Page 19 - Majalah Berita Indonesia Edisi 79
P. 19
BERITAINDONESIA, September 2010 19BERITA UTAMAfoto-foto: istProgram ini dimulai sejak 2002. Denganmenggunakan kartu elektronik,wargadapat memakai sepeda yang berada di 90stasiun kereta atau trem di berbagaipenjuru kota. Fasilitas ini dibuat untukmemudahkan semua orang menggunakantransportasi publik dan mengurangi emisigas penyebab pemanasan global.Norwegia juga merupakan salah satukota yang paling awal menerapkan roadpricing. Awalnya, sistem ini diterapkan diBergen pada 1986. Kendaraan yangmemasuki kota dikenai biaya tambahan,dan hanya diberlakukan saat pukul 6 pagihingga 10 malam. Ini hanya berlaku untukkendaraan pribadi. Kendaraan umumdibebaskan dari membayar biaya ini.Sistem ini diterapkan di Oslo sejak 2Februari 2008. Mereka telah menerapkanroad pricing secara otomatis sehinggatidak perlu layanan manual. Semuadideteksi melalui peralatan canggih.MRT di SingapuraTransportasi Cepat Massal (Mass Rapid Transit, disingkat MRT) adalah sistem angkutan cepatberbentuk rel. Sistem transportasi umum inisangat populer di Singapura selain jaringan busdan merupakan sistem tertua kedua di AsiaTenggara setelah Manila. MRT pertama kaliSubway di JepangSubway dikenal sebagai kereta bawah tanah.Namun, saat ini, MRT ataupun LRT sudahdigabung penggunaannya. Karena ada LRT/MRTyang berada di bawah tanah, ada juga yangmemliki jalur khusus di atas tanah.di atas rel dan tipe suspended dimana keretabergantung dan melaju di bawah rel. Kelebihanmonorel adalah membutuhkan ruang yang kecilbaik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yangdiperlukan adalah selebar kereta dan karenadibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruanguntuk tiang penyangga ; tidak bising karenamenggunakan roda karet yang berjalan di beton;bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepatdibanding kereta biasa; lebih aman karenadengan kereta yang memegang rel, risikoterguling jauh lebih kecil. Resiko menabrakpejalan kaki pun sangat minim; lebih murah untukdibangun dan dirawat dibanding kereta bawahtanah. Kekurangannya, dibanding dengan keretabawah tanah, monorel terasa lebih memakantempat ; dalam keadaan darurat, penumpang tidakbisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalankeluar kecuali di stasiun; kapasitasnya masihdipertanyakan.dibuka pada tahun 1987 dengan jalur antara YioChu Kang dan Toa Payoh. Stasiun-stasiunnyaberada di bawah tanah maupun permukaan tanah.Penumpangnya mencapai 1.564 juta setiapharinya pada tahun 2007/2008, dibandingkandengan 2.969 juta yang menggunakan bus.Monorel di MalaysiaMonorel adalah sebuah metro atau rel denganjalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan denganrel tradisional yang memiliki dua rel paralel.Akibatnya, kereta lebih lebar daripada relnya.Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanyaterbuat dari karet sehingga tidak sebising keretakonvensional.Sampai saat ini terdapat dua jenis monorel,yaitu tipe straddle-beam dimana kereta berjalanPemerintah menciptakan sistem yangdisebut AutoPASS untuk semua jalan toldan jalan-jalan tertentu. Sebagian besarpengendara harus membayar biaya tertentu saat melintasi detektor otomatis dijalanan.Sedangkan Singapura telah mengimplementasikan sistem ERP (electronic roadpricing) atau dikenal pula sebagai congestion pricing sejak tahun 1975 dengan carapengawasan manual oleh polisi lalu lintaspada kawasan di sekitar pusat kota. PadaSeptember 1998, sistem tersebut ditingkatkan dengan teknologi electronic tollcollection (ETC). Penerapan sistem inidilaksanakan setelah melakukan suatuperencanaan yang hati-hati dan uji cobayang berhasil.Berhasilnya negara-negara di duniadalam menyediakan transportasi publikyang andal, berkualitas dan ramah lingkungan tidak lepas dari political will yangserius dan kontinu dari pemerintahnya.Mereka juga tidak khawatir denganrendahnya kemampuan untuk menyiapkan pendanaan/anggaran untuk mewujudkannya. Sebab, di mana ada kemauan,di situ ada jalan. Sepanjang upaya tersebut adalah reasonable dan komprehensif pasti akan dapat diupayakanpendanaannya. CIDMACET: 80% kendaraan di Jakarta adalah kendaraan pribadi