Page 22 - Majalah Berita Indonesia Edisi 28
P. 22


                                    22 BERITAINDONESIA, 04 Januari 2007BERITA UTAMAMelawan Arus Besar PercaloaPembenahan pelayanan publik yang dilakukan di KantorImigrasi Jakarta Barat patut jadi contoh. Kesungguhanseorang pemimpin untuk menegakkan sistem yangmenggunakan teknologi informasi, bisa membersihkanbirokrasi dari praktik uang siluman dan korupsi.iruk pikuk pekerjaan renovasi tidak menghentikanpelayanan publik di KantorImigrasi Jakarta Barat. Pelayanan setiap hari diberikan kepadapemohon paspor umum, paspor TKI dandokumen keimigrasian orang asing.Kanim memberikan pelayanan masyarakat untuk Surat Perjalanan RI (SPRIpaspor), perpanjangan izin kunjungan,kartu izin tinggal terbatas (Kitas), kartuizin tinggal tetap (Kitap), izin masukkembali, pendaftaran orang asing (POA)dan surat keterangan keimigrasian untukpewarganegaraan.Peremajaan kantor berlantai dua yangterletak di kawasan kota lama ini untukmenyongsong penataan ulang yang didasarkan pada aspek kemudahan pelayanan, efisiensi dan efektifitas tata letakruang, keamanan dan kenyamananruangan. Loket pelayanan keimigrasianditempatkan pada satu area yang menampung, seperti permohonan paspor, izintinggal, izin masuk kembali dan POA.Penataan ruangan, menurut Kepala Kanim Jakbar Arifin Moch. Natsir SH, MM,mengikuti alur penyelesaian permohonansecara berurutan—pembayaran, wawancara, foto, sidik jari biometrik, sidik jarimanual, tandatangan paspor dan pengambilan paspor.Untuk efisiensi dan efektifitas, lantai satu digunakan sebagai area pelayanan, danlantai dua untuk pelaksanaan tugas pokokdan fungsi keimigrasian. Pintu masuk pegawai dan pemohon dipisah. Membuatsistem pintu satu arah dalam proseswawancara, pengambilan foto, sidik jaribiometrik, sidik jari manual dan penandatanganan paspor untuk memastikantidak terjadi penggantian orang.Menjamin aspek kenyamanan ruangan,ruang kerja pegawai dan ruang tunggupelayanan dipisahkan secara ketat sehingga tidak terjadi kontak antara pegawai danpemohon. Pintu masuk petugas menggunakan sistem finger scanner yang terhubung dengan data base kepegawaian.Juga disediakan fasilitas loket untuk pemohon Lansia, Balita, orang sakit/cacat,ruang menyusui dan ruang merokok,selasar kursi roda, toilet bagi orang cacatdan kantin yang memadai.Arifin sendiri menempati ruang kerjayang cukup luas, tapi acapkali lengang, diHBiaya Pembuatan PasporSurat Perjalanan RI (SPRI)1. Paspor 48 halaman untuk WNI Perorangan Per buku Rp 200.0002. Paspor 24 halaman untuk WNI Perorangan Per buku Rp 50.0003. Surat Perjalanan RI pengganti SPRI yanghilang/rusak karena kejadian tak terhindarkan Per buku Rp 100.0004. Surat Perjalanan RI mengganti SPRI yanghilang/rusak karena kelalaian Per buku Rp 400.000Izin Keimigrasian1. Setiap perpanjangan izin kunjungan Per teraan Rp 200.0002. Izin tinggal terbatas Per teraan Rp 200.000„ Perpanjangan masa berlaku atau duplikatnya Per teraan Rp 400.000„ Kemudahan keimigrasian atau perpanjangan masa berlakunya Per teraan Rp 400.0003. Izin tinggal tetap Per teraan Rp 2.000.000„ Perpanjangan masa berlakunya Per teraan Rp 1.000.000„ Bagi anggota keluarga, perpanjangan masa berlakunya atau duplikatnya Per teraan Rp 700.000Izin Masuk Kembali1. Untuk satu kali Per teraan Rp 150.0002. Untuk beberapa kali perjalanan Per teraan Rp 400.000Surat Keterangan KeimigrasianSurat Keterangan Keimigrasian Per surat Rp 250.000Biaya BebanBiaya beban orang asing yang beradadi Indonesia melampaui waktu tidaklebih dari 60 hari dari izin keimigrasianyang diberikan, dihitung per hari Per hari US$ 20Biometrik (Foto & Sidik Jari)Surat Keterangan Keimigrasian Per permohonan Rp 55.000Sidik Jari Manual Per permohonan Rp 5.000* Tarif tersebut berdasarkan PP No.26/1999, Tanggal 7 Mei 1999Arifin Moch. Natsir SH, MM, menyampaikan pidato pelantikan.foto: dok. imigrasi
                                
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26