Aktris Senior Nani Wijaya Berpulang

 
0
95

Jakarta – Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 3.28 WIB di usia 78 tahun. Kabar tersebut disampaikan putrinya, aktris Cahya Kamila, lewat akun Instagram-nya. Sebelumnya, pemain sinetron Bajaj Bajuri tersebut sempat dirawat secara intensif di High Care Unit (HCU) RSUP Fatmawati karena mengalami sesak napas.

Pada masa kejayaannya, Nani Wijaya dikenal sebagai salah satu dari anggota Golden Girls yakni Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim. Perempuan kelahiran 10 November 1944 di Cirebon, Jawa Barat ini memulai debut akting pada tahun 1960 dengan menjadi pemain pembantu dalam film Darah Tinggi. Setahun kemudian, lulusan Universitas Indonesia jurusan Kriminologi ini mendapat peran utama dalam film Di Balik Dinding Sekolah.

Dia pernah memenangkan dua Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia. Piala Citra pertama dia dapat pada tahun 1979 lewat film “Yang Muda Yang Bercinta” (1978). Sedangkan Piala Citra kedua dia dapat tahun 1983 lewat film Kartini. Berkat konsistensinya di dunia seni peran, dia mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award dalam Festival Film Bandung pada tahun 2010.

Kepiawaian Nani Wijaya di dunia peran makin diingat publik setelah dia memerankan karakter Emak Oneng dalam sinetron komedi (sitkom) Bajaj Bajuri yang menghiasi layar kaca pada tahun 2002-2007.

Nani Wijaya dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pesantren Al Ihya, Bogor, Jawa Barat dan dimakamkan satu liang lahad dengan sang suami, Misbach Yusa Biran. (e-ti)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini