Page 37 - Majalah Berita Indonesia Edisi 15
P. 37
(LENTERA)BERITAINDONESIA, 22 Juni 2006 37Alam telah ada jauh lebih lama daripadamanusia. Alam sebagai sumber pelajaranmengenai holisme, dinamisme, dan keberlanjutan.Membangun dalam keadaan krisislingkungan/alam seperti hari ini harusmengalokasikan program-program untukmenata kembali, paling tidak berusahauntuk menyeimbangkan keberadaan alamdengan kehidupan umat manusia danmakhluk hidup lainnya, agar terciptaaliran keseimbangan ekologi dan keberlanjutannya.Membangun berakibat wujudnya aktivitas dinamis itu, harus mempunyaibudaya pantang: Berpantang dari aksiyang berlawanan dengan alam, artinyajuga berpantang melakukan sesuatu yangberlawanan dengan watak (sibghah)segala sesuatu. Karenanya interaksidengan alam terdapat dua jenis, aktivitasaktivitas yang selaras dengan alam (ecoaction) dan ada aktivitas-aktivitas yangberlawanan dengan arus alam (ego-action).Semestinya pembangunan mengalokasikan program penyeimbangan alam itusehingga menjadi suatu nikmat, danbukan bencana. Sehingga makhluk hiduptatkala aktivitas alam (dalam hal ini air)datang, umat manusia dapat berkata,terima kasih Tuhan, Engkau telah menurunkan rizki, kami makhluk hidup inidapat menikmati panen air tahun ini.Sebaliknya tatkala siklus pergerakanalam sampai kepada aktivitasnya yangmengakibatkan cuaca panas, banyakmakhluk hidup terlanda kekeringan,merana, kehausan, kelaparan, paceklik,wabah penyakit, dan lain-lain.Mestinya pelaku pembangunan mengalokasikan berbagai program untukmenyeimbangkan cuaca panas itu agartidak menjadi bencana. Musim hujan yangditunggu-tunggu justru menjadi bencana,dan musim panas yang diharap-harapjuga menjadi bencana. Datangnya duamusim itu sudah dapat diketahui, ilmudan teknologi untuk berinteraksi denganalam telah ada, kiranya dinamika suarajiwa yang belum tumbuh dalam batinpelaku pembangunan.Modal yang hangus akibat kekeringandan busuk oleh rendaman banjir, jauhlebih besar daripada menciptakan jalankeluar dari akibat aktivitas alam tersebut.Menghijaukan lingkungan, bukan sesuatuyang sulit untuk dilakukan, namun tidakbanyak yang konsisten melakukannya,membuat cekungan-cekungan untukpenyimpanan air bukan sesuatu yangrepot untuk dilakukan, namun tidakbanyak yang mau memikirkan untuk itu,apalagi melakukannya.Pembangunan mencakup ruang interaksi manusia, untuk ini ada tradisi medisyang menfokuskan pada kesihatan somatik dan kesihatan mental dan seluruhtradisi religius yang menfokuskan kepadakesihatan dan penyelamatan spiritual.Ruang manusia mencakup tubuh pikirandan jiwa. Pikiran sebagai pusat emosi,kemauan, dan kognisi, jiwa sebagai pusatrefleksi diri, refleksi tentang banyak hal,di antaranya refleksi diri, refleksi tentangkemampuan diri sendiri untuk melakukanrefleksi (filosofi), kompleksitas inilah yangakan membentuk kepribadian.Pembangunan mencakup ruang interaksi manusia maknanya: usaha tanpahenti secara holistik dan dinamis membentuk kepribadian menyangkut denganindividu-individu, masyarakat-masyarakat, bangsa, dan negara. Menyangkutdengan Indonesia, kepribadian adalahsifat hakiki yang tercermin pada sikapseorang bangsa Indonesia yang membedakannya dari orang atau bangsa lain.Karenanya aktivitas dalam ruang iniadalah aktivitas pendidikan untuk mewujudkan kepribadian individu-individu,masyarakat-masyarakat bangsa Indonesiayang kuat dan sihat, sihat somatik, mental dan spiritual, cerdas, bajik dan bijak,menguasai sains teknologi, cinta bangsadan negaranya dan mampu bergaul antarbangsa dengan baik.Kepribadian yang terbentuk melaluipendidikan seperti itulah yang akan dapatmenghantarkan individu-individu,masyarakat-masyarakat dan bangsa berkemampuan merawat sistem dalam bentuk aktivitas yang menyangkut kebutuhankebutuhan dan kepentingan-kepentingan.Mudah dilihat betapa bergantungnyasemua ini kepada alam. Alam adalahruang di mana kita istirahat dan aktif.Alam memasok sebagian besar input yangsangat diperlukan, dan menerima (danmengubah) sebagian output kita. Untukdapat mengakomodasi, sebagai tuanrumah manusia, alam harus kuat (apalagijika manusia bertindak sebagai parasit).Dan karena manusia adalah organismebiologis dengan kepribadian-kepribadian,manusia mempunyai kebutuhan lainselain kebutuhan bio. Kebutuhan spiritualmanusia.Di dalamnya mencakup kebutuhanidentitas dan kebutuhan akan kebebasan.Dua jenis kebutuhan ini berkaitan secaradialektis. Kebutuhan identitas menuntuttitik pasti, segala sesuatu yang di sekitarnya menyebabkan individu dapat membangun dan memperluas persekutuanpersekutuan di atas dirinya sebagaimakhluk hidup. Sedangkan kebutuhan