Page 44 - Majalah Berita Indonesia Edisi 40
P. 44


                                    44 BERITAINDONESIA, 21 Juni 2007BERITA METROPOLITANDua Terowongan UntukDalam rencana, tahun 2009 terowongan raksasa yakni terow(subway) dan terowongan bawadiharapkan dapat mengatasi probdi masa makarta terapung. Jakarta punyamonorail. Oke! Dialog yang diucapkan seorang lanjut usia dalam iklan sebuah situs di televisimenggambarkan informasi tentang Jakarta.Jakarta, maunya tak harus sering tenggelam dalam genangan. Dalam realita,arus dinamika memacu kota metropolitanini menjadikan sebagian wajah wilayahnya terpoles modernisasi. Sayangnya,Jakarta memiliki dasar rupa nan kurangcantik. Betapa tidak, dataran rendah diwilayah pesisir yang awalnya berawarawa, dialiri 13 sungai yang pada erakemerdekaan dipenuhi gubuk liar akibaturban yang membabi buta, acapkalidikunjungi air berlebih dari wilayah hulu.Pemerintah Hindia Belanda yang pernahmenguasainya dengan sebutan Bataviapun sering dibuat kalang kabut manakalakota ini berulangkali dilanda banjir besar.Sungai Ciliwung sering dianggap menjadibiang keladi utamanya.Kini, masalah menjadi lebih kompleks.Tak hanya karena genangan banjir, tapijuga tenggelam dalam kemacetan, berselimut lingkungan kumuh dan terancamkrisis bahan baku air bersih.Menghadapi air, Jakarta memangrumit. Tatakala air berlebih, Jakarta menjadi korban bencana banjir. Di lain waktu,Jakarta malah kesulitan akan bahan bakuair bersih. Ini merupakan problem lebihbesar di masa mendatang. Banjir tahun2007 disebutkan telah merugikan hinggamencapai nilai Rp 5 triliun dan kerugianlain akibat rusaknya infrastruktur.Soal upaya menghindar dari bahayakemacetan lebih parah di masa mendatang, moda angkutan massal cepat merupakan bagian dari Pola transportasimakro yang digagas Gubernur Sutiyososegera direalisasikan. Berbentuk keretaapi bawah tanah, jika tidak ada aralmelintang akan dimulai pembangunannya tahun 2009. Membujur dari LebakBulus menuju Jakarta Kota, jalur bawahtanah (subway) akan melintasi antaraRatu Plaza Senayan hingga Harmoni.Secara tehnik, terowongan akan dibangundengan cara menerobos bawah tanah danditangani oleh investor dari Jepang.JSeminar internasional tentang Deep Tunnel di Hotel JW Marriott, Jakarta.Konsep Deep Tunnel untuk Jakarta.foto: berindo wilson
                                
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48