Page 51 - Majalah Berita Indonesia Edisi 24
P. 51


                                    BERITAINDONESIA, 2 November 2006 51BERITA PUBLIKpulang-pergi (PP).Namun penumpang diingatkan untuktidak perlu merasa cemas sebab tersediatiket tambahan khusus KA Lebaran.Noor Hamidi, Kepala Humas PT KAmenyatakan kesiapan pihaknya memberikan pelayanan. Yaitu, menyiagakan 200lokomotif dari kebutuhan 191 loko. Berartitersedia cadangan sembilan loko yang siapdioperasikan kapan saja. Demikian pulajumlah KA disiagakan sebanyak 1.231 KA,dari kebutuhan operasi 1.206 KA.Angkutan UdaraMaskapai penerbangan Garuda Indonesia mempersiapkan sejumlah strategimengantisipasi lonjakan arus mudikLebaran kali ini.Singgih Handoyo, Kepala KomunikasiEksternal PT Garuda Indonesia mengungkapkan dua cara yang ditempuh Garuda.Pertama, mengoperasikan pesawat berkapasitas lebih besar di beberapa penerbangan, kedua meningkatkan frekwensipenerbangan.Pada strategi pertama, Garuda menukar pesawat berkapasitas kecil, yang biasadigunakan di beberapa jalur penerbanganreguler, dengan pesawat berkapasitasyang jauh lebih besar. Garuda menggantikan pesawat jenis Boeing 737-200 yangberkapasitas 134 kursi, dengan Boeing747-400 yang berkapasitas 405 kursi,atau Airbus A-330 berkapasitas 393 kursi.“Ini akan menambah jumlah kapasitasarmada sebanyak 20.884 kursi dengantujuan Palembang, Padang, Jogjakarta,Solo, Surabaya, Denpasar, Singapura danHongkong,” ungkap Singgih.Tentang angkutan udara, yang kinimenjadi kekuatiran Menhub hinggamembuatnya tidak enak tidur justru kabutasap yang mengganggu penerbangan diberbagai daerah seperti di Riau, SumateraSelatan, Jambi dan secara khusus wilayahKalimantan.Hatta berharap sebelum H-3 kabut asapyang menyelimuti bandara-bandarasudah hilang, kembali ke kondisi normal.Menurutnya, dalam menghadapi kabutasap, antisipasi yang paling akhir adalahmenambah armada angkutan laut. Pilihanitu harus dilakukan sebab keselamatanpenumpang tetaplah merupakan prioritasutama pelayanan transportasi, sekaligusmenghindari kemungkinan komplain daripenumpang.Persiapan PELNIPersiapan yang tak kalah serius dilakukan pula oleh PT Pelayaran Indonesia(PELNI). Mengantisipasi mudik lebaranPelni menyiapkan sebanyak 26 kapalberkapasitas angkut total 43.449 orangpenumpang.Pelni juga sudah siap mengantisipasikemungkinan tingginya harga tiket angkutan udara, padatnya angkutan darat,dan macetnya jalur pantura.Isnoor Haryanto, Direktur Utama PTPelni mengatakan menyiapkan kapalpenumpang KM Sirimau untuk melayanipemudik dengan tujuan pelabuhan Tanjung Perak Semarang, KM Dorolondatujuan pelabuhan Tanjung Emas Surabaya, dan KM Dobonsolo tujuan pelabuhan Belawan Medan.Ketiga kapal akan bertolak secaraserentak dari Tanjung Priok pada tanggal20 Oktober. Sedangkan bagi pemudiktujuan pelabuhan Teluk Bayur, Padangdisiapkan KM Bukit Siguntang berangkatpada 21 Oktober.“Untuk kemudahan pelayanan tiketkami telah menyiapkan reservasi secaraonline melalui call center pada nomor791-80606. Melalui nomor ini dapatdiakses informasi tentang tarif dan jadwalkeberangkatan dan kedatangan kapal,”kata Isnoor. „ RI/HTPemerintah Serius Membangun Industri Jasa Kereta ApiDi sela-sela sidak, kepada Samsuri dari BeritaIndonesia, Menteri Perhubungan Hatta Rajasamengungkapkan semakin tingginya perhatianpemerintah terhadap pembangunan industri jasaperkeretaapian di Indonesia.Misalnya, di wilayah Jabotabek, saat ini kapasitasangkut kereta api yang masih 500 ribu orang per hariatau hanya 2,4 persen dari total lalu lintas harianpenumpang umum. Pada tahun 2009 kapasitasnyaakan ditingkatkan menjadi 9-10 persen, atau mampumengangkut 1,5 juta orang per hari.Untuk mewujudkan peningkatan kapasitas itu,pada lintasan KA jurusan Tanah Abang-Serpongkini sedang dibangun jalur ganda. Dari 89 kaliperjalanan harian KA saat ini, nanti di awal 2007saat jalur Tanah Abang-Serpong mulai beroperasi,diharapkan mampu meningkatkan kapasitasperjalanan KA menjadi 178 kali per hari.Demikian pula dengan pembangunan doubletrack di jalur Manggarai-Cikarang, diperkirakanakan mampu meningkatkan perjalanan harian KAdari saat ini 375 kali menjadi 700 kali per hari.Bahkan peta pelayanan kereta rel listrik (KRL) yangsaat ini hanya menjangkau hinggga Bekasi,dengan double track Manggarai-Cikarang jalurKRL secara komuter akan diperpanjang sampaiCikarang.Menhub Hatta Rajasa sangat berharap perananKA akan semakin meningkat di masa-masamendatang. KA akan menjadi angkutan massal yangberperan sebagai tulang punggung moda angkutandarat. Revisi UU No. 13/1992 tentang PerkeretaapianIndonesia akan menajdi dasar percepatan realisasipembangunan perkeretaapian Indonesia.Revisi akan mengakomodir permintaan sejumlah daerah seperti Riau, Kalimantan, Sulawesidan lain-lain yang ingin membangun jasapelayanan perkeretaapian. Revisi akan memberikan rambu hukum, termasuk sebagai payunghukum terhadap kemungkinan masuknya sektorswasta ke dalam bisnis jasa dan infrastrukturperkerataapian di Indonesia. „ RI/HTfoto: berindo wilson foto: ist
                                
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55