Page 23 - Majalah Berita Indonesia Edisi 44
P. 23


                                    BERITAINDONESIA, 23 Agustus 2007 23BERITA UTAMAMasalahtotal senilai 1,9 miliar dollarAS, atau setara Rp 16,7 triliun.Mandala masih diberi opsimembeli tambahan limapesawat lagi. Mandala adalahpembeli pertama Airbus A320,pesawat jenis kecil yang cocokuntuk rute penerbangan jarakpendek. Pada tahum 2009jumlah pesawat A320 yangdioperasikan Mandala akanmencapai 28 buah, semuadibeli secara financial leaseuntuk tetap menjaga citrasebagai maskapai yangberkelas.Garuda Indonesia yang masih memiliki utang 754 jutadollar AS juga sudah memesan25 pesawat baru jenis Boeing737-800. Dijadwalkan pengiriman pertama akan tiba Mei2009, hingga tuntas 2012.Harga pesawat per unit berkisar 35 juta dollar AS hingga40 juta dolar AS, total investasiyang dibutuhkan 875 juta dollar AS hingga 1 miliar dollarAS.Garuda yang selama tahun2006 mengangkut sebanyak9,069 juta penumpang, membeli pesawat bisa dengan pembiayaan perbankan, atau sewa,tergantung nanti bagaimanakontraknya dengan Boeing.Kecelakaan pesawat yang dialami Garuda Indonesia nomor penerbangan 200 pada 7Maret 2007, dimana pesawatterbakar dan meledak sesaatsetelah mendarat di BandaraAdi Sutjipto, Yogyakarta, menewaskan 22 orang dari total144 penumpang dan tujuhawak, diyakini menjadi picuterakhir yang membuat UniEropa harus bersikap terhadapsemua maskapai Indonesia.Hanya berselang beberapabulan sebelum musibah yangdialami pesawat Garuda Indonesia di Yogyakarta, pesawatAdam Air Boeing 737-400nomor penerbangan 782 Jakarta-Manado via Surabaya,membawa 96 penumpang danenam awak, pada 1 Januari2007 hilang dekat Polewali,Sulawesi Selatan. Pesawattidak ditemukan dan seluruhpenumpang dan awak dipastikan tewas.Meski setelah kecelakaanbeberapa musibah kecil masihterjadi, dan pada 7 Januari2007 sebanyak 16 pilot AdamAir mengundurkan diri dengan alasan sistem navigasi dipesawat mereka dinilai berkualitas jelek, Adam Air tetapberkomitmen kuat memperbaiki pelayanan dan menjagakeselamatan penerbangan.Adam Air yang pada 9 November 2006 menerima penghargaan Award of Merit dalamCategory Low Cost Airline ofThe Year 2006, dalam acara 3rdAnnual Asia Pacific and MidleEast Aviation Outlook Summitdi Singapura, per Januari 2007mengoperasikan pesawat, limaBoeing 737-200, tujuh Boeing737-300, tujuh Boeing 737-400, dan satu Boeing 737-500,rata-rata berusia 18,5 tahun.Lion Air adalah maskapaipenerbangan domestik yangmemberikan perubahan yangluar biasa revolusioner dalamdunia penerbangan Indonesia.Lion melalui pendirinya, RusdiKirana, tampil memeloporipenerbangan berbiaya murah(low cost carrier, LCC) sejakmemulai debut penerbanganperdana 20 Juni 2000.Langkah Lion semakin spektakuler ketika mengumumkanakan memperkuat armadadengan pembelian 60 unitpesawat keluaran terbaru jenisBoeing 737-900 ER (ExtendedRange), bahkan membuatnyasebagai pengguna pertamaseluruh di dunia. Pesawatpertama Boeing 737-900 ERsudah tiba di Indonesia (30/4),dan langsung dioperasikanoleh Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla untuk melayani rute Jakarta-Manad0.Tahun ini sebanyak tujuh pesanan pesawat sejenis dijadwalkan akan tiba, dan setiapbulan diperkirakan tiba belasan hingga 20 pesawat untukkelak menggantikan seluruh34 armada lama yang dioperasikan.Ketika berlangsung Paris AirShow Juni 2007 di Paris, Lionmenambah lagi pesanannyasebanyak 40 unit Boeing 737-900 ER senilai 3 miliar dollarAS, sehingga total dipesan 100unit. Dengan demikian totalkontrak pembelian Lion dengan Boeing mencapai 6,5miliar dollar AS. Rusdi Kiranamengatakan, Lion akan menambah rute baru di sejumlahkota di China dan India. “Dalam waktu dekat hingga awaltahun depan, kitakan melayanipenerbangan regional ke AsiaTimur dan Asia Selatan,” kataRusdi kepada pers di Paris.Lion sudah melayani penerbangan internasional antaralain ke Malaysia yakni KualaLumpur dan Penang, serta keeing 737-900ER. Singapura. „ AM/RG/SP/HTMandala Airlines pada Paris Air Show 2007 di Perancis, memesan 25 unit Airbus A 320. foto: mandala-airliners.net
                                
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27