Konsultan Mode

[ Poppy Dharsono ]
 
0
117
Poppy Dharsono
Poppy Dharsono | Tokoh.ID

[DIREKTORI] Pernah menjadi redaktur fashion di majalah Cita Cipta Indonesia yang tidak berumur panjang, ia ditawari jadi konsultan mode majalah Swasembada, 1985. ”Pucuk dicinta ulam tiba,” komentarnya. ”Tanpa pikir panjang, langsung saya terima.” Sebelumnya, ia dikenal sebagai foto model dan pemain film. Belakangan, selain tetap mendesain, ia juga pengusaha pakaian jadi. Poppy masih berusia 18 tahun, ketika ayahnya, seorang purnawirawan ABRI, wafat.

Sempat dua tahun ia kuliah di Akademi Sinematografi, Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ). Ia menikah dengan Mohammad Firman Ichsan, 1969. Pasangan ini hanya bertahan sepuluh tahun. Dari perkawinan ini Poppy beroleh seorang anak, Mohammad Fauzi Maulana Ichsan, yang sekarang berada di London, Inggris. ”Biar belajar berdiri sendiri,” ujar sang ibu, yang juga memilih hidup mandiri.Delapan tahun menjadi fashion model dan foto model, sejak 1970 ia pertama kali difoto Marzuki Arifin, dari grup Cenderawasih. Fotonya muncul di harian Merdeka dan majalah Ekspres, kemudian penerbitan perdana majalah Model. Dalam film Matinya Seorang Bidadari, 1973, ia main bersama bintang bulu tangkis Rudy Hartono. ”Waktu itu, saya baru saja terpilih sebagai None Jakarta,” katanya.

Berangkat ke Paris, Prancis, ia masuk Ecole Superieur de La Mode (Esmond), 1974. Konon, pendiri sekolah ini, Guerre Lavigne, adalah desainer pakaian Napoleon III. Empat tahun di sana, Poppy belajar membuat dan merancang pakaian, juga menjadi foto model. Ia juga sempat mempelajari fotografi di Arles, Prancis Selatan. ”Padahal, di masa kecil saya ingin menjadi dokter,” katanya.

Kembali ke tanah air, Poppy mendirikan PT Rana Sankara, berusaha di bidang industri pakaian jadi. Mulai dengan lima mesin, ia kini membawahkan 425 karyawan. Dengan omset Rp 15 juta, produknya tiap bulan 5.000 potong pakaian, antara lain jeans dan kemeja sport, terbagi dalam dua kualitas, untuk ekspor dan pasar dalam negeri. ”Juga menerima pesanan untuk high fashion,” ujarnya.

Poppy pengikut olah raga silat. ”Saya belajar di Perguruan Bangau Putih di Bogor, Jawa Barat,” katanya. mlp

Data Singkat
Poppy Dharsono, Anggota DPD 2009-2014 / Konsultan Mode | Direktori | DPD, UI, model, LPKJ

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here