Page 61 - Majalah Berita Indonesia Edisi 66
P. 61
BERITAINDONESIA, April - 15 Mei 2009 61BERITA PUBLIK“Outlet” Pelayanan Jemput BolaGuna melengkapi kebutuhan nasabah yang kian beragam dalam perencanaan biayapendidikan, Bank Kesawan meluncurkan produk baru Tabungan Pendidikan. PenandatangananMOU Kerjasama antara Bank Kesawan dengan Asuransi Mega Life di Jakarta tanggal 21 Juni2008.Business Director Bank Kesawan - Entjik S.Djafar menjelaskan, melalui Tabungan Pendidikandiharapkan nasabah dapat merencanakan biaya pendidikan anak lebih baik. Jangkawaktu yang diberikan sangat fleksibel yaitu mulai dari 1 tahun sampai 20 tahun dan usiapenabung pada saat jatuh tempo adalah 65 tahun, dan setoran rutin setiap bulan besarnya mulaidari Rp. 100.000,- atau kelipatannya dengan maksimum sampai dengan Rp5 juta.Mudah melakukan setoran rutin karena secara otomatis Bank Kesawan akan mendebet rekeningTabungan atau Giro setiap bulannya.Selain kemudahan-kemudahan di atas, Tabungan Pendidikan Bank Kesawan juga memberikanperlindungan asuransi jiwa. Dalam hal ini apabila penabung meninggal dunia maka setoranrutin bulanannya akan diteruskan oleh Asuransi Mega Life. Jika nasabah mengalami kecelakaanyang mengakibatkan cacat tetap atau meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkansantunan duka sebesar 250% dari kumulatif saldo tabungan atau maksimum Rp500 juta,dan manfaat santunan rawat jalan/inap sebesar biaya rumah sakit atau maksimum 25% dari saldoTabungan Pendidikan.Sesuai dengan visi Bank Kesawan untuk menjadi Bank terdepan di kelasnya, kini lebihmemantapkan posisi dalam kancah persaingan perbankan nasional. Hal ini didukung oleh 32jaringan layanan yang tersebar di 10 kota di Indonesia dan ATM Kesawan yang siap untukmemberikan pelayanan selama 24 jam sehari serta bebas biaya transaksi ATM untuk infosaldo, tarik tunai dan transfer antar rekening Bank Kesawan. Akses jaringan ATM Kesawan tersebardi lebih dari 12.000 mesin ATM yang berlogokan ATM Bersama di seluruh Indonesia.Informasi lebih lanjut mengenai Tabungan Pendidikan Bank Kesawan, dapat menghubungi Customer Service kami yang terdekat di kota Anda:Bank Kesawan Luncurkan Tabungan PendidikanJAKARTA: 021-350.8888; MEDAN: 061-415.2929; BANDUNG: 022-422.0618; SURABAYA: 031-568.7530;DENPASAR: 0361-233.777; PEKANBARU: 0761-33308; BATAM: 0778-456.112; TANJUNG BALAI: 0623-92688 dan PEMATANG SIANTAR: 0622-29666.Berbagai terobosan dilakukan Jasa Raharja dalammeningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salahsatunya dengan membuat outlet di beberapa kota untukmendekatkan pelayanan kepada masyarakat.i wilayah Jawa Timur misalnya,menurut Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur H. Sutadji, ada6 outlet pelayanan santunan korban kecelakan yang tersebar di enamdaerah. Di antaranya, di Mojokerto untukmelayani masyarakat daerah Gresik,Sidoarjo dan Jombang. Di Probolinggountuk melayani daerah Pasuruan danLamongan. Di Banyuwangi untuk melayani daerah Situbondo dan Bondowoso.Kemudian di Ponorogo untuk melayanimasyarakat Ngawi dan Pacitan. Di Tubanuntuk melayani daerah Lamongan danBojonegoro, dan di Tulungagung untukmelayani Trenggalek, Nganjuk dan Blitar.“Keberadaan outlet merupakan pelayanan jemput bola dari Jasa Raharja. Saatini kehadiran outlet itu telah dirasakanoleh masyarakat dan menjadikan korbankecelakaan mendapatkan akses lebihcepat. Selain itu outlet ini merupakantempat proses pelayanan santunan yangbersifat lebih dekat kepada korban kecelakaan. Sehingga masyarakat tidak perludatang jauh-jauh dan ahli waris tidakperlu keluar biaya banyak saat inginmelaksanakan proses pengurusan santunan. Mereka cukup datang ke outletyang sudah ditunjuk,” ungkap Sutadji,saat diwawancara Senin (20/4).Sebelum outlet ini hadir, pelayananproses pembayaran santunan dilakukan diperwakilan cabang Jasa Raharja setempat. Perwakilan itu tersebar di kabupaten/kota di Jawa Timur yakni, Surabaya,Malang, Bojonegoro, Jember, Kediri,Pamekasan. “Selain itu, kami mengoperasikan pula 6 unit mobil pelayananyang selalu memonitor perkembangan,kemungkinan terjadi kecelakaan di seputar wilayah itu langsung ditangani lebihcepat. Hal itu sesuai dengan motto kami:Satukan tekad raih kemajuan perusahaan,” katanya.Menyinggung santunan yang telah dibayarkan, orang pertama Jasa Raharja dicabang Jawa Timur itu mengungkapkan,tahun 2008 telah dibayarkan Rp 179 miliarlebih. Menurutnya, perubahan besarnyaadalah perubahan besaran santunan PT JasaRaharja (Persero) yang tadinya Rp 10 jutamenjadi Rp 25 juta per 28 Maret, sesuaikeputusan Menteri Keuangan, menjadikanpembayaran santunan pada 2008 lalutertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.Dari data uang santunan pembayaran perakhir November 2008 saja jumlah santunansudah mencapai Rp 179.082.016.325.Sebagai pembanding, jumlah pembayaransantunan pada tahun 2007 adalah sebesarRp 105 miliar, sementara tahun 2006sebesar Rp 93 miliar, sedang pada tahun2005 sebesar Rp 193 miliar, dan tahun 2004sebesar Rp 103.477.688.627.Peningkatan santunan pada 2008,selain naiknya nilai jaminan kematian,juga dipengaruhi meningkatnya jumlahkendaraan yang mencapai 100%. “Kecelakaan masih didominasi kecelakaan didarat sekitar 75 persen, sisanya di laut danudara,” ungkapnya. RID