Peluncuran Majalah Horas Indonesia

on

|

views

and

comments

 

MAJALAH HORAS INDONESIA diterbitkan kembali dan akan diluncurkan pada Tahun Baru 1221 Batak, Artia Sipahasada 1221 Batak (1 Sipasa 1221 B) bertepatan hari Kamis 27 April 2023 M. Momentum Tahun Baru 1221 Batak ini sengaja dipilih sekaligus sebagai ucapan styukur SELAMAT TAHUN BARU 1221 BATAK: Horas tondi madingin, pir tondi matogu.

Majalah Horas Indonesia yang pernah terbit tujuh edisi tahun 1991-1992, dterbitkan kembali dengan Edisi Delapan. Penerbitan ini sebagai sumbangsih Penerbit PT ASASIRA dan The Batak Institute, suatu lembaga nirlaba dalam kegiatan riset dan pengembangan literatur Batak; untuk mengeksplorasi kemampuan menulis, membaca, mendengar, memahami, dan memaknai serta menarasikan nilai-nilai kebatakan dalam eksposisi kebenaran sesuai dinamika zaman.

Pada Edisi 08 ini, kami mengawalinya dengan laporan peluncuran buku Hita Batak A Cultural Strategy, suatu pustaha paling komprehensif tentang Batak, sebagai BARITA ULUAN. Diikuti Rubrik MULTIKULTUR, tentang Keharmonisan Keluarga Jawa-Batak. Lalu, BARITA HAS, tentang Kopi Arabika dataran tinggi (1300-2000 mdpl) bersuhu dingin (14-24 C) Humbahas yang memiliki aroma dan rasa tersendiri. Selain itu, ada berita WISATA tentang kehadiran Senior Bakara Hotel yang telah lebih melayakkan Bangkara (Bakkara) sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Danau Toba.

Juga Rubrik SOPONTA, berupa laporan tentang keberadaan dan fungsi Sopo Marpingkir HKBP di Jakarta; serta beberapa berita lainnya: DIASPORA: Boru Batak jadi hakim di AS; PORTIBI: Melihat Sisa Gempa Turki disajikan dengan Surat Batak; GAREJANTA: Catatan Sentralisasi Keuangan HKBP; PUNGUANTA: Bona Taon Batubara dan lainnya; dan Rubrik SOHOT: Mahligai Toraja-Batak.

Majalah HORAS INDONESIA direncanakan terbit bulanan setiap ARTIA. Majalah ini ber-‘DNA digital’ dengan ukuran Jurnal (B5) yang diterbitkan cetak full colour dengan kertas luks Art Matt Paper 100 gsm. Didesain dengan dua kolom sehingga edisi digitalnya akrab dengan HP dan gedget lainnya. Namun Edisi Digital (PDF)-nya baru akan dirilis setelah Edisi Cetaknya dirilis tiga edisi, yang diistilahkan dengan 3:1. Artinya, ketika Edisi Cetak ke-3 dirilis, maka Edisi Digital ke-1 dirilis; demikian terus bergulir.

Pada Edisi 09 direncanakan akan menurunkan laporan tentang Food Estate Humbang Hasundutan yang telah banyak disorot berbagai media dan dikabarkan gagal. Juga dalam Rubrik PALITO akan melaporkan ‘napak tilas’ bagaimana leluhur Batak membuka perkampungan lobuan pertama di Lobu Tua (Barus) sekitar tahun 1350 SM, seraya mencari dan mencapai Pusuk Buhit sebagai Bukit Penyembahan Terbaik dan membuka perkampungan menetap utama pertama Sianjur Mulamula. Juga akan menyajikan di Rubrik PUNGUANTA tentang formula organisasi Perserikatan Punguan Bangso Batak.

Selamat membaca!

Kunjungi Homepage MAJALAH HORAS INDONESIA

Batak Institute
Batak Institutehttps://batakinstitute.com/
Batak Institute, Institut literasi strategi kebudayaan Batak, suatu lembaga nirlaba dalam kegiatan riset dan pengembangan literatur Batak; untuk mengksplorasi kemampuan menulis, membaca, mende­ngar, menghitung, memahami, menganalisa, mengomperasi, menginterpretasi, mengeksegese dan memaknai serta mengomunikasikan narasi nilai-nilai luhur budaya Batak secara kontemplatif, transformatif dan kolaboratif. Pustaha Habisuhon Ugari Batak (batakinstitute.com).
Bagikan
Tags

Wajib Baca

Batak Bersatu, Belajar dari Jong Bataks Bond

Jong Bataks Bond yang didirikan para pemuda-pelajar Batak pada 24 Oktober 1926, dapat kita jadikan sebagai acuan tentang persatuan dan kesatuan Hita Batak, dan...

Agama Jangan Lagi Memisahkan Kita!

Salah satu Bab dalam buku Hita Batak A Cultural Strategy bertajuk Agama Bagi Hita Batak, dengan sub-judul Perilaku Habatahon dalam Doktrin Agama (Jilid 3...

Ompu i Ephorus HKBP

"Secara pribadi selaku Jemaat HKBP, saya sangat setuju dan bersyukur atas pemberian gelar terhormat, agung dan mulia OMPU I kepada Ephorus HKBP (bahkan juga...
spot_img

Artikel Terbaru

2 KOMENTAR

  1. Mendukung terbitnya kembali Majalah Horas Indonesia. Usul tentu ada
    halaman khusus buat pelestarian: kesasteraan, kebahasaan bangso Batak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini