Page 23 - Majalah Berita Indonesia Edisi 28
P. 23


                                    BERITAINDONESIA, 04 Januari 2007 23BERITA UTAMAanlantai dasar. Dia memang sengaja menghindari tamu-tamu yang berniat menyelesaikan dokumen imigrasi lewat pintubelakang. Karena selaku kepala kantor,dia harus memberi contoh bagi aturanyang sedang ditegakkannya, tidak bolehada kontak langsung antara petugas danpemohon.Kanim Jakbar memiliki wilayah kerjaenam kecamatan; Taman Sari, GrogolPetamburan, Kembangan, Tambora,Kebon Jeruk. Keenam kecamatan inimembawahi 45 kelurahan yang berpenduduk 1.168.515 jiwa.Pria tinggi atletis berusia 54 tahun ini,sangat memahami budaya kerja lama dikantornya. Sebab dia pernah empat tahunmenjadi Kepala Seksi Pengawasan danPenindakan di situ. Begitu menempatikursi kepala kantor, 18 Mei 2006, Arifinmulai merancang untuk meluncurkanprogram pembaruan yang mendasar.Langkah pertamanya, melakukan surveiuntuk menemukan metode yang tepat,yaitu Application Management and Networks System (manajemen aplikasi dansistem jaringan) yang diterapkan sejakAgustus lalu.Arifin menetapkan delapan langkahuntuk memperbaiki kinerja kantornya:akses informasi, sistem antrian, penyatuan area kerja, kepastian waktu penyelesaian, media pengumpulan aspirasi masyarakat, pengaturan waktu kedatanganpemohon, ekspedisi berkas dengan komputer dan ekspedisi berurutan.Para pemohon diberi akses informasiyang terbuka lewat touch screen (layarsentuh). Seorang pemohon, hanya denganmenyentuh tombol layar (monitor komputer), bisa memperoleh semua informasi, termasuk biaya-biaya resmi, tanpaharus berhubungan dengan petugas ataupihak lain. Lantas proses foto, sidik jaridan tanda tangan paspor, menggunakansatu nomor antrian yang dicetak denganprinter khusus. Pemanggilan dilakukanlewat program komputer otomatis, sehingga menutup ruang untuk salip menyalip.Menyangkut area kerja, petugas danperalatan dari setiap seksi yang berkaitandengan pelayanan paspor ditempatkanpada satu area kerja. Berkas permohonanhanya bergerak dalam satu area kerja,sehingga memudahkan pengawasan danmempersingkat waktu pemeriksaan.Menerapkan sistem satu pintu dan banberjalan, sehingga pemohon tidak perlumengikuti berkas permohonannya.Para pemohon juga diberi kepastianwaktu penyelesaian paspor, yaitu limahari kerja. Mereka juga tahu waktukedatangan untuk wawancara, foto biometrik, pengambilan sidik jari dan penandatanganan paspor (pukul 08.00sampai 12.00 WIB, dan pukul 12.00sampai 16.00 WIB). Arus kedatangan inidiatur agar tidak terjadi desakan sewaktuantri.Publik atau para pemohon juga diberihak untuk menyampaikan pengaduan,kritik, keluhan, saran dan dukunganmelalui SMS (08888-300-303), kotak saran, formulir angket dan saran, dankuesioner indeks kepuasan masyarakat.Semua SMS—yang mengeritik dan memuji—dimasukkan ke dalam terminalkomputer, kemudian dijawab satu-persatu. Komunikasi dengan pemohon jugabisa dilakukan lewat SMS, misalnya,melengkapi dokumen atau pemanggilanuntuk wawancara.Kesemua jenis pelayanan ini dilaksanakan oleh Arifin untuk menjadikaninsan imigrasi yang profesional, berwibawa dan berwawasan global. Dan didalam metode tersebut juga terkandungpenjabaran misi; memberikan pelayananpublik yang profesional, kemudahan yangberkualitas di dalam melayani masyarakat, melaksanakan pengawasan danpemantauan orang asing untuk mengamankan dan menunjang pembangunannasional.Kanim Jakarta Barat merupakan satusatunya dari 104 Kanim di seluruh Indonesia yang menerapkan pengurusandokumen keimigrasian dan paspor dengan sistem otomatisasi dan komputerisasi. Arifin telah diminta oleh MenteriHukum dan HAM Hamid Awaluddinuntuk memandu pembangunan KanimJakarta Timur yang mengambil modelsistem antrian Kanim Jakarta Barat.“Tetapi mereka baru menerapkan sistem standar kita,” kata Arifin kepadaSyahbuddin Hamzah dari Berita Indonesia.Arifin melihat petugas imigrasi punyabudaya yang mereka ciptakan sendiriPemohon paspor melakukan pembayaran di loket. foto: dok. imigrasi
                                
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27