakartaTekan Kerugian Serendah MungkinKebocoran (losses) energi listrik akibat pencurian danmanipulasi Kwh meter sudah menjadi masalah utama yangselalu merugikan PT. PLN. Ancaman pemberian sanksibagi konsumen yang nakal tidak membuat kapok parapelakunya.ntuk meminimalkan kerugian akibat pencurian dan manipulasi Kwh meter, ManagerPT. PLN APJ (Area Pelayanan Jaringan) Purwakarta Ir. Indra Sopnildidampingi Manager UPJ (Unit Pelayanan Jaringan) Purwakarta Kota. H. Sunaryo BE, menjelaskan berbagai upaya yangsudah dilakukan khususnya di area Purwakarta.Losses Teknik dan Non Teknik APJ Purwakarta kini mencapai 12 %, walau secaraumum angka itu sudah lebih rendah dibandingkan daerah lain. Meskipun begitu,berbagai upaya tetap dilakukan untukmenekan losses serendah mungkin, diantaranya dengan program P2TL (Penertiban Pelanggaran Tenaga Listrik). Lewatprogram ini, pihaknya telah menurunkanTim Oval untuk menindak konsumenyang nakal, baik konsumen rumah tanggamaupun konsumen industri. Selain itu,untuk menghindari pembacaan meteranyang merugikan konsumen kini digunakan PDE (Portable Data Entry).Menurut Ir. Indra Sopnil, APJ Purwakarta kini melayani 5 UPJ yaitu UPJPurwakarta kota 92.922 konsumen, UPJPlered 44.082 konsumen, Subang 134.843konsumen, Pangaden 39.578 konsumen,dan Pamanukan 110.172 konsumen.Dalam lingkungan ke-5 UPJ ini, APJPurwakarta sedang terus mensosialisasikan Program Sistem Imbal Beli Informasi dimana bagi setiap pelaporan pencurian energi listrik dari masyarakat akandiberi imbalan sebesar 3% dikali dendapelanggan yang tertangkap. Sebagaicontoh, pada bulan Juli 2006, PT. PLNmembayar imbal jasa kepada Anggi S. atasinformasinya sehingga PLN berhasilmengungkap 5 pelanggaran dan menyelamatkan pendapatan Rp. 4.576.965,-.Sebagai motor penggerak di PT. PLNAPJ Purwakarta, Ir. Indra Sopnil yangmerupakan alumni ITB Bandung 1982 inimelakukan sejumlah gebrakan di awalmasa jabatannya Juni 2006. Begitumenjabat, ia segera melakukan evaluasikinerja di 5 lingkungan UPJ sembarimenyusun beberapa program bersamapihak-pihak terkait. Ia menginstruksikanpara manager UPJ agar mensosialisasikankepada para konsumen budaya bayarlistrik tepat waktu, menghindari pencurian listrik, dan hemat energi listrik.Selain itu, pemangkasan pohon yangdilalui jaringan PLN bisa juga turutmenurunkan losses dan biaya tinggi operasional PLN. Sehingga biaya yang dikeluarkan bisa efektif dan efisien penggunaannya sembari terus menerus meningkatkan pelayanan prima terhadapkonsumen listrik. BS|MLPPT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat & Banten Area Pelayanan dan Jaringan, Jl. K.K. Singawinata No. 50 PurwakartaU