Page 32 - Majalah Berita Indonesia Edisi 11
P. 32
32 BERITAINDONESIA, 20 April 2006IRWAN HIDAYAT, PRESDIR PT SIDO MUNCULBerbasis inovasi dengan visi membawa manfaatbagi masyarakat dan lingkungan, ia menjadikanperusahaannya salah satu pemain besar dalamindustri jamu modern.KOMITMEN YANG TAK PER ♦Ingat Sido Muncul, ingat mudik gratis.Perusahaan jamu asal Semarang, JawaTengah ini bisa dibilang salah satu peloporacara mudik yang setiap tahun selaludibanjiri sekitar 140.000 pedagang jamudengan melibatkan ratusan armada bus.Adalah Irwan Hidayat, Presiden Direktur PTSido Muncul, penggagas hajatan yang dilakukansejak tahun 1990 itu. Berkat tangan dinginnyapula ia berhasil menjadikan perusahaannyaberbasis inovasi dan tampil sebagai benchmarkatau standar di industri jamu nasional.Irwan dan empat adiknya adalah generasiketiga yang mewarisi perusahaan jamu ini darialmarhum neneknya, Ny Rakhmat Sulistyo.Awalnya, pada tahun 1940, hanya berupa usahakecil dengan tiga orang karyawan. Neneknya punmengawalinya saat sudah berusia 55 tahun.Jamu yang diproduksinya kala itu ditumbuk dandibungkus sendiri.Pada tahun 1973, Irwan mulai bekerja di PTSido Muncul. Ia langsung diangkat sebagaidirektur. Prinsipnya yang selalu dipegang teguhdalam memimpin 2000-an karyawannya adalahlebih menghargai proses daripada hasil.Ia lebih menghargai cara-caranya, rasionalnya, komitmennya, daripada hasilnya. Ia tidakpernah bersikap lebih menghargai staf yangberhasil mencapai omset besar daripada yangomsetnya kecil. Yang ia hargai adalah apakahpencapaian itu sudah dilakukan dengan benar.Kepada dirinya sendiri, prinsip itu juga iaterapkan. Semua pekerjaan ia lakukan dengansebaik mungkin, penuh komitmen, dan melakukannya dengan rasional.Tak banyak memang perusahaan yang menerapkan prinsip demikian. Yang lebih menariklagi, bukan profit yang menjadi ukuran suksesmelainkan seberapa banyak Sido Munculmemberi manfaat. Maka tak aneh jika berbagaipenghargaan telah diterima sebagai wujudsumbangsih Sido Muncul bagi masyarakat danlingkungan.”Saya punya keyakinan, kalau bermanfaat bagimasyarakat dan lingkungan, kami sepertimemberi pagar kepada diri kami sendiri supayakami tidak melenceng. Dan saya juga yakin kalaubermanfaat dan berguna bagi siapa saja makaSido Muncul pasti untung,” ujar Irwan.Visi tersebut oleh manajemen PT Sido Munculditerapkan pertama kali pada tahun 1994.Alasan Irwan memilih visi tersebut adalahkarena memang visi tersebut dinilai paling cocokuntuk situasi di Indonesia. Ia melihat dewasa inisetiap orang gampang melakukan kesalahan.IRWAN HIDAYAT ISTIMEWABERITA TOKOH