Page 25 - Majalah Berita Indonesia Edisi 79
P. 25


                                    BERITAINDONESIA, September 2010 25BERITA UTAMAakan dilakukan berbagai langkah strategi,seperti membeli 110 kereta sangat layakoperasional dari Jepang dan 8 tambahandari pemerintah hasil produk PT INKApada tahun 2010 ini. Sehingga, ditambahdengan 386 kereta yang beroperasi saatini, seluruhnya akan menjadi 504 kereta.Selain itu, Bambang juga berharapadanya dukungan dari semua pihak,seperti dari PT.KA, Dirjen Perkeretaapian,Pemda, dan PLN yang tahun 2010 inimisalnya diharapkan bisa menambah 25ribu KVA dan membangun gardu listrikdi berbagai stasiun.“Dari total penumpang rute KA Komuter Jabodetabek saat ini didominasipenumpang Jakarta-Bogor mencapai75%, Bekasi-Cakung-Jatinegara-SenenJakarta Kota 11%, Jakarta-Serpong 11Ún Jakarta-Tangerang 3%. Semakinoptimalnya angkutan massal di KA Komuter Jabodetabek ini, diharapkan makinmengurangi tingkat kemacetan di DKIJakarta secara signifikan, dimana pengguna kendaraan pribadi akan beralih naikkereta api,” tutur Bambang. Ke depan,kata dia, secara bertahap KA Komuterseluruhnya menggunakan AC, dan tidakada kereta ekonomi AC atau kereta ekspres AC. Semua kereta Komuter AC akanberhenti di setiap stasiun. Tidak sepertisekarang, ada kereta yang cuma berhentidi stasiun tertentu.Di sisi lain, dari sekian banyak upayapositif yang telah dilakukan, masih banyak pula hal yang perlu dibenahi oleh PT.KCJ dan PT. Kereta Api (Persero). PT KCJdan PT KA selaku ‘penguasa’ KRL Jabodetabek harus bisa menangani secaracepat beragam permasalahan di perjalanan saat menggunakan Kereta Listrik.Dari mulai KRL mogok, KRL gerbong‘diskon’ alias KRL pendek, hingga gangguan persinyalan dan wessel dan ditambah pula kondisi cuaca yang ‘kurangramah’ yang menyebabkan terjadinyabanjir di beberapa jalur kereta.PT. KCJ juga masih harus mewujudkanjaringan KA lingkar luar atau loop lineyang melayani jaringan rel listrik sebanyak 150 kilometer, yang menghubungkan rute Jakarta-Bogor, Jakarta-Bekasi,Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Serpong.Sebab, saat ini realisasi jalur lingkar itumasih terhambat oleh permukiman ilegal,jalur rel yang kurang terawat, rawanbanjir, persimpangan sebidang denganjalan raya, dan belum terintegrasinyastasiun dengan moda angkutan lainnyadan tata kota di sekitarnya. „ SIT, RITender Ulang Proyek KA BandaraProyek pembangunan jalur kereta api dariStasiun Manggarai menuju Bandara SoekarnoHatta yang ditujukan untuk mengurangi kemacetan sekaligus memberi kenyamanan bagicalon penumpang pesawat memasuki babakbaru. Pemerintah akhirnya akan melakukan tender ulang atas proyek yang mangkrak tersebut.Direktur Jenderal Perkeretaapian KementerianPerhubungan Tundjung Inderawan mengatakan,tender ulang dilakukan karena kondisi arus lalulintas darat dari dan menuju bandara sudahbanyak berubah dibandingkan saat berlangsungnya tender awal. “Jalan tol dulu hanya dua jalurdan sekarang sudah empat jalur. Ini berpotensimengurangi jumlah penumpang kereta bandara.Karena itu, dokumen prakualifikasi harusdiperbaharui,” kata Tundjung.Adapun untuk rute, pemerintah telah menetapkan kereta akan melintasi Stasiun Manggarai-Dukuh Atas-Tanah Abang-Duri-AngkePluit-Bandara. Pemerintah memang menganggap jalur kereta sangat dibutuhkan sebagaialternatif bagi penumpang. Nantinya, danapembebasan lahan akan berasal dari pinjamanlunak berbagai lembaga pembiayaan. Adapunpenyediaan kereta akan diserahkan kepadaswasta dengan mekanisme kerjasama pemerintah dengan swasta alias public private partnership (PPP).Proyek rel bandara Soekarno Hatta memilikipanjang 30,3 kilometer. Proyek ini diperkirakanmenelan dana hingga Rp 10 triliun. Mahalnyadana pembangunan ini karena rel kereta dibuatmelayang mulai Manggarai hingga bandara.Proyek ini sejatinya digarap sejak 2007 lalu.Semula, pemerintah menargetkan kereta daristasiun Manggarai menuju Soekarno Hattasudah bisa beroperasi tahun lalu. Namun,realisasinya beberapa kali tertunda.SUMPEK: KRL Jabodetabek diharapkan bisa mengangkut 3 juta orang per hari pada 2015foto-foto: istwa anak laki-laki juga diperbolehkan di gerbong KKW
                                
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29