Page 38 - Majalah Berita Indonesia Edisi 09
P. 38


                                    LENTERA38 BERITAINDONESIA, 23 Maret 2006nya, pondok ini melaksanakan pendidikan untukputri dan juga perguruan tinggi. KMI berkurikulum mandiri baik pengaturan maupunpengembangannya. Mengutamakan pembentukan mental dan menanamkan ilmu pengetahuan agama dan umum, yang pengaturannyadisesuaikan dengan Pondok Pesantren. Masihbanyak lagi pendidikan Islam yang bercorakkepesantrenan, baik yang bersifat modernmaupun tradisional.Politik Etis yang dimulai sejak awal abad ke20 (1901), memperkenalkan pendidikan modernkepada bumiputra bangsa Indonesia. Jenissekolah kedua yang didirikan pada tahun 1892adalah Sekolah Angka Dua, diperuntukkan bagirakyat pedesaan. Lama pendidikan hanya tigatahun, berkurikulum membaca, menulis, danberhitung. Bahasa pengantarnya adalah bahasadaerah atau Melayu. Dalam perkembangannya,sekolah Angka Dua ini berubah menjadi SekolahDesa, sejak 1907 Sekolah Desa ini dibangun dipedesaan dan masyarakat desa diberi tanggungjawab dalam pembinaannya berupa pendiriandan pemeliharaan gedung sekolah.Selanjutnya Belanda mendirikan SekolahLanjutan untuk lulusan Sekolah Angka Satu(HIS), yang dinamakan MULO. Lama pendidikannya tiga tahun, bahasa pengantarnyaBelanda, sedangkan untuk lulusan Sekolah Desa,didirikan Vervolegschool, lama pendidikan limatahun dan bahasa Belanda sebagai bahasapengantar namun kurikulumnya sama denganHIS (Sekolah Angka Satu). Pendidikan LanjutanAtas adalah AMS (Algemeen Middelbare School),untuk menerima lulusan MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs).Selanjutnya, untuk menciptakan tenaga-tenagaterampil, Belanda mendirikan berbagai sekolahkejuruan berkemahiran tertentu. Untuk tenagamedis didirikan sekolah kedokteran tingkatmenengah dan tingkat tinggi. Untuk pamongpraja, didirikan Sekolah Pegawai Pamong Praja,dari tingkat dasar sampai menengah. Untuktenaga-tenaga kejaksaan dan pengadilan didirikan Sekolah Hukum Tingkat Tinggi, diambildari lulusan sekolah menengah, sekolah inimenghasilkan hakim-hakim dan jaksa yanglulusannya menggunakan gelar Mr. (Meester inde Rechten). Sekolah pertanian (Landbouwschool) untuk tingkat rendah dan menengah,untuk mencetak tenaga-tenaga pertanian tingkatrendah dan menengah. Pendidikan pertukangandidirikan. Sekolah teknik tingkat tinggi didirikanpada tahun 1920, oleh golongan swasta, barupada tahun 1924 diambil alih oleh pemerintah,lulusannya bergelar Ir. (insinyur) yang jugadigunakan oleh lulusan sekolah tinggi yang samadi negeri Belanda.Politik etis berjalan dalam waktu hampirsetengah abad namun 90% bangsa Indonesiaketika itu masih dalam keadaan buta huruf.Banyak orang menyimpulkan bahwa ia hanyalahimperialisme kebudayaan yang tidak memberikemudian berganti dengan Jam’iyah I’anah alMuta’allimin pada tahun 1916, dan pada akhirnyaorganisasi pendidikan K.H. Abdul Halim ituberfusi dengan organisasi Persatuan Ummat Islam Indonesia (PUII), yang kemudian menjadisebuah nama yang sangat terkenal denganPersatuan Umat Islam (PUI) yang berpusat diBandung.Jami’at Khair, nama perkumpulan masyarakatIslam keturunan Arab yang didirikan pada tahun1903, izin resmi dari pemerintah Belanda keluarpada tahun 1905. Organisasi yang bertujuanmeningkatkan syiar Islam dengan melaluikegiatan dakwah dan pendidikan yang dikelolasecara modern. Sekolah Dasar Jami’at Khairdidirikan pada tahun 1905, diberikan pelajaranagama dan pelajaran umum, seperti berhitung,sejarah, ilmu bumi dan bahasa Arab. BahasaBelanda tidak diajarkan, sebagai gantinya, bahasaInggris menjadi pelajaran wajib. Guru-gurunyadidatangkan dari berbagai daerah dan luar negeri,yang sangat terkenal di kalangan bangsa Indonesia adalah Syekh Ahmad Soorkati dari Sudan.Pada 09 Oktober 1926, berdiri sebuah lembagapendidikan Islam yang bercorak pesantren didesa Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.Semula bernama Pondok Darussalam. Penamaanmodern diberikan oleh masyarakat setelahbeberapa tahun berjalan. Kemudian menjaditerkenal dengan nama Pondok Modern Darussalam Gontor, dan kini lebih terkenal dengannama Pondok Modern Gontor. Didirikan oleh triobersaudara yang dalam kalangan pondok Gontordikenal dengan Trimurti, yaitu K.H. AhmadSahal, K.H. Zainuddin Fanani dan K.H. ImamZarkasyi.Pada awal berdirinya Pondok ini menyelenggarakan pendidikan tingkat menengah, diberinama Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI),dan melaksanakan pendidikan hanya untuk putra(mulai tahun 1936). Dan dalam perkembanganMAHASISWAUNIVERTAS ALZAYTUN:Tekad KebangkitanKembali Indonesia
                                
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42